Hair & beauty

Ini 8 Langkah Menghapus Nail Art dengan Mudah dan Aman

By : Her World Indonesia - 2024-01-20 15:00:01 Ini 8 Langkah Menghapus Nail Art dengan Mudah dan Aman

Banyak orang sangat memperhatikan penampilannya, bukan hanya sekedar pakaian tetapi juga setiap detail yang di tubuhnya juga diperhatikan. Salah satunya adalah kuku, bagian kecil dari tubuh yang juga menjadi perhatian saat berpenampilan. Untuk mempercantik kuku ada beberapa pilihan, ada yang hanya sekedar merawatnya agar tetap bersih dan sehat, ada juga yang memberikan dekorasi atau seni pada kukunya atau yang biasa dikenal sebagai nail art.


Nail art adalah seni mendekorasi kuku dengan berbagai macam bentuk dan desain yang menggunakan bahan cat khusus untuk kuku. Desain dan bentuk dari nail art sendiri dapat diatur sesuai kemauan asal sesuai dengan bentuk kuku. Belakangan ini, semakin banyak ragam desain untuk nail art yang sangat menarik. Bahkan, nail art pun bisa dibilang bagian dari fashion bagi sebagian orang.


Nail art memang membuat kamu senang dengan kuku yang cantik. Namun, seiring waktu ada kalanya kamu akan merasa bosan dengan bentuk nail art yang kamu miliki, untuk itu kamu harus membersihkan terlebih dahulu sebelum mengganti ke desain yang baru atau hanya sekedar ingin membersihkannya. Begini cara mudah dan aman menghapus nail art, simak yuk!



(Merawat kuku. Foto: Dok. Cottonbro Studio/Pexels)


1. Pilih penghapus nail art


Langkap paling awal adalah memilih penghapus nail art yang tepat. Hindari penggunaan aseton karena dapat membuat kuku menjadi kering dan rapuh. Aseton memang bekerja dengan baik untuk menghilangkan nail art yang sulit, tetapi untuk penggunaan rutin, ada baiknya jika kamu memilih produk yang lebih ringan.


2. Siapkan Alat-alat


Persiapkan alat-alat yang dibutuhkan seperti kapas, buffer kuku, dan alumunium foil jika kamu butuhkan. Persiapkan semuanya sebelum memulai agar memudahkan kamu saat menghapus nail art.


3. Rendam kapas


(Kapas tidak meninggalkan serat. Foto: Dok. Sarah Chai)

Celupkan kapas ke dalam penghapus nail art, pastikan kapas tidak basah berlebihan. Pastikan kamu memilih kapas yang tidak meninggalkan serat atau residu pada kuku.


4. Tempelkan kapas


Setelah kapas dicelupkan, ambil sepotong kapas yang tadi dan tempelkan pada setiap kuku. Pastikan kapas menutupi permukaan kuku dengan sempurna.


5. Bungkus dengan alumunium foil


Langkah satu ini bersifat opsional, alumunium foil digunakan untuk membungkus kuku dan dapat membantu melunakkan nail art lebih efektif.


(Baca Juga: Ada 7 Bahan Alami Yang Bisa Menguatkan Kuku, Penasaran?)


6. Diamkan beberapa saat


Diamkan kuku kamu selama beberapa menit. Biarkan pembersih kuku kamu bekerja melunakkan nail art kamu agar lebih mudah untuk dihapus.


7. Gosok lembut


Setelah dirasa melunak, gerakan melingkar dan gosok kuku dengan lembut menggunakan kapas yang sudah dicelupkan. Jika nail art sulit untuk dihapus, kamu dapat menggunakan buffer kuku. 


8. Gunakan pelembap


(menjaga kelembapan kuku. Foto: Karolina Gabow/Pexels)


Setelah menghapus nail art, langkah yang terpenting adalah menjaga kelembapan tambahan pada kuku kamu. Gunakan pelembap kuku atau minyak kuku untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kuku.


(Baca Juga: Rekomendasi 6 Gaya Kuku Cantik Simpel Untuk Sambut Imlek)


Memiliki kuku yang cantik memang menyenangkan, tetapi penting bagi kamu untuk selalu perhatikan kesehatan kuku. Perhatikan jika ada tanda-tanda kerusakan atau kelemahan pada kuku kamu. Jika kamu ingin menggunakan nail art dengan desain yang baru, disarankan untuk mengistirahatkan kuku kamu terlebih dahulu dengan cara memberi jeda waktu sebelum menggunakan nail art.


Jika kamu bingung untuk memilih penghapus nail art selain aseton, kamu dapat menggunakan cuka dan air lemon atau pasta gigi. Namun, sudah banyak di pasaran produk-produk penghapus nail art yang bebas alkohol. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, lebih baik kamu menggunakan produk penghapus nail art yang bebas alkohol.


Itu dia langkah-langkah mudah dan aman untuk menghapus nail art yang dapat kamu lakukan di rumah atau di mana saja. 




(Penulis: Nada Kamiliya)


Hair & beauty