Hair & beauty

Ini Semua Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Hybrid Sunscreen!

By : Fariza Rahmadinna - 2023-12-29 15:00:01 Ini Semua Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Hybrid Sunscreen!

Dalam upaya untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari, menggunakan sunscreen adalah suatu KEHARUSAN! Apapun jenis kulit kamu, usia, atau jenis kelamin, sunscreen adalah salah satu produk skincare yang tidak boleh dilewatkan. Jenis sunscreen ada bermacam-macam, salah satunya yaitu hybrid sunscreen

Berikut ini semua yang perlu kamu ketahui tentang hybrid sunscreen, termasuk rekomendasi hybrid sunscreen dan perbedaan sunscreen chemical, physical, dan hybrid. Simak!


Apa itu hybrid sunscreen?


(Hybrid sunscreen. Foto: Rawpixel on Freepik)

Hybrid sunscreen merupakan jenis sunscreen yang menggabungkan dua filter sinar matahari yaitu mineral dan chemical. Itulah mengapa, jenis sunscreen ini juga sering disebut dengan sunscreen kombinasi. Hybrid sunscreen dapat melindungi kulit kamu dengan cara memantulkan sinar ultraviolet sekaligus menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas, kemudian melepaskannya dari tubuh—seperti pada chemical sunscreen. Dengan kata lain, hybrid sunscreen dapat memberikan perlindungan maksimal pada kulit terhadap sinar UVA dan UVB. 


Perbedaan Sunscreen Chemical, Physical, dan Hybrid


Chemical Sunscreen


Chemical sunscreen bekerja dengan cara menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas, kemudian melepaskannya melalui kulit. Hal itu dimaksudkan agar sinar UV tidak masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam. Beberapa bahan aktif dalam chemical sunscreen antara lain avobenzone, octinoxate, dan oxybenzone. 

Jenis sunscreen yang satu ini biasanya memiliki tekstur yang lebih cair, sehingga cepat menyerap ke dalam kulit, mudah diaplikasikan dan dibaurkan pada kulit, sehingga nyaman digunakan sehari-hari. “Chemical sunscreen juga hanya akan meninggalkan sedikit (atau bahkan tidak sama sekali) lapisan putih pada kulit atau whitecast,” kata Elizabeth Hale, MD, dokter kulit bersertifikat.


Physical Sunscreen


Sementara itu, physical sunscreen atau disebut juga dengan mineral sunscreen bekerja dengan cara membentuk lapisan pelindung di permukaan kulit yang berfungsi untuk menghalangi dan memantulkan sinar ultraviolet, agar tidak menembus lapisan kulit. 

Physical sunscreen biasanya mengandung dua komponen aktif seperti zinc oxide dan titanium dioxide. Keduanya mampu memantulkan dan membelokkan sinar UV untuk mencegahnya menembus lapisan kulit. 

Physical sunscreen sangat direkomendasikan untuk orang yang memiliki kulit sensitif dan rentan berjerawat, bahkan cukup lembut untuk digunakan anak-anak,” kata Hale. Sekarang, physical sunscreen dibuat dengan tekstur yang lebih ringan, mudah diaplikasikan dan dibaurkan pada kulit, serta sedikit (atau tidak sama sekali) meninggalkan whitecast. 


Hybrid Sunscreen


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hybrid sunscreen merupakan jenis sunscreen kombinasi, mineral dan chemical. Itu artinya, kamu akan mendapatkan perlindungan maksimal terhadap sinar UVA dan UVB. 

Menurut Loretta Ciraldo, dokter kulit bersertifikat, “memadukan kemampuan reflektif sinar UV dari bahan mineral aktif dan kemampuan menyerap dan mengubah sinar UV dari bahan kimia aktif dalam satu formulasi dapat menghindari kerusakan kulit yang lebih efisien dibandingkan hanya salah satunya saja.”

