Life & health

6 Tips Menata Polaroid Agar Kamarmu Jadi Estetik

By : Her World Indonesia - 2023-04-06 18:00:01 6 Tips Menata Polaroid Agar Kamarmu Jadi Estetik

Setelah tren kamera polaroid hadir kembali, pasti kamu atau temanmu yang memiliki kamera tersebut sering mengabadikan momen dengan kamera langsung jadi yang satu ini. Hasil-hasil fotonya yang langsung jadi membuat kamera ini memiliki keunikannya tersendiri. Lembar polaroid juga memiliki bentuk yang otentik dan sering juga disebut estetik.


Sering mengambil gambar menggunakan kamera polaroid, lembaran-lembaran polaroid pasti sudah menumpuk di kamarmu dan bingung mau diapakan. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar lembaran foto tersebut bermanfaat adalah menggunakannya sebagai dekorasi kamarmu. Menurut beberapa sumber, ini dia tips-tips menyusun polaroid untuk mendekorasi kamarmu agar terlihat estetik.


1. Menggantung di dinding kamar


(Polaroid bisa disusun menggunakan tali atau kawat pada dinding kamar. Foto: Dok. @lcd2020/Freepik)


Kamu bisa menggunakan tali atau kawat untuk menggantungkan polaroid pada dinding kamar. Panjang tali bisa kamu sesuaikan dengan panjang dinding kamarmu, tetapi lebih baik siapkan tali berukuran satu sampai dua meter untuk memastikan tali kamu tidak kurang.


Kemudian, kamu bisa pasang kedua ujung tali atau kawat pada paku yang sudah ditancapkan ke dinding. Setelah tali atau kawatmu sudah siap, kamu bisa langsung menjepit polaroid-polaroidmu pada tali/kawat menggunakan penjepit kayu atau sejenisnya.


(Baca Juga: Yuk Intip 7 Tips Mudah Menata Kamar Tidur Sempit Sederhana)


2. Dikombinasikan dengan lampu


(Tumblr lights bisa membuat dekorasi kamar menggunakan polaroid semakin estetik. Foto: Dok. @freepik)


Lampu kecil dan panjang yang biasa dikenal dengan tumblr lights bisa jadi pilihan kamu untuk membantu menata polaroid di kamar agar terlihat estetik. Lampu-lampu ini sangat dengan mudah dapat kamu temukan di toko daring. Cara menatanya juga tidak sulit. Sedikit tips, pilihkan dinding atau area tempatmu memasang lampu ini yang dekat dengan sakelar listrik karena lampu ini membutuhkan aliran listrik untuk dapat menyala.


Ada beberapa cara menggunakan lampu ini. Pertama, setelah lampu sudah terpasang dengan rapi, kamu bisa langusung menjepitkan polaroid-polaroidmu. Kedua, kamu bisa menjepit dan menata polaroidmu menggunakan tali atau kawat seperti tips sebelumnya, lalu lampu kamu lilitkan dengan tali/kawat tersebut. Selain menjadi hiasan, dekorasi ini juga bisa menjadi lampu tidurmu, lho.


3. Gunakan grid wall


(Gunakan grid wall untuk menata polaroid dan hiasan-hiasan lain untuk hasil yang ramai dan estetik. Foto: Dok. Nathalie Dmay/Pexels)


Kalau kamu menginginkan penataan polaroid pada dinding, tetapi tidak mau polaroid menempel pada tembok dengan lem, kamu bisa menggunakan grid wall sebagai alternatifnya. Grid wall ini juga mudah untuk dipindah-pindahkan.

Maka dari itu, jika kamu sudah mulai merasa bosan dengan penataan dekorasi di kamarmu, kamu bisa memindahkan grid wall tersebut pada posisi lain di kamar dan suasana kamarmu akan terasa berbeda. Agar grid wall berisi polaroid bisa terlihat semakin penuh dan lucu, kamu bisa menambahkan barang-barang lain seperti tiket biokop, gambar-gambar kecil, dan masih banyak lagi.


4. Gunakan Papan Gabus, Busa, atau Magnet


(Penggunaan papan gabus untuk menata polaroid menghasilkan dekorasi yang fleksibel untuk diletakkan di seluruh kamar. Foto: Dok. freepik)


Selain menggunakan grid wall, kamu juga bisa menggunakan papan gabus, busa, atau magnet jika tidak mau menempelkan polaroid pada dinding kamar secara langsung. Hal yang membedakan penggunaan grid wall dengan beberapa jenis papan ini adalah adanya kesan bingkai seperti foto-foto pada umumnya.


Namun, ukuran papan yang biasanya lebih besar dari selembar foto polaroid membuatnya satu papan dapat memuat banyak polaroid. Kamu juga bisa memasang hiasan-hiasan pada papan tersebut agar semakin ramai. Papan ini juga bersifat fleksibel, jika kamu mau membuatnya tergantung pada tembok bisa, tetapi jika mau diletakan di atas meja langsung juga bisa.


(Baca Juga: Wow, Intip Cantiknya Dekorasi Kamar Aesthethic Korea)


5. Susun polaroid membentuk hati

Foto polaroid kamu bisa digunakan untuk membentuk suatu bentuk yang lucu, lho. Untuk dekorasi yang satu ini, kamu tidak perlu membeli atau menggunakan banyak alat karena kamu hanya perlu double tape atau alat perekat lainnya untuk menempelkan polaroid pada dinding.


Kamu bisa menyusun lembaran-lembarang polaroid itu menjadi bentuk hati, segitiga, atau bahkan huruf-huruf. Ukuran bentuk dan huruf ini bisa kamu sesuai kan dengan besarnya dinding dan jumlah lembaran polaroid yang kamu miliki.


6. Membuat kolase


(Membuat kolase polaroid untuk mendekorasi kamar memberi kesan sederhana tetapi tetap estetik. Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)


Cara yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin dekorasi kamar yang sederhana tetapi tetap estetik. Kamu bisa membuatnya menjadi sebuah kolase dengan tema yang kamu tentukan sendiri. Misalnya kumpulan foto pemandangan di suatu tempat atau kumpulan foto hal-hal yang kamu suka, dan masih banyak lagi. Kemudian, kamu bisa menambah keterangan singkat pada area bawah bingkai polaroid yang biasanya berukuran lebih lebar dibanding sisi yang lain.


Berikut enam tips cara mendekorasi kamarmu dengan estetik menggunakan polaroid. Dibanding hasil-hasil polaroid kamu hanya tersimpan di dalam lemari atau tersusun menumpuk di atas meja, lebih baik dijadikan dekorasi yang mempercantik kamarmu. Yuk, dicoba!


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Life & health