Sex & relationship

Ini 4 Pertanyaan Wajib Ditanya ke Diri Sendiri Sebelum Nikah

By : Vanessa Masli - 2023-09-25 10:00:01 Ini 4 Pertanyaan Wajib Ditanya ke Diri Sendiri Sebelum Nikah

Mungkin kamu sudah menjalin hubungan lama dengan pasanganmu atau merasa sudah memasuki fase ketika pernikahan jadi salah satu hal yang dipertimbangkan, tapi apakah ini jadi alasan yang tepat untuk akhirnya memutuskan menikah dengan pasanganmu. Kalau memang iya, enggak ada salahnya melanjutkan hubungan kamu dan dia ke jenjang yang lebih serius.


Namun sebelum menikah, enggak ada salahnya juga untuk kembali ke diri sendiri dan bertanya (selain kamu bertanya ke pasangan). Selain bertanya ‘apakah dia orang yang tepat untukmu?’, Her World sudah merangkum beberapa pertanyaan yang wajib kamu tanyakan ke diri sendiri sebelum mengucapkan janji pernikahan. Penasaran apa saja?


1. Apa alasanmu memilih dia jadi pasangan hidup?


Kamu berjalan ke pelaminan dengan komitmen untuk menghabiskan sisa hidup bersama satu orang. Penting rasanya untuk bertanya ke dalam hati tentang alasan kamu memilihnya jadi pasangan hidup. Alasanmu membuat keputusan untuk menikahinya. Pastikan saat bertanya pada diri sendiri, kamu enggak hanya menemukan jawabannya tapi keyakinan dalam jawaban tersebut.


2. Apakah kehadirannya membuat kamu jadi lebih baik?


Saat meresmikan hubungan menjadi suami dan istri, kalian berdua mengucapkan janji untuk selalu bersama dalam untung dan malang. Jadi, kamu dan dia sama-sama siap menjadi suporter utama dalam kehidupan satu sama lain, sekaligus juga bahu pertama saat satu sama lain dilanda kesulitan hidup.


Nah, coba tanyakan pada diri dan lihat kembali dalam hubunganmu sekarang, apakah dia senang saat kamu mencapai sesuatu atau justru kerap merasa terintimidasi dan malah menyepelekan keberhasilanmu?



(Kamu akan jalani hidup dengan satu orang, kamu siap? Foto: Dok. Dimitri Kuliuk/Pexels)


(Baca Juga: 6 Pertanyaan Ini Wajib Kamu Tanya Sebelum Menikah)


3. Apakah kamu nyaman menghabiskan waktu bersama?


Enggak hanya nyaman saat kalian berbicara atau bertukar pikiran, tapi saat diam apakah kamu menemukan kenyamanan di dalamnya. Kamu akan menjalani banyak waktu bersamanya dan enggak selalu diisi dengan obrolan. Ada masanya kamu dan dia sama-sama lelah sehingga enggak banyak kata terucap, tapi saat keduanya hening, kamu tetap bisa nyaman berada di sisinya dan enggak merasa canggung.


4. Apakah kamu sudah mengenali diri sendiri dengan baik?


Selagi kamu belum menikah, gunakan waktu semaksimal mungkin untuk berkenalan dengan diri sendiri. Jawaban atas pertanyaan ‘apakah dia orang yang tepat untuk jadi pasangan hidupmu?’ yang kerap kamu lontarkan dalam hati belum tentu bisa terjawab kalau kamu sendiri belum sepenuhnya mengenal diri sendiri. Rasanya pertanyaan ini menjadi penting karena saat kamu sudah mengenal dirimu, apapun keputusan yang diambil juga bisa kamu jalani dengan yakin.


(Baca Juga: 4 Tips Seks Saat Malam Pertama bagi Pengantin Baru)


Beberapa pertanyaan di atas yang mungkin bisa kamu tanyakan ke diri sendiri sebelum akhirnya resmi menikah dengan pasanganmu. Semoga bermanfaat!


Sex & relationship