Hair & beauty

Jangan Keliru, Ini 7 Tips Memilih Skincare untuk Pemula!

By : Her World Indonesia - 2023-09-05 14:00:01 Jangan Keliru, Ini 7 Tips Memilih Skincare untuk Pemula!

Saat ini, ada beragam produk skincare yang semuanya mengklaim mampu mengatasi permasalahan kulit tertentu dengan efektif. Meskipun begitu, tidak semua produk skincare mampu memberikan hasil yang kamu harapkan. Alih-alih mendapatkan kulit yang lebih sehat dan bercahaya, salah pilih produk skincare bisa membuat kulit kamu kemerahan, muncul jerawat, timbul rasa gatal dan perih, kulit kering dan terkelupas. Itu adalah tanda-tanda tidak cocok skincare yang paling umum. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan setiap produk skincare sebelum menggunakannya. 

Bagi para pemula yang cenderung masih kesulitan dalam menentukan produk skincare mana yang tepat, sangat penting untuk mengetahui tips memilih skincare untuk pemula berikut ini: 

1. Kenali jenis kulit


Tips memilih skincare untuk pemula yang pertama, yaitu mengenali dan memahami jenis kulit, baik itu kulit normal, kering, berminyak, sensitif, atau kombinasi. Faktanya, jenis kulit satu orang dengan orang lain akan sangat berbeda. Satu produk bisa saja cocok dengan jenis kulit tertentu, tapi tidak cocok untuk jenis kulit lainnya. Pemilihan produk skincare yang disesuikan dengan jenis kulit akan membantumu mengatasi masalah kulit yang dialami, dan mendapatkan kulit yang lebih sehat dan bercahaya. 


2. Pahami permasalahan kulit


Selain memahami jenis kulit, penting juga untuk memahami permasalahan kulit yang sedang kamu alami. Terlebih, semua orang dengan berbagai jenis kulit memiliki kebutuhan yang beragam dengan permasalahan kulit yang berbeda-beda. Ada berbagai permasalahan kulit yang seringkali dialami, seperti jerawat, kulit berminyak, komedo, flek hitam, kulit kusam, kulit kering, atau lainnya. Oleh karena itu, kamu wajib memilih produk skincare yang disesuaikan dengan jenis dan permasalahan kulitmu sendiri. Terkadang, kulit wajah dapat mengalami beberapa masalah kulit sekaligus, kamu mungkin perlu mengombinasikan produk skincare dengan dua kandungan skincare yang berbeda. Tapi perhatikan, ada beberapa kandungan skincare yang tidak dapat dicampur. 



3. Mulai dari basic skincare


(Tips memilih skincare untuk pemula. Foto: Dok. Linda Prebreza/Pexels)

Kamu mungkin tergoda untuk menerapkan rutinitas skincare panjang yang disebut-sebut bisa memberikan hasil yang maksimal. Namun sebagai pemula, sebaiknya mulailah dari basic skincare. Hal tersebut dilakukan untuk menilai apakah  skincare tersebut cocok atau tidak di kulitmu. Basic skincare yang dimaksudkan di sini adalah facial wash, toner, pelembab (moisturizer), dan sunscreen di pagi hari. Kamu mungkin juga memerlukan eksfoliasi minimal 1-2 kali seminggu, baik itu menggunakan chemical exfoliator atau physical exfoliator untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi sel kulit. 


4. Baca label dan bahan


Sebagai pemula, kamu juga harus rajin membaca label dan memperhatikan bahan-bahan yang digunakan dalam produk skincare. Hal ini sangat penting untuk menghindari kulit dari reaksi alergi dan iritasi. Jika masih ragu menggunakan produk skincare dengan kandungan bahan aktif, kamu bisa mencari produk skincare dengan kandungan bahan alami yang cenderung lebih baik dan aman untuk kulit. Beberapa kandungan bahan alami yang cukup umum dalam produk skincare, seperti aloe vera, chamomile, atau tea tree oil. Sementara beberapa kandungan bahan aktif yang cukup umum dalam produk skincare, seperti vitamin C, retinol, niacinamide, hyaluronic acid, atau salicylic acid


Selain itu, perhatikan juga apakah bahan yang terkandung dalam produk skincare aman dan sudah mendapatkan label BPOM. Cermati tanggal kadaluwarsa yang tertera dan jangan sampai tertipu oleh harga skincare yang murah. Pastikan kamu membeli produk skincare yang original, ya. 


5. Beli ukuran mini


(Tips memilih skincare untuk pemula. Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)

Sebelum membeli produk skincare berukuran besar, sebagai permulaan, belilah produk skincare yang berukuran mini atau travel size terlebih dahulu. Ini dimaksudkan agar kamu bisa mencoba produk skincare tersebut, dan melihat efektivitasnya di kulit kamu. Jika tidak cocok dengan produk skincare tersebut, kamu dapat langsung menggantinya dan tidak menyesal menyia-nyiakan sisa produk skincare. Sebaliknya, jika cocok dengan produk skincare tersebut, maka kamu dapat terus menggunakannya dan membelinya dalam ukuran yang lebih besar (full size). 


6. Lakukan patch test


Saat mencoba produk skincare baru, ada baiknya kamu lakukan patch test terlebih dahulu pada sebagian kecil area kulit. Dengan cara ini, kamu dapat memastikan suatu produk skincare tersebut benar-benar aman di kulit kamu dan tidak menimbulkan reaksi alergi pada kulit, seperti iritasi, rasa gatal, dan kemerahan. Kamu bisa melakukan patch test di belakang telinga 

Sebelum mengaplikasikan produk skincare lebih rutin, ada baiknya kamu melakukan uji coba pada sebagian kecil kulit. Dengan cara ini, dapat dipastikan tidak ada reaksi negatif yang terjadi pada kulit seperti iritasi atau kemerahan.
Beberapa tempat pada kulit seperti belakang telinga atau lengan bagian dalam. Amati reaksi yang terjadi pada kulit setelah 24 jam pengaplikasian. Jika tidak ada reaksi berlebih, kamu dapat mengaplikasikan produk di area wajah kamu. 

Tentunya, menggunakan produk skincare harus dilakukan secara rutin dengan dosis yang tepat sesuai dengan anjuran dan saran pemakaian. Dengan demikian, hasil yang didapatkan juga akan lebih maksimal.


7. Konsultasikan dengan ahlinya


Satu lagi tips memilih skincare untuk pemula, yaitu dengan mengkonsultasinya langsung dengan ahlinya, dokter kecantikan kulit, misalnya. Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter kecantikan kulit mengenai jenis kulit, permasalahan kulit, dan produk skincare yang tepat untuk kulit kamu. Dokter mungkin juga akan memberikan beberapa tips merawat kulit dengan baik untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat dan bercahaya. 




Itu dia tips yang bisa kamu terapkan dalam memilih skincare sebagai pemula. Semoga bermanfaat!




(Penulis: Calvin)

Hair & beauty