Life & health

Kenali Tradisi Minum Teh Inggris, Bisa Kamu Coba di Jakarta!

By : Natasha Fitrand - 2023-09-09 15:00:01 Kenali Tradisi Minum Teh Inggris, Bisa Kamu Coba di Jakarta!

Is tea your ‘cup of tea’?

Jika kamu termasuk orang yang tidak bisa menolak segelas teh— baik itu disajikan hangat atau dingin, maka penting bagi kamu untuk mengetahui sejarah dibalik minuman favoritmu tersebut. Sebelum teh menjadi salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia tiap harinya, teh sendiri sudah menjadi minuman tradisi di Inggris sejak abad ke-19, lho. Yuk, simak sejarah dan tradisi minum teh di Inggris, dan Her World juga akan membagikan rekomendasi minum teh di Jakarta!


Tradisi Minum Teh di Inggris


(Ilustrasi tradisi minum teh di Inggris. Foto: Dok. Carnival Films)

Teh pertama kali tiba di Inggris dari Tiongkok pada abad ke-17. Sebagai minuman langka yang mewah, pada saat itu teh hanya bisa dikonsumsi oleh raja dan ratu. Seiring berkembangnya zaman, tepatnya pada abad ke-18 hingga ke-19, beragam variasi teh mulai muncul, membuatnya bukan lagi minuman yang langka sehingga tradisi ‘tea break’ pun semakin marak dilakukan diantara kaum bangsawan dan masyarakat pada umumnya.

Nah, kamu pasti sudah pernah mendengar istilah afternoon tea, atau bahkan sudah mencobanya sendiri. Yup, afternoon tea juga merupakan tradisi minum teh asal Inggris, lho. Sejarah menyebutkan tradisi afternoon tea di Inggris dimulai oleh Catherine of Braganza dari Portugal. Setelah menikahi King Charles II pada 1662 dan pindah ke Inggris, ia membawa teh sebagai bagian dari barang pribadinya. Catherine berhasil mempopulerkan teh karena ia gemar meminumnya setiap hari, walaupun teh dulunya hanya dikenal sebagai minuman kesehatan.

Selain Catherine, Anna Maria Russell, sahabat sekaligus Lady of the Bedchamber Ratu Victoria juga turut mempopulerkan teh di Inggris. Pada malam hari disaat ia kelaparan, Anna selalu ingin mengonsumsi santapan ringan. Baginya, solusi untuk santapan ringan yang sempurna adalah segelas teh, roti, dan mentega.


(Baca Juga: Kurangi Risiko Kanker, Wajib Ketahui 7 Manfaat Teh Hitam Ini)


Waktu Tepat untuk Minum Teh


(Ilustrasi tradisi minum teh di Inggris. Foto: Dok. Netflix)

Tentu, teh bisa diminum kapan dan dimana saja. Namun sesuai tradisi Inggris, momen minum teh yang paling spesial adalah afternoon tea, yaitu waktu di jam makan siang atau awal siang hari. Satu hal yang paling identik dari afternoon tea adalah santapan ringannya, yang selalu disajikan pada cake stand bertingkat.


Makanan yang disajikan di cake stand ini tidak boleh sembarangan, lho. Menurut tradisi Inggris, tingkat teratas diisi dengan scones, diikuti dengan sandwich, kemudian hidangan manis dan kue kering pada tingkat paling bawah. Teh yang paling serasi untuk menemani santapan ringan ini adalah rangkaian green tea atau oolong tea.


Sedangkan, saat memulai hari, teh yang umumnya dikonsumsi di Inggris adalah rangkaian black tea, atau English dan Irish breakfast tea, dicampur dengan susu atau cream. Orang Inggris juga gemar meminum teh sebelum tidur, pada waktu ini biasanya mereka memilih teh tanpa kafein seperti herbal tea atau fruit tea.


Rekomendasi Tempat Minum Teh di Jakarta

Berikut ini, Her World membagikan rekomendasi buat kamu para penggemar teh yang ingin menikmati afternoon tea atau momen minum teh spesial bersama orang terdekat. Catat, ya!


1. TWG Tea


(Rekomendasi minum teh di Jakarta. Foto: Dok. twgteaid/Instagram)

Memiliki 1000 varian teh mulai dari black tea, green tea, hingga white tea, bisa dijamin kamu tidak akan pernah bosan untuk kembali ke TWG Tea! Apalagi, mengingat TWG Tea di Jakarta kini sudah memiliki sistem Takeaway Teas, dimana kamu bisa membawa pulang ice tea dari teh kesukaanmu tanpa perlu repot. Kamu bisa menemukan TWG Tea di tiga cabangnya di Jakarta, yaitu Plaza Senayan, Pacific Place, dan baru saja buka di Pondok Indah Mall 3.


2. Peacock Lounge, Fairmont Jakarta


(Rekomendasi minum teh di Jakarta. Foto: Dok. stregisjakarta/Instagram)

Di Faimont Jakarta, kamu bisa menikmati afternoon tea cantik ala Inggris dengan nuansa ruangan layaknya berada di Paris. Menarik, di tempat ini santapan ringan afternoon tea disajikan menggunakan kotak bertingkat yang menyimpan aneka ragam hidangan manis.


(Baca Juga: Menikmati Afternoon Tea Bersama Fairmont Jakarta)


3. Alice, The Langham Jakarta


(Rekomendasi minum teh di Jakarta. Foto: Dok. alice_jakarta/Instagram)

Satu lagi tempat minum teh di Jakarta yang tidak bisa kamu lewatkan. Mulai dari desain tempatnya yang mewah hingga rangkaian menu teh, santapan ringan, dan main course yang ada disini sudah pasti akan buat kamu merasa betah selama kunjunganmu.


4. Rosé Gourmand Deli, The St. Regis Jakarta


(Rekomendasi minum teh di Jakarta. Foto: Dok. St. Regis Jakarta)

Di dalam lobby mewah hotel The St. Regis Jakarta, terdapat tempat minum teh serba pink yang dijamin dapat langsung menarik perhatianmu. Selain minum teh, di tempat ini kamu juga bisa menikmati kopi hangat, gelato, hingga santapan ringan untuk menemani momen afternoon tea-mu bersama orang terdekat.


5. Lewis & Carroll

(Rekomendasi minum teh di Jakarta. Foto: Dok. Lewis & Carroll)

Ingin menikmati afternoon tea di dalam mall? Jangan khwatir! Kamu bisa menemukan Lewis & Carroll di Pakubuwono, Senayan City, dan Grand Indonesia. Disini, kamu bisa menikmati rangkaian tea blend yang nikmat atau pilih sendiri teh kesukaanmu dari 40 rangkaian teh yang ada.


Itu dia tradisi minum teh Inggris yang menarik serta rekomendasi minum teh di Jakarta. Now, how about a cup of tea?



Life & health