Hair & beauty

Hindari Over-Exfoliating! Ini 5 Cara Menggunakan Scrub Wajah

By : Her World Indonesia - 2023-09-26 17:00:01 Hindari Over-Exfoliating! Ini 5 Cara Menggunakan Scrub Wajah

Melakukan eksfoliasi adalah kunci untuk kulit wajah yang sehat dan bersih. Dalam menggunakan skincare, scrub wajah atau eksfoliator termasuk ke dalam skincare yang penting. Produk eksfoliator seperti scrub wajah dapat membantu mengangkat kulit bagian terluar seperti sel-sel kulit mati di permukaan wajah. Setelah kulit mati dibersihkan, kulit wajah kamu dapat menyerap produk skincare lainnya dengan lebih baik. Namun, cara menggunakan scrub wajah akan mempengaruhi hasil pada kulit. Jika kamu terlalu keras ketika scrubbing wajah, kulit kamu dapat menjadi iritasi, memerah, atau pun terjadi breakout.


Sebelum kamu menggunakan scrub wajah, kamu perlu memperhatikan produk yang akan dipakai dan pilihlah produk sesuai dengan jenis kulit kamu.


Kulit Kering


Jika kamu memiliki kulit kering, gunakan produk scrub wajah yang memiliki tekstur krim dan memiliki kandungan yang melembapkan kulit. Pastikan juga kamu tidak melakukan eksfoliasi terlalu sering. Lakukan eksfoliasi seminggu sekali saja karena terlalu sering eksfoliasi akan membuat minyak alami pada kulit wajah hilang dan membuat kulit bertambah kering.


Kulit Berminyak/Kombinasi

(Cara menggunakan scrub wajah agar terhindar dari over-exfoliating. Foto: Dok. Polina Kovaleva/Pexels)


Untuk yang memiliki jenis kulit berminyak atau kombinasi, kamu bisa menggunakan produk scrub wajah yang mengandung ekstrak bunga dan buah-buahan. Kandungan ini dapat membantu mengurangi minyak yang berlebih pada kulit wajah dan mencegah timbulnya jerawat baru. Selain itu, produk yang diformulasikan dalam bentuk gel baik untuk jenis kulit berminyak atau kombinasi. Jika menginginkan hasil yang terbaik, kamu dapat menggunakan scrub wajah dua kali seminggu.


Kulit Sensitif


Banyak orang yang memiliki kulit sensitif tetapi tidak berani untuk melakukan eksfoliasi. Namun, para pemilik kulit sensitif masih diperbolehkan untuk menggunakan scrub wajah. Kamu bisa menggunakan produk yang memiliki kandungan anti-inflammatory yang dapat menenangkan kulit ketika eksfoliasi. Sebelum membeli produk, pastikan kamu melakukan patch test terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan produk pada kulit wajah untuk menghindari ketidakcocokan. Lakukan eksfoliasi setidaknya seminggu sekali atau sepuluh hari sekali jika kulit kamu sering bereaksi dan sensitif.


Agar kamu lebih memahami cara menggunakan scrub wajah, Her World udah rangkum langkah-langkahnya di bawah ini! Yuk, simak lebih lanjut!


1. Membersihkan Wajah

(Membersihkan wajah sebelum melakukan scrubbing. Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)


Langkah pertama cara menggunakan scrub wajah yaitu dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Pastikan wajah kamu telah dibersihkan secara menyeluruh sebelum mengaplikasikan scrub wajah. Gunakan pembersih wajah yang lembut agar tidak ada lagi sisa-sisa kotoran dan debu yang menempel pada kulit wajah.


2. Gunakan Scrub Secukupnya


Ambil scrub dan aplikasikan pada telapak tangan secukupnya, lalu tambahkan beberapa tetes air untuk melembutkan formula pada scrub. Kemudian, gosok secara perlahan dengan kedua telapak tangan. Hindari scrub yang mengering karena sifatnya yang abrasif tidak baik untuk kulit wajah.


(Baca Juga: 5 Rekomendasi Toner untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat)


3. Memijat Wajah

(Menggunakan scrub wajah dengan cara memijat. Foto: Dok. Tima Miroshnichenko/Pexels)


Selanjutnya, dalam mengaplikasikan scrub pada wajah, kamu dapat memijat kulit wajah secara perlahan. Gunakan ujung-ujung jari kamu dan secara perlahan pijat scrub wajah pada kulit dengan gerakan memutar selama kurang lebih 45 detik. Hindari melakukan scrubbing terlalu keras karena akan memunculkan microtears yang tidak baik untuk kulit. Selain itu, hindari area bawah mata dan area sekitar mulut yang sensitif.


4. Bilas Scrub


Setelah kulit dipijat dengan scrub wajah, bilas wajah dengan air hangat. Kemudian keringkan wajah menggunakan handuk kering dan bersih dengan cara ditepuk secara perlahan. Hindari juga mengeringkan wajah dengan cara digosok karena kulit akan lebih sensitif setelah melakukan eksfoliasi.


5. Akhiri dengan Pelembap

(Menggunakan pelembab wajah setelah scrubbing wajah. Foto: Dok. Antoni Shkraba/Pexels) 


Langkah terakhir dari cara menggunakan scrub wajah yaitu selalu gunakan pelembap setelah scrubbing. Dengan menggunakan pelembab, kulit wajah akan tetap ternutrisi dan terhidrasi setelah scrubbing menghilangkan sel-sel kulit mati. Pelembab yang diaplikasikan juga akan lebih mudah terserap pada kulit setelah dibersihkannya sel-sel kulit mati.


(Baca Juga: Jangan Keliru, Ini 7 Tips Memilih Skincare untuk Pemula!)


Sekarang kamu telah mengetahui cara menggunakan scrub wajah yang benar! Semoga membantu!




(Penulis: Larasati Emiri)


Hair & beauty