Sex & relationship

Coba 4 Cara Ini Untuk Move On dari Mantan Yang Selingkuh

By : Vanessa Masli - 2024-01-29 21:00:01 Coba 4 Cara Ini Untuk Move On dari Mantan Yang Selingkuh

Rasanya diselingkuhi memang enggak pernah menyenangkan dan sering menyisakan luka mendalam. Ketika hubungan yang kamu mulai yakini akan bertahan lama, pasangan yang kamu rasa bisa selalu ada dan diandalkan, justru jadi seseorang yang mematahkan kepercayaanmu.


Namun, sesakit apapun luka yang dia sisakan, layaknya hubungan-hubungan yang kandas, kamu mau enggak mau harus move on. Sebab, faktanya, dia bukanlah pasangan yang tepat untukmu. Beberapa cara rangkuman Her World di bawah ini bisa kamu lakukan untuk move on dari mantanmu yang selingkuh.


1. Sadari dan terima perasaanmu


Kecewa, sedih, hingga marah adalah perasaan yang kerap muncul dan wajar kamu rasakan, apalagi karena diselingkuhi. Penerimaan jadi langkah awal move on dari mantanmu yang selingkuh. Kamu menerima rasa kecewa, menikmati air mata yang turun hingga amarah yang ingin keluar dari dirimu.


Kalau rasanya berat jika diproses sendiri, coba bicara dengan sahabat atau anggota keluarga yang kamu percaya, ekspresikan perasaan tersebut. Cara ini bisa membantu kamu merasa lebih lega dan mudah untuk membangun koneksi dengan diri sendiri.


2. Kembali merawat diri


Perpisahan dengan mantanmu yang selingkuh bisa jadi momen untuk kamu fokus pada diri sendiri. Mulai cari waktu untuk me-time, mengatur pola tidur, mungkin pelan-pelan kembali berolahraga, hingga menjaga pola makan, kamu jadi punya kesempatan untuk pusatkan perhatian pada diri sendiri.


Lakukan kebiasaan-kebiasaan yang kamu lakukan sebelum dia hadir dalam hidupmu atau memulai sesuatu yang baru untuk mengeksplorasi diri lebih dalam lagi. Ini kesempatan emas bagimu merawat diri semaksimal mungkin.



(Mulai kembali merawat diri sendiri. Foto: Dok. Taryn Elliott/Pexels)


(Baca Juga: Sudah Bosan? Ini 5 Tanda Dia Lost Interest dalam Hubungan)


3. Hindari menyalahkan diri sendiri


Apapun alasan yang dia berikan atau situasi hubungan yang tengah kalian jalani, selingkuh bukanlah hal yang bisa dimaklumi dalam hubungan. Namun, penting untuk diingat bahwa perselingkuhan yang dia lakukan bukan salahmu. Dalam proses move on, mudah sekali bagimu untuk merefleksikan hubungan yang lalu dan menyalahkan diri sendiri. Justru pikiran-pikiran negatif yang membuat proses move on jadi lebih sulit dijalani.


4. Belajar memaafkan


Mungkin ini jadi langkah yang berat untuk dilakukan, tapi salah satu cara agar kamu bisa move on dari mantanmu yang selingkuh adalah belajar memaafkan. Ambil waktu selama yang kamu butuhkan, terus berproses sampai kamu benar-benar bisa menengok ke belakang tanpa kepahitan. Dengan memaafkannya, kamu pelan-pelan bisa melanjutkan hidup dengan kelegaan.


(Baca Juga: Intip 5 Alasan Kenapa Banyak Pasangan Memilih Childfree)


Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk move on dari mantanmu yang selingkuh. Saatnya pusatkan perhatian untuk beri cinta sebanyak mungkin pada diri sendiri.


Sex & relationship