Life & health

Hal-hal Sederhana yang Bisa Meningkatkan Kebahagiaan Kamu!

By : Her World Indonesia - 2024-01-11 14:30:02 Hal-hal Sederhana yang Bisa Meningkatkan Kebahagiaan Kamu!

Menjadi bahagia merupakan salah satu goals yang dimiliki semua orang. Maka, sebenarnya apa arti bahagia itu? Bahagia merupakan sebuah kata yang merangkum suatu keadaan emosional yang diinginkan oleh setiap individu. Definisi bahagia sangatlah subjektif, karena setiap orang memiliki pandangan dan pengalaman yang berbeda-beda terkait kebahagiaan.


Matthieu Ricard, seorang moine Buddha dan peneliti neurologi dalam bukunya yang berjudul Happiness: A Guide to Developing Life's Most Important Skill menyatakan bahwa kebahagiaan bukanlah tujuan, melainkan perjalanan. Kebahagiaan terletak dalam cara kita menjalani setiap momen dengan penuh kesadaran dan kasih sayang.


Berjalan dengan sudut pandang ini membuat bahagia terasa lebih dekat dan sederhana. Sebab, kebahagiaan bukanlah hasil dari pencapaian materi atau tujuan tertentu, tetapi merupakan hasil dari cara kamu menjalani kehidupan sehari-hari dengan penuh kesadaran. Menerima diri sendiri, bersyukur, dan menghargai hal-hal kecil yang datang. Remember, simple things matter. 


Dengan memahami bahwa kebahagiaan adalah suatu proses, tidak harus menjadi tujuan akhir, kamu bisa lebih mengeksplorasi hal-hal yang ada di dekat kamu dan menghargai setiap momen yang ada. Intip beberapa aktivitas dan destinasi sederhana yang bisa membuatmu bahagia!


1. Meditasi


(Meditasi bisa juga dilakukan di rumah. Foto: Dok. Mikael Blomkvist/Pexels)


Ada puluhan hingga ratusan ribu hal yang mengunjungi pikiran manusia dalam setiap harinya yang seringkali membuat rutinitas menjadi lebih berat dan tidak nyaman. Hal ini juga yang menyebabkan kamu bisa kurang bahagia. Meditasi bisa membantu pikiran seseorang menjadi lebih terstruktur dan lebih damai. Meditasi tidak perlu dilakukan selama berjam-jam, cukup luangkan 10-15 menit untuk daily meditation yang mampu memberikan jeda bagi diri kamu sebelum memulai kegiatan sehari-hari. Meditasi yang rutin dilakukan dapat memberikan efek yang signifikan terhadap ketenangan dan kebahagiaan kamu.


2. Quality time with friends and family


(Momen bersama teman dan keluarga adalah momen terbaik untuk berbagi cerita dan mampu membuat kamu lebih bahagia. Foto: Dok. Helena Lopes/Pexels)


No phone please, luangkan sedikit waktu untuk benar-benar mengobrol dan berbagi dengan teman atau keluarga alih-alih hanya hadir dan fokus dengan ponsel maisng-masing. Terlihat sederhana, tetapi kesempatan ini mampu memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi diri kamu juga hal-hal yang membuat kamu resah.


3. Play your playlist and watch list


(Playlist musik dan tontonan yang sesuai bisa meningkatkan kebahagiaan kamu. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels) 


Musik dan film atau series, memang menjadi pilihan yang sering dilakukan untuk mengistirahatkan pikiran dan tubuh dari kegiatan yang padat. It works, and is easy to do! Coba susun playlist kamu sesuai dengan mood yang sedang kamu rasakan, hal itu bisa meningkatkan motivasi juga semangat. Film juga bisa menjadi ruang yang nyaman sebagai pengingat bahwa apa yang sedang kamu rasakan itu adalah hal yang wajar dan normal. Pilihan tontonan yang tepat mampu meningkatkan kualitas diri dan kebahagiaan kamu, lho.


(Baca juga: Bikin Bahagia, Ternyata Ini 5 Alasan Pentingnya Self Reward)


4. Going to your favourite coffee shop!


(Suasana coffee shop yang hangat mampu membuat kamu merasa tenang. Foto: Dok. Helena Lopes/Pexels)


A simply walk to increase your happiness. Iya, kalau sudah mulai suntuk dengan deadline yang menumpuk, sebelum pulang coba untuk kunjungi coffee shop kesukaan kamu. Sembari menunggu kopi kamu di buatkan, kamu akan melihat nuansa yang lebih terbuka. Sebagai jeda untuk perasaanmu yang belum tenang.


5. Going to somewhere green-ish


(Alam yang hijau mampu menyejukkan mata dan tubuhmu. Foto: Dok. Helena Lopes/Pexels)


Luangkan sedikit waktumu untuk pergi ke tempat-tempat yang masih hijau dengan udara yang lebih baik daripada kepadatan kota. Tubuh dan perasaan kamu membutuhkan ketenangan alam untuk memproses dan menyelesaikan semua daftar pekerjaan kamu. Tidak perlu membawa apa-apa, cukup rasakan suara-suara alami yang alam sediakan, karena alam memiliki power to relieve stress and anxiety dan tentunya mampu membuat kamu merasa lebih bahagia.


6. Tidur yang cukup


(Paling sederhana, tidur yang cukup mampu membuat tubuh dan perasaan kamu lebih tenang sehingga meningkatkan kebahagiaan kamu. Foto: Dok. Ivan Oboleninov/Pexels)


Hal paling sederhana yang sering diabaikan oleh banyak orang. Waktu tidur yang cukup terbukti tidak hanya mampu membuat tubuh lebih sehat, tetapi juga mampu membuat rutinitasmu lebih terstruktur yang tentunya meningkatkan kebahagiaan kamu. Memiliki waktu tidur yang berkualitas can make you more happier and healthy! 


(Baca juga: 7 Cara Mudah Mencintai Diri Sendiri Agar Lebih Bahagia!)


7. Journaling 


(Melakukan journaling mampu membuat jadwal kamu menjadi lebih teratur. Foto: Dok. Arina Krasnikova/Pexels)


Menulis membuat kamu bisa punya ruang untuk menumpahkan perasaan dan masalah yang sedang hadir ke dalam lembaran kertas alih-alih menyimpan perasaan tidak nyaman itu sendirian. Journaling juga bisa meningkatkan kualitas self-reflection and awareness kamu terhadap hal-hal yang sudah hadir di dalam kehidupan kamu. Itu akan membantu kamu untuk menjadi lebih bertanggung jawab dan mengantisipasi kemungkinan kesalahan di masa yang akan datang, journaling can helps you visualize the future.


8. Cleaning


(Ruangan yang lebih rapih mampu menghadirkan ketenangan yang meningkatkan kebahagiaan. Foto: Dok. Blue Bird/Pexels)


Seperti yang dikatakan Hardesh Chawla, interior designer and co-founder of Essentia Environments bahwa cluttered spaces cause stress and anxiety. Maka, membersihkan ruangan ataupun barang-barang disekitar kamu bisa meningkatkan kebahagiaan kamu because it is a relief, not just visually but also mentally. 


(Penulis: Adila Firani)

Life & health