Food & travel

Alasan Kamera Polaroid Selalu Dibawa Saat Liburan

By : Her World Indonesia - 2024-01-09 14:10:02 Alasan Kamera Polaroid Selalu Dibawa Saat Liburan

Kamera Polaroid pertama kali diperkenalkan oleh Edwin Land pada 1948, saat kamera masih digunakan hanya untuk kepentingan tertentu saja karena membutuhkan waktu yang lama untuk mencetak hasil foto tersebut. Lebih lagi, pada era ini berat kamera belum mampu membuatnya efektif untuk dibawa sehari-hari. Saat itu, Land sedang melakukan liburan keluarga dan putranya bertanya mengapa membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu hasil sebuah jepretan keluar? Dari pertanyaan itu, Land akhirnya melakukan riset selama beberapa tahun untuk menghadirkan inovasi yang saat ini dilihat sebagai icon dalam dunia fotografi. 



(Polaroid pertama yang diluncurkan oleh Edwin Land. Foto: Dok. Science Museum UK)


Kamera Polaroid pertama kemudian dikenal sebagai Polaroid 95 Model yang masih cukup kompleks dibandingkan dengan kamera Polaroid yang beredar saat ini. Model awal ini juga yang kemudian menginisiasi berkembangnya kualitas kamera Polaroid. Setelah model pertama, Land kemudian meluncurkan model kedua yang disebut sebagai Polaroid Swinger yang lebih ringan dan sudah lebih mudah untuk dibawa. Model terbaru ini kemudian menjadi populer di kalangan remaja. Inovasi ini membuktikan bahwa kamera Polaroid bukan hanya sebuah tren, tetapi juga memunculkan kreativitas dalam dunia fotografi modern.


Terbukti, sekalipun sempat mengalami krisis pada 2008, kini kamera Polaroid kembali hadir dengan bentuk yang lebih ringan, warna yang lebih memikat, dan detail yang aesthetic berhasil membuat kamera Polaroid saat ini bukan hanya dimiliki untuk kepentingan fotografi, melainkan menjadi salah satu aksesori mode yang stylish. Hal ini juga yang membuat kamera Polaroid semakin banyak digandrungi kalangan muda, terutama saat sedang berlibur.


Simak beberapa alasan kamera Polaroid selalu dibawa saat liburan!


1. You can hold in your hand in a few minutes


(Saat selesai memotret, hasil foto dapat langsung dirasakan secara praktis. Foto: Dok. Fauxels/Pexels)


Kemudahan yang ditawarkan oleh kamera Polaroid dalam mencetak langsung hasil jepretan yang sudah dilakukan membuat penggunanya bisa langsung merasakan elemen jepretan dan momen tersebut saat itu juga. Hal ini menghadirkan kepuasan yang nyata dan mengurangi kemungkinan foto terhapus ataupun harus pergi ke percetakan terlebih dahulu.


(Baca juga: 8 Barang yang Harus Dibawa Saat Solo Traveling)


2. Easy to use


(Kamera Polaroid lebih mudah digunakan oleh berbagai kalangan. Foto: Dok. Boris Pavlikovsky/Pexels)


Kamera Polaroid saat ini hadir dengan bentuk dan fungsi yang lebih sederhana dibandingkan dengan model sebelumnya atau kamera jenis lainnya. Sehingga, memudahkan siapa pun untuk menggunakannya. Tidak perlu memahami pengaturan yang rumit atau mengedit hasil foto, karena kamera ini memungkinkan setiap orang, dari berbagai lapisan usia dapat dengan mudah mengabadikan momen spesial tanpa kesulitan.


3. Bagian dari mode, classic and nostalgic


(Saat ini kamera Polaroid banyak digunakan sebagai mode. Foto: Dok. Athena/Pexels)


Kamera Polaroid mampu memberikan sentuhan nostalgia yang sulit dijelaskan. Bentuk fisiknya yang khas dengan cetakan foto instan memberikan pengalaman yang berbeda dan mengingatkan kita pada era yang lebih sederhana. Sentuhan vintage yang dimilikinya menjadikan kamera ini sebagai perpaduan antara masa lalu dan masa kini.


4. Crafting your creativity!


(Hasil cetak dari kamera Polaroid bisa disusun sesuai dengan kreativitas kamu. Foto: Dok. Taryn Elliott/Pexels)


Kemudahan yang disajikan kamera Polaroid tidak membatasi kreativitas penggunaannya sehingga mereka tetap dapat memiliki kebebasan berekspresi tanpa batas. Kamu dapat langsung mengambil foto dan menyusunnya sesuai keinginan, membuat kolase yang berwarna, menambahkan tulisan atau gambar tanpa harus pusing memikirkan editan. Kemampuan untuk mengekspresikan kreativitas tanpa perlu mengandalkan teknologi digital membuat kamera ini sangat disukai oleh para seniman dan pencinta seni fotografi.


(Baca juga: 6 Tips Menata Polaroid Agar Kamarmu Jadi Estetik)


5. Affordable!


(Memastikan bahwa setiap momen berharga dapat diambil tanpa harus menguras kantong. Foto: Dok. Askar Abayev/Pexels)


Dibandingkan dengan jenis kamera lainnya, keunggulan finansial kamera Polaroid terletak pada harganya yang jauh lebih terjangkau. Dengan biaya yang ramah di kantong, setiap orang dapat mengakses pengalaman fotografi instan tanpa perlu mengorbankan kualitas hasil. Seiring dengan kemajuan teknologi, kamera Polaroid modern tidak hanya lebih terjangkau, tetapi juga menawarkan fitur-fitur canggih yang memberikan nilai tambah. Memastikan bahwa setiap momen berharga dapat diambil tanpa harus menguras kantong.


(Penulis: Adila Firani)

Food & travel