Life & health

Mengenal Apa itu Sangjit dan Maknanya, Wajib Tahu!

By : Her World Indonesia - 2024-01-16 15:00:02 Mengenal Apa itu Sangjit dan Maknanya, Wajib Tahu!

Sering dengar kata sangjit tapi tidak tahu apa itu sangjit? Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu sangjit, sangjir adalah salah satu prosesi adat yang biasanya dilakukan setelah proses lamaran dan sebelum acara pernikahan dalam budaya Tionghoa. Bisa dibilang sangjit seperti seserahan yang biasanya dilakukan oleh negara-negara di Asia termasuk Indonesia. Sering terlihat artis Indonesia keturunan Tionghoa melakukan acara sangjit ini.


Sangjit umumnya adalah acara pertunangan resmi dalam keadaan tertutup atau hanya didatangi oleh keluarga-keluarga besar saja. Selain itu, sangjit juga dapat diartikan sebagai pertemuan formal antara kedua belah pihal antara keluarga laki-laki dan pihak keluarga perempuan. 


Untuk melakukan acara sangjit, terdapat waktu tertentu yang tepat untuk melakukannya. Umumnya digelar pukul 10.00-13.00 dan dilaksanakan minimal satu minggu hingga enam bulan sebelum hari pernikahan. 


(Baca Juga: Jenis Busana Tradisional Cina untuk Merayakan Imlek)


Tentunya acara sangjit memiliki maknanya tersendiri sebagai satu syarat yang harus dilalui oleh pasangan atau calon mempelai. Sangjit dianggap sebagai suatu perhelatan yang penuh makna positif serta kearifan budaya Tionghoa. Tujuannya adalah agar generasi penerus kemudian selalu ingat akan asal-usul mereka.


(Daniel Hadi dan Priscilla Setio saat mengadakan Sangjit. Foto: Dok. Priscilla Setio/Instagram)


Saat melakukan sangjit, kedua belah pihak memiliki kewajiban untuk membawa hantaran atau hadiah. Bagi pihak pria, hantaran yang wajib dibawa adalah kotak atau nampan hantaran berwarna merah, dengan harapan bisa memberikan kebahagiaan bagi kedua calon pengantin yang akan menempuh hidup baru bersama. Selain nampan merah, pihak pria harus membawa angpau berisi uang susu dan uang pesta, uang susu merupakan sejumlah uang yang diberikan oleh keluarga pria kepada keluarga wanita sebagai balas jasa atau tanda terima kasih kepada orang tua sang wanita. Lalu, pihak pria harus memberi satu set pakaian untuk wanita, sebagai arti bahwa calon mempelai pria akan sanggup memenuhi segala kebutuhan sandang dari calon mempelai wanita. Serta perlengkapan makeup, perhiasan, buah-buahan segar yang berjumlah genap, lilin merah yang diikat pita merah, sepasang kaki babi atau makanan kaleng, aneka macam kue dan manisan, dan dua botol anggur merah.


(Baca Juga: Simpel dan Cantik, Ini 5 Gaya Rambut ke Pesta Pernikahan)


Setelah menerima ragam hantaran yang diberikan oleh keluarga pihak pria, pihak wanita juga ikut memberikan hadiah sebagai balasan. Hadiah dari pihak wanita adalah angpau sisa uang pesta yang kemudian akan dikembalikan sebagian, jika keluarga wanita memutuskan biaya pernikahannya ditanggung sepenuhnya oleh pihak pria, separuh isi nampan dari jumlah buah-buahan, kue, manisan, dan makanan kaleng. Selain itu barang-barang keperluan calon mempelai pria, sepasang lilin merah yang bergambar naga, dua botol sirup dengan warna merah, makanan manis seperti permen dan coklat, serta angpau berisi uang untuk kemudian dibagikan kepada para pembawa nampan dari pihak mempelai pria. 


Itu dia arti dan makna dari sangjit, acara yang hangat dan penuh makna.



(Penulis: Nada Kamiliya)


Life & health