Life & health

5 Minuman yang Harus Dihindari Saat Menstruasi Menurut Ahli

By : Her World Indonesia - 2023-09-28 15:00:02 5 Minuman yang Harus Dihindari Saat Menstruasi Menurut Ahli

Wanita setiap bulannya mengalami menstruasi dan sering kali harus menghadapi berbagai macam gejala, seperti kelelahan, perut kembung, dan keram. Namun, tidak semua makanan dan minuman berpengaruh baik terhadap tubuh ketika sedang menstruasi. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi perempuan dan wanita untuk memperhatikan konsumsi terutama jika sering mengidam ketika PMS.


Ada beberapa minuman yang harus dihindari saat menstruasi, simak lebih lanjut untuk mengetahui deretannya di bawah ini!


1. Caffeine

Minuman berkafein dapat menjadi stimulan sebagai energy boost di pagi hari. Namun, experts mengatakan bahwa caffeine dapat berefek pada level hormon yang memicu anxiety dan membuat jadwal tidur di malam hari menjadi berantakan. Menggantikannya dengan teh herbal yang bebas caffeine dapat membantu meredakan gejala-gejala tersebut.


2. Minuman Berkarbornasi

(Minuman bersoda harus dihindari saat menstruasi. Foto: Dok. alleksana/Pexels)


Minuman berkarbonasi seperti soda dan sparkling water dapat menambah gas berlebih pada sistem pencernaan. Biasanya perut akan menjadi terasa kembung atau bloating ketika masa menstruasi berlangsung dan minuman berkarbonasi dapat memicu gejala tersebut. Untuk mengurangi bloating, pilihlah minuman yang tidak berkarbonasi seperti air mineral atau teh herbal.


3. Minuman Bergula

Menurut seorang dietitian, Cathy Posey, minuman yang bergula dapat membuat tubuh menahan air dan sodium sehingga perut akan  bertambah kembung dan juga terjadinya mood swings. Tidak hanya itu, gula juga dapat membuat hormon tidak seimbang ketika sedang menstruasi akibat produksi insulin dan responnya yang tidak teregulasi dengan baik.


(Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Meredakan Asam Lambung Berlebih)


4. Alkohol

(Minuman beralkohol harus dihindari saat menstruasi. Foto: Dok. Engin Akyurt/Pexels)


Minuman beralkohol juga dapat membuat perut menjadi kembung saat menstruasi. Selain itu, hal yang perlu diperhatikan yaitu alkohol merupakan depressant. Ahli mengatakan jika seseorang mengalami penurunan mood ketika menstruasi, disarankan untuk mencari minuman alternatif yang tidak beralkohol untuk memperbaiki mood menjadi lebih baik.


5. Dairy


Mengonsumsi minuman dairy seperti susu atau yoghurt secara berlebih akan berpengaruh buruk pada tubuh kamu ketika sedang menstruasi. Menurut Healthfully, minuman dairy juga dapat membuat keram pada bagian perut. Dietitian, Cathy Posey mengatakan kalau yoghurt dan minuman smoothies dengan gula tambahan akan menambah efek samping ketika menstruasi, seperti mood swings dan perut kembung.


(Baca Juga: Kenali Tradisi Minum Teh Inggris, Bisa Kamu Coba di Jakarta!)


Itulah beberapa minuman yang harus dihindari saat menstruasi! Semoga membantu!



(Penulis: Larasati Emiri)

Life & health