7 Cara Mudah Mencintai Diri Sendiri Agar Lebih Bahagia!


  • 7 Cara Mudah Mencintai Diri Sendiri Agar Lebih Bahagia!
    7 Cara Mudah Mencintai Diri Sendiri Agar Lebih Bahagia!. (Image: Doc. Photo by Jackson David on Unsplash)

    Akhir-akhir ini ada banyak nasihat tentang bagaimana untuk mencintai diri sendiri, atau self love. Namun apa sebenarnya self love itu? Menurut Psych Central, mencintai diri sendiri berarti menerima dirimu sendiri sepenuhnya, memperlakukan diri sendiri dengan baik dan penuh rasa hormat, serta memelihara kesehatan dan kesejahteraan fisik, psikologis, dan spiritual dengan lebih baik. 


    Namun, ini tidak berarti kamu harus selalu merasa positif tentang diri sendiri sepanjang waktu. Itu sangat tidak realistis! Perasaan sedih, kesal, marah, atau kecewa terhadap diri sendiri yang kamu rasakan adalah hal yang normal. Bahkan, dengan perasaan-perasaan itu kamu bisa bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik lagi. So, its still self love!




    Lantas, bagaimana cara mempraktikkan self love kepada diri sendiri?


    1. Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain


    Sering membandingkan diri dengan orang lain adalah sikap yang berbahaya. Pasalnya, itu dapat membuat kamu merasa diri sendiri lebih kecil dan memilki banyak kekurangan dibandingan dengan orang lain, yang bisa membuatmu merasa lebih stres, menurut Healthline. Ingat, semakin kita membandingkan, maka semakin kita kehilangan diri kita sendiri. So, stop untuk membandingkan dirimu dengan orang lain, ya!


    2. Selalu bersyukur

    Cara Mudah Mencintai Diri Sendiri

    (Photo by Giulia Bertelli on Unsplash)


    Mempraktikkan rasa syukur merupakan salah satu kunci kebahagiaan dan cara mencintai diri sendiri. Menurut Harvard Health, rasa syukur dapat membuat kamu merasakan lebih banyak emosi positif, dan bahkan penelitian telah menunjukkan bahwa selalu bersyukur dapat meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.


    Mulailah untuk menulis jurnal tentang hal-hal kecil positif yang membuatmu merasa bersyukur setiap harinya sebelum tidur di malam hari. Menurut American Psychological Association, tak hanya hal-hal besar dalam hidup, hal-hal kecil positif dalam hidup juga dapat meningkatkan kebahagiaan. 


    3. Lepaskan hubungan yang toxic dan kelilingi dirimu dengan orang-orang positif


    Akhiri semua hubungan toxic dalam hidupmu. Sebab, tak ada seorang pun yang pantas menjadi bagian dari hidupmu jika mereka membuat kamu merasa tidak berarti dan tidak berharga. 


    Sangat penting untuk memilih hubungan yang bisa membuatmu merasa lebih baik dan selalu mendukungmu. Berada di lingkungan orang-orang yang positif secara tidak langsung juga dapat menularkan energi positifnya, meningkatkan suasana hati dan kebahagiaan, dari sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan di The BMJ


    4. Jangan terlalu keras terhadap diri sendiri


    Jika bukan kamu yang berbaik hati terhadap diri sendiri, lalu siapa lagi? Jangan terlalu keras terhadap diri sendiri, karena jika sesuatu tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan, kamu mungkin akan merasa sangat kecewa dan sedih. 


    Menurut Vanessa King, penulis buku "Ten Keys to Happier Living", cobalah belajar memahami bahwa tidak apa apa jika ada hal-hal yang mungkin tidak berjalan sempurna sesuai yang kamu ekspektasikan. Jangan terlalu keras dan menyalahkan diri sendiri. Berbaik hatilah terhadap diri sendiri. 


    (Baca Juga: Kenali 4 Cara Untuk Berdamai Dengan Diri Sendiri & Masa Lalu)


    5. Lakukan aktivitas di luar ruangan

    Cara Mudah Mencintai Diri Sendiri

    (Photo by Arek Adeoye on Unsplash)


    Menurut Kelly McGonigal, PhD, psikolog, menghabiskan sebagian besar waktu di dalam ruangan bisa meningkatkan kemungkinan stres. Dan, melakukan aktivitas di luar ruangan ternyata bisa memberikan kebahagiaan dan meningkatkan kesejahteraan emosional. Faktanya, satu riset tahun 2019 yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Alabama, menunjukan bahwa beraktivitas di luar ruangan ditambah dengan latihan fisik ternyata mampu memberikan ketenangan, meningkatkan kesejahteraan emosional, mengurangi stres, dan meningkatkan emosi positif. 


    6. Kurangi waktu bermain media sosial


    Kehadiran sosial media memang terbukti bisa memudahkan kita dalam berinteraksi dan mengetahui informasi terkini. Namun, postingan orang lain di sosial media dapat dengan mudah membuatmu merasa berkecil hati, mudah stres, cemas, dan depresi, berdasarkan riset tahun 2019 yang dilakukan oleh Pew Research Center. 


    Selain itu, sosial media juga dapat menyebabkan timbulnya perasaan Fear of Missing Out (FOMO), istilah yang merujuk pada timbulnya perasaan cemas karena merasa tertinggal informasi atau tren ter-update. 


    Di sisi lain, mengurangi waktu bersosial media dianggap dapat membantumu memiliki suasana hati yang lebih baik, membuatmu lebih menghargai kehidupan nyata, dan meningkatkan kesejahteraan emosional. Lebih bijak menghabiskan waktu bersosial media merupakan salah satu cara mencintai diri sendiri. 


    7. Lakukan meditasi untuk meningkatkan pikiran positif

    Cara Mudah Mencintai Diri Sendiri

    (Photo by Elina Fairytale on Pexels)


    Beberapa jenis meditasi terbukti dapat mendorong pikiran positif dan meningkatkan self image. Hal itu dibuktikan dalam studi tahun 2015 dalam Journal of Research in Personality, kelompok orang yang melakukan latihan meditasi diketahui memiliki lebih sedikit pikiran negatif daripada kelompok orang yang tidak. Secara spesifik, dikutip dari laman Healthline, berlatih meditasi Metta, dapat meningkatkan emosi dan pikiran positif. 


    (Baca Juga: Menjaga Kesehatan Mental, Ini Manfaat Self Talk Positif)


    Itulah beberapa cara mencintai diri sendiri yang bisa kamu lakukan agar hidupmu jadi lebih bahagia untuk dijalani. Semoga bermanfaat!









  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below