Fashion

Ayumi Kembali Menampilkan Koleksi Terbarunya di NYFW 2024

By : Her World Indonesia - 2023-09-22 15:50:01 Ayumi Kembali Menampilkan Koleksi Terbarunya di NYFW 2024

Ayumi, brand dari perancang busana muda bernama Marina Christyanti Ayumi menamplikan karya-karyanya kembali untuk kedua kalinya di ajang mode berkelas dunia, New York Fashion Week (NYFW) Spring/Summer Collections 2024 pada tanggal 13 September 2023 tepatnya di The Gallery – Spring Studios, New York, Amerika Serikat.


Ayumi berkesempatan untuk ikut serta melalui wadah Indonesia Now yang merupakan perantara para perancang busana dengan International Management Group (IMG) selaku produser resmi NYFW. Acara NYFW runway menampilkan peragaan busana dari berbagai fashion designers yang dapat dinikmati langsung oleh para undangan khusus dan juga lewat live streaming.


(Baca Juga: LUMINE Ashta Hadirkan Konsep dan Koleksi Terbaru asal Jepang)



(Peragaan busana NYFW 2024 menampilkan koleksi terbaru dari Ayumi. Foto: Dok. Ayumi)


Koleksi terbaru dari Ayumi kali ini terinspirasi dari musik pop dengan gaya berpakaian yang melekat dalam keseharian Ayumi di masa remajanya pada era 90an. Kemudian, Ayumi menggarap Songket sebagai bahan utama yang dijadikan sebagai referensi kultur untuk mengedepankan gagasan modenya yang bertajuk “A Pop of Culture” dalam koleksi yang dipersembahkan ini.


Koleksi “A Pop of Culture” terdiri dari dua subtema yaitu A Pop of Color dan A Pop of Culture. Tema A Pop of Color menampilkan warna-warna yang terang seperti Fuchsia, Hijau Limau, Ungu, Biru Terang, Coklat Muda, dan Nude. Sementara itu, A Pop of Culture menampilkan akulturasi budaya dari gaya pop musik tahun 90an seperti Britney Spears dan Jennifer Lopez. Ayumi mengombinasikan unsur-unsur pop ini dalam konsep busananya.


(Peragaan busana NYFW 2024 menampilkan koleksi terbaru dari Ayumi. Foto: Dok. Ayumi)


Selain itu, Ayumi juga bekerja sama dengan para pengrajin perempuan untuk mendukung dan mengangkat unsur budaya bahan tradisional agar tampak lebih modern dalam fashion industry Tanah Air. Ayumi memilih menggunakan Songket Minang yang dipesan khusus dari pengrajin UMKM Pandai Sikek Sumatera Barat sebagai bahan utama untuk 10 set koleksi yang ditampilkan.


Dalam proses merancangnya, Ayumi menyusun detail ornamen mutiara air tawar sedemikian rupa di atas kain Songket dan mendramatisasi desainnya. Lalu, kain Songket tersebut dirangkai dengan satin silk dan renda menjadi gaun cocktail selutut yang ramping dan seksi dalam warna fuchsia, rok gelembung aristokratis berwarna ungu, ditambah dengan korset-korset, dan lain lain.


(Baca Juga: Nantikan! Koleksi Ivan Gunawan Prive di London Fashion Week)


Melalui koleksinya, Ayumi menampilkan rancangan busananya dalam nuansa modern yang rapi dan cantik dilengkapi dengan sentuhan Songket tradisional dalam bentuk korset yang merepresentasikan keindahan budaya Tanah Air.




(Penulis: Larasati Emiri)

Fashion