Hybrid sunscreen juga cenderung tidak meninggalkan whitecast pada kulit dan mudah diaplikasikan dan dibaurkan, sehingga sangat nyaman digunakan sehari-hari. Seringkali, jenis sunscreen juga memberikan efek calming dan cooling sensation pada kulit. 


(Baca Juga: Basic Skincare untuk Kulit Berjerawat, Cukup 4 Langkah Saja!)


Rekomendasi Hybrid Sunscreen


ANESSA Perfect UV Sunscreen Milk SPF 50


ANESSA Perfect UV Sunscreen Milk SPF 50 merupakan hybrid sunscreen yang memadukan zinc oxide dan titanium dioxide yang biasa digunakan pada physical sunscreen dengan avobenzone dan oxybenzone yang biasa digunakan pada chemical sunscreen, sehingga mampu memberikan perlindungan sinar ultraviolet yang kuat, tanpa rasa lengket dan berat pada kulit. 

Hybrid sunscreen dari ANESSA ini juga dilengkapi dengan Triple Defense Technology, yang membuat perlindungan dari sinar UV semakin kuat dengan adanya panas, keringat, dan air. Plus, sunscreen ini juga sangat aman digunakan oleh semua jenis kulit dan non-comedogenic


ESQA Supreme Hybrid Sun Stick SPF 50+ PA++++


(Rekomendasi hybrid sunscreen. Foto: esqacosmetics.com)


ESQA Supreme Hybrid Sun Stick SPF 50+ PA++++ diformulasikan dengan 6 filter sinar UV canggih, yang mampu memberikan perlindungan UVA dan UVB spektrum luas. Hybrid sunscreen ini memiliki tekstur ringan, tidak memberikan rasa lengket dan berat pada kulit, cepat menyerap, dan tidak meninggalkan whitecast. Dilengkapi juga dengan kandungan rosehip oil, oatmeal, aloe vera, dan green tea extract, yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari sekaligus menghidrasi, mencerahkan, dan melembutkan kulit.


I Trust Nature Honey Sun Protection SPF 50+ / PA+++


(Rekomendasi hybrid sunscreen. Foto: itrustnatureid.com) 


Honey Sun Protection SPF 50+ / PA+++ dari I Trust Nature diformulasikan dalam bentuk lotion ringan yang multifungsi, untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV sekaligus menjaga kelembapan kulit. 

Honey Sun Protection SPF 50+ / PA+++ merupakan hybrid sunscreen yang mengandung filter UV mineral dan chemical yang telah teruji melalui uji in vitro dan in vivo untuk melindungi kulit dari sinar UV. Kandungan madu, argan oil, aloe vera, sodium hyaluronate, allantoin di dalamnya juga mampu menutrisi dan melindungi kulit dari radikal bebas, serta menjaga kelembapan kulit. 


Jacquelle Blur Effect UV Protector: Hybrid Sunscreen SPF 50 PA++++


Bisa dibilang ini adalah hybrid sunscreen paling lengkap, karena selain berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar UV juga bisa digunakan sebagai primer makeup. Blur Effect UV Protector: Hybrid Sunscreen SPF 50 PA++++ dari Jacquelle Beaute ini memiliki tekstur ringan, tidak lengket, tidak berminyak, tidak menyumbat pori-pori, tidak meninggalkan whitecast, mudah diaplikasikan dan dibaurkan ke kulit, memiliki blur effect dan sedikit tone up effect yang bisa membuat kulit lebih halus dan anti kulit kusam. Serta, kandungan niacinamide, ceramide, vitamin E, dan allantoin dapat membantu mencerahkan dan menghaluskan kulit. 


(Baca Juga: 6 Rekomendasi Jenis Bedak untuk Kulit Kering, Penasaran Apa?)


Itulah semua yang perlu kamu ketahui tentang hybrid sunscreen, termasuk rekomendasi hybrid sunscreen dan perbedaan sunscreen chemical, physical, dan hybrid

Hair & beauty