Hair & beauty

Bahaya! Hindari Mencampur Retinol Dengan 4 Bahan Ini

By : Her World Indonesia - 2023-09-21 16:00:02 Bahaya! Hindari Mencampur Retinol Dengan 4 Bahan Ini

Sekarang ini sedang ramai pemakaian retinol yang dikenal lebih efektif untuk berbagai macam masalah kulit, khususnya anti-aging. Retinol sendiri merupaka bentuk vitamin A yang bisa kamu temukan di makanan dan sering digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit wajah. Retinol memiliki fungsi yang dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak dan tanda-tanda penuaan di wajah. Seperti yang sudah disebut di awal, retinol juga dapat mengatasi beberapa masalah kulit wajah, hal ini memang menggemparkan banyak orang dan akhirnya berbondong-bondong membeli dan menggunakan retinol sebagai salah satu rutinitas skincare malam sebelum tidur. 


Namun tahukah kamu kalau retinol dapat berbahaya jika penggunaannya salah. Retinol juga memiliki efek samping yaitu dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi. Efek samping tersebut besar kemungkinan terjadi jika kamu baru memakai retinol, namun jangan takut karena kemerahan tersebut bisa mereda dengan sendirinya dalam beberapa minggu karena kulitmu perlu beradaptasi dengan retinol.


Adapun bahan-bahan yang tidak dapat dicampur dengan retinol jika kamu skincare-an. Yuk, simak apa saja bahan yang tidak dapat digabung penggunaannya dengan retinol.


1. Alpha Hydroxy Acid (AHA)



(AHA bahan aktif yang berbahaya untuk retinol. Foto: Dok. KoolShooters/Pexels)


AHA adalah kelompok asam yang ditemukan alami dalam makanan seperti retinol. AHA juga memiliki fungsi yang mirip dengan retinol yaitu mencegah tanda-tanda penuaan dini. Retinol dan AHA dapat mempercepat pergantian sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Sayangnya, AHA tidak dapat digabung dengan retinol karena keduanya dapat membuat kulit anda mengelupas dan dapat menyebabkan iritasi. Jika kamu ingin menggunakan produk anti penuaan pastikan kamu hanya memakai salah satu dari keduanya ya.


(Baca Juga: Jangan keliru! Ini 5 Tahap Dalam Memakai Exfoliating Serum)


2. Vitamin C



(Vitamin C baik digunakan saat pagi. Foto: Dok. Taryn Elliott/Pexels)


Vitamin C adalah bahan paling efektif dalam lingkungan pH asam yang dimana bahan tersebut sulit untuk diformulasikan. Retinol sendiri dapat bekerja pada pH yang lebih basa ata yang lebih tinggi. Nah, jika vitamin C digabung pemakaiannya dengan retinol maka retinol tidak dapat bekerja dengan maksimal.


Jika kamu ingin tetap memakai vitamin C didalam rutinitas skincare-mu, pastikan kamu menggunakan vitamin C diwaktu yang berbeda. Kamu dapat menggunakan Vitamin C di pagi hari sebelum beraktivitas lalu kamu dapat menggunakan retinol di malam hari. 


3. Asam salisilat



(Atasi kulit jerawat dengan asam salisilat. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)


Bagi kamu yang memiliki masalah kulit dengan jerawat, pasti kamu tahu untuk membasminya kamu perlu menggunakan asam salisilat. Namun asam salisilat tidak dapat digabung dengan retinol karena keduanya merupakan kandungan skincare yang membuat kulitmu kering dan memicu iritasi. Jika memakai keduanya secara bersama maka kulit bekerja keras untuk mengatasi kekeringan pada kulitmu dengan cara memproduksi minyak yang lebih banyak. Nah, jika kamu pakai keduanya akan muncul masalah yang berputar tanpa henti antara kulit kering dan jerawat yang sulit dihentikan.


(Baca Juga: 5 Rekomendasi Toner Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat)


4. Benzoil Peroksida



(Pori-pori tersumbat hindari jerawat. Foto: Dok. Radiance Beauva/Pexels)


Retinol memiliki manfaat untuk anti-aging dan menghilangkan jerawat yang kuat karena cara kerja retinol yang mengelupaskan kulit kamu untuk menghindari pori-pori tersumbat. Lalu manfaat benzoil peroksida adalah bahan yang menonaktifkan molekul yang terdapat di retinol. Jadi jika kamu ingin menggunakan retinol sebagai skincare untuk jerawat kamu tapi kamu juga memakai benzoil peroksida, kamu akan mendapatkan hasil yang sebaliknya. Solusinya sama dengan penggunaan vitamin C, yaitu gunakan diwaktu yang berbeda. Gunakan benzoil peroksida di pagi hari dan gunakan retinol di malam hari. 



Itu dia bahan-bahan yang dapat membuat penggunaan retinolmu berbahaya. Jangan lupa pastikan wajah kamu bersih dan gunakan pelembap ya agak tidak terjadi kekeringan yang parah di kulit kamu. Gunakan juga sunscreen di pagi hari setelah kamu menggunakan retinol, karena paparan sinar matahari berbahaya untuk kulit wajahmu yang telah memakai retinol.




Hair & beauty