Life & health

5 Makanan yang Bisa Meredakan Asam Lambung Berlebih

By : Her World Indonesia - 2023-09-22 13:00:02 5 Makanan yang Bisa Meredakan Asam Lambung Berlebih

Penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD) atau yang sering disebut asam lambung terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan yang membuat iritasi. Biasanya penderita asam lambung memiliki gejala seperti heartburn. Makanan yang dikonsumsi penderita juga dapat memicu terjadinya asam lambung yang berlebih di dalam perut. Oleh karena itu, penderita perlu memilih makanan yang bisa meredakan asam lambung.


Untuk kamu yang memiliki penyakit GERD, Her World punya beberapa tips makanan yang bisa meredakan asam lambung! Yuk, simak lebih lanjut!


1. Pisang

Memakan buah pisang aman bagi penderita asam lambung karena pisang memiliki kadar asam yang rendah. Buah pisang dapat membantu melapisi lapisan esofagus yang terluka dan meredakan rasa sakit. Selain itu, pisang juga memiliki serat tinggi yang dapat melancarkan pencernaan. Kalium yang terkandung dalam buah pisang membantu produksi lendir pada lambung yang berfungsi sebagai pelindung dinding lambung.


2. Jahe

(Jahe salah satu makanan yang bisa meredakan asam lambung. Foto: Dok. Towfiqu barbhuiya/Pexels)


Rempah-rempah seperti jahe memiliki manfaat yang baik dalam meredakan asam lambung dan dapat mengurangi asam lambung yang berlebih naik ke kerongkongan. Jahe juga merupakan anti inflamasi alami sehingga dapat mengurangi peradangan yang muncul akibat asam lambung. Kamu dapat mengonsumsi jahe dalam air rebusan jahe yang masih hangat.


3. Sayuran Hijau

Makanan seperti sayuran hijau yang alami baik dalam membantu redakan asam lambung karena sayuran hijau tidak memiliki kadar gula yang banyak juga rendah lemak. Jika asam lambung sedang naik, kamu dapat memilih sayuran hijau seperti brokoli, kacang hijau, bayam, kangkung, dan lain lain.


(Baca Juga: Minum Es Saat Haid, Boleh Atau Tidak?)


4. Melon

(Melon salah satu makanan yang bisa meredakan asam lambung. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


Buah melon memiliki sifat yang mirip dengan buah pisang karena memiliki kadar pH 6,1 yang berarti kadar asamnya rendah sehingga aman untuk penderita asam lambung. Melon juga mengandung magnesium yang dapat membantu meredakan asam lambung yang berlebih. Jenis-jenis melon seperti cantaloupe dan honeydew melon baik dikonsumsi untuk kamu yang memiliki penyakit asam lambung.


5. Yoghurt

Untuk meredakan asam lambung dan mengurangi rasa tidak nyaman pada perut, kamu dapat mengonsumsi yoghurt. Selain itu, yoghurt memiliki kandungan probiotik yang merupakan bakteri baik untuk pencernaan dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.


(Baca Juga: Makan Malam yang Baik untuk Diet, Ini 7 Tipsnya!)


Itulah beberapa tips makanan yang bisa meredakan asam lambung kamu! Semoga membantu, ya!



(Penulis: Larasati Emiri)


Life & health