Hair & beauty

Coba Yuk! 3 Keunggulan Menggunakan Sunscreen Pada Malam Hari

By : Her World Indonesia - 2024-01-03 18:00:01 Coba Yuk! 3 Keunggulan Menggunakan Sunscreen Pada Malam Hari

Salah satu cara untuk menjaga diri adalah dengan menjaga kulit dengan baik. Sunscreen merupakan produk yang dapat membantu merawat kulit. Berfungsi untuk melindungi kulit kita dari sinaran UV dan mencegah terbakarnya kulit dari panasnya sinar matahari. Meskipun sunscreen kerap digunakan pada pagi sampai siang hari, tetapi produk ini juga bisa digunakan pada malam hari juga. Inilah tiga keunggulan menggunakan sunscreen pada malam hari.



(Jangan lupa untuk mengoleskan sunscreen pada tubuh dan tidak hanya pada wajah. Foto: Dok. Kindel Media/ Pexels)



(Baca Juga : Ini Semua Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Hybrid Sunscreen!)


1. Terproteksi dari Sinar UV


Perlu diketahui bahwa kamu tidak berhenti terpapar dari sinar UV ketika kamu berada di dalam rumah atau ketika hari sudah berubah menjadi gelap. Tidak hanya dari matahari, barang-barang eletronik seperti telefon genggam atau laptop juga memancari sinar UV. Sisa-sisa sinaran UV dari siang hari juga dapat berdampak pada kamu. Ini merupakan salah satu alasan utama mengapa kamu dapat menggunakan sunscreen pada malam hari. Ketika kamu pulang dan langsung membuka laptop kerja atau bahkan duduk menonton film dari telepon genggam kamu, kamu tetap terlindungi dari sinar UV.



2. Mencegah Penuaan Dini


Selain mengurangi kulit yang terkena dari sinar UV, sunscreen dapat bantu mencegah penuaan dini. Sinar UVA merupakan sinar UV yang dapat mempercepat proses aging dari kulit sehingga terdapatnya kerutan yang jelas pada wajah. Sudah terbukti dari penilitian bahwa menggunakan sunscreen pada malam hari dapat memperlambat penuaan pada kulit. 



3. Mencegah Melasma

Tidak hanya memperlambat penuaan pada kulit, menggunakan sunscreen pada malam hari juga dapat membantu mencegah terjadinya melasma. Melasma merupakan munculnya hiperpigmentasi pada kulit seperti bercak kecoklatkan atau keabuan yang terlihat pada wajah. Salah satu penyebab melasma adalah seringnya terpapar kulit pada sinar matahari. Tidak hanya mencegah, tetapi dengan menggunakan sunscreen dengan baik dan benar dapat menghilangkan bekas hitam sehingga kulit kembali normal.


(Baca Juga :Ringan dan Aman, Ini 4 Bedak yang Cocok untuk Remaja )



(Sunscreen itu teruntuk untuk semua orang agar bisa mencegah penyakit kulit dan tetap glowing! Foto: Dok. Tara Winstead/ Pexels)


Meskipun terdapat banyak keunggulan menggunakan sunscreen pada malam hari, sangat tidak dianjurkan untuk tidur dengan menggunakan sunscreen. Sunscreen adalah krim yang mengandung SPF. Produk SPF sendiri mempunyai molekul yang besar sehingga bisa menekan dan memperbesar pori-pori pada wajah. Beberapa sunscreen juga bersifat comedogenic, yang berarti bisa menutup pori dan menimbulkan jerawat. Sangat dianjurkan untuk membersihkan sunscreen sebelum tidur dan menggunakan krim malam yang cocok untuk kamu


Semoga dengan artikel ini, kamu menjadi tertarik untuk mencoba sesuatu yang baru!



( Penulis : Ruby Ishak )

Hair & beauty