Hair & beauty

Tampil Percaya Diri, Inilah 4 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak

By : Her World Indonesia - 2024-01-16 14:00:01 Tampil Percaya Diri, Inilah 4 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak

Merupakan hal yang wajar untuk mempunyai bulu ketiak. Tapi ada beberapa orang yang merasa tidak percaya diri karena adanya bulu ketiak. Ada beberapa alasan seperti memiliki bulu ketiak yang tebal dan panjang atau bahkan bau ketiak yang tidak wangi karena bulu yang lebat. Bahkan ada sampai yang menghindari beberapa style baju karena ketiak terlihat dengan jelas. Jika kamu merasa tidak percaya diri dengan bulu ketiak karena hal-hal berikut, tidak perlu khawatir! Di kesempatan kali ini, Her World akan menganjurkan 4 varian cara untuk menghilangkan bulu ketiak.




(Terkadang jadi merasa cemas karena ketiak yang memiliki bulu yang pekat dan lebat. Foto: Dok. Gretta Hoff/ Pexels)


(Baca Juga : Simpel dan Cantik, Ini 5 Gaya Rambut ke Pesta Pernikahan)


1.Mencukur

Mencukur merupakan salah satu metode paling mudah, murah, dan tidak sakit untuk menghilangkan bulu ketiak. Dengan menggunakan alat cukur dengan krim cukur, dalam satu kali tarik dapat menghilangkan bulu ketiak. Meski ada mitos yang mengatakan bercukur dapat membuat bulu ketiak tumbuh lebih banyak, nyatanya banyaknya tumbuh atau pekatnya warna bulu bergantung dengan DNA seseorang.


 Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika bercukur. Melakukannya dengan cara yang asal-asalan dapat menimbulkan iritasi dan bahkan luka. Ketika ingin mencukur, pastikan menggunakan alat cukur yang baru dan tajam. Selalu tarik ke arah berlawanan dari bulu tumbuh sehingga bisa tercukur dengan baik. Hindari deodoran setelah bercukur karena dapat memicu iritasi. Disarankan juga untuk menggunakan bedak ketiak atau aloe vera saja. Selain dari itu, bercukur tidak dapat menghilangkan bulu ketiak secara permanen dan harus dilakukan secara berkala.


2. Waxing

Metode ini merupakan cara paling sakit tetapi paling ampuh untuk menghilangkan bulu secara keseluruhan. Berbeda dengan cukur, waxing dilakukan dengan menggunakan cairan lengket untuk mengangkat bulu sampai akar-akarnya. Sama dengan bercukur, dengan sekali tarik dapat menghilangkan banyak area bulu. Lantas, kenapa bisa sakit? Dikarenakan akar bulu rambut sangatlah dekat dengan saraf pada akar.


Waxing dapat menimbulkan kanker kulit atau kanker payudara merupakan suatu kesalahan. Kanker kulit dapat terjadi karena terpaparnya kulit pada UV yang berlebihan. Meskipun payudara atau dada mendapatkan proteksi dari bulu ketiak, kanker payudara tidak disebabkan oleh hilangnya bulu pada ketiak.


Ketika ingin melakukan waxing ada beberapa hal yang harus diketahui. Ada dua tipe waxing, yaitu dengan bahan alami dan yang dari lilin. Sangat dianjurkan untuk menggunakan bahan alami karena mengurangi iritasi dan mungkin terjadinya alergi. Waxing yang menggunakan bahan alami menggunakan kertas atau kain untuk mengangkat rambut.


Sesudah sesi waxing, ada langkah-langkah yang harus diperhatikan agar hasilnya dapat dipertahankan. Jangan mandi dengan menggunakan air panas, karena ini dapat membuat pori-pori yang terbuka makin terbuka. Tidak menggunakan deodoran selama 24 jam pada ketiak karena dapat memblokir pori-pori yang terbuka dan terjadilah jerawat. Melakukan scrub pada area yang di waxing, setidaknya 2 kali seminggu agar mencegahnya ingrown hair. Waxing akan bertahan sekitar sebulan. Ketika sudah rutin, bulu ketiak dapat menjadi lebih halus dan jarang tumbuh sehingga frekuensi waxing dapat berkurang.


3. Threading

Tidak hanya untuk alis, threading juga dapat dilakukan untuk menghilangkan bulu di daerah yang kecil seperti ketiak. Tidak membutuhkan krim apapun atau merasa lengket, hanya dengan menggunakan benang nilon. Bagaimana caranya? Benang nilon akan ditegangkan dan dibentuk seperti tali laso, lalu di tariklah bulu. Hanya berlangsung dalam beberapa menit dan ketiak akan bersih dari bulu.


Sama seperti waxing, threading biasanya bertahan sebulan dan hanya harus dilakukan secara rutin karena tidak dapat menghilangkan bulu secara permanen. Bagi kamu yang takut merasa sakit, threading akan sedikit terasa sakit karena menarik rambut sampai akarrnya.


4. IPL

IPL atau Intense Pulse Light bisa menjadi solusi bagi kamu yang tidak ingin merasakan sakit atau kelengketan namun bisa menghilangkan bulu secara permanen. Tidak hanya bulu, IPL juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, flek, tanda lahir dan bintik-bintik coklat. Bagaimana caranya IPL dapat menghilangkan bulu pada ketiak? Gelombang sinar akan menghancurkan folikel rambut sehingga mencegah tumbuhnya bulu.


Meskipun banyak orang yang menggunakan IPL sendiri di rumah, sangat disarankan untuk pergi ke dermatologis kecantikan. Alat IPL yang mudah didapat dengan harga terjangkau belum tentu bisa membantu bahkan dapat berakhiran tidak baik. Ketika membeli alat untuk di rumah, alat yang digunakan harus benar dan tersertifikasi karena penggunaan alat IPL secara asal bisa mengakibatkan kulit terbakar, infeksi dan luka. IPL Aman dan sudah dipastikan sudah teruji secara ilmiah, namun perlu diingat kamu perlu melakukan beberapa sesi IPL sebelum bulu ketiak bisa benar-benar hilang permanen.



( Tidak usah mengikuti keadaan sosial, ada bulu ketiak atau tidak, tetaplah jadi diri sendiri yang keren apa adanya. Foto: Dok.Shotpot/ Pexels)


(Baca Juga : Ini Dia, 6 Rekomendasi Masker untuk Mengecilkan Pori-Pori)


Dari beberapa cara yang dianjurkan diatas, semoga ada yang cocok dan dapat dicoba. Meskipun bulu ketiak merupakan hal alami dan dimiliki semua orang, tidak usah sungkan untuk menghilangkannya jika dapat menumbuhkan kepercayaan diri.





(Penulis : Ruby Ishak)


Hair & beauty