Hair & beauty

Jangan keliru! Ini 5 Tahap Dalam Memakai Exfoliating Serum

By : Her World Indonesia - 2023-09-01 15:00:01 Jangan keliru! Ini 5 Tahap Dalam Memakai Exfoliating Serum

Melakukan eksfoliasi kulit dapat menjadi game changer untuk kulit kamu. Baik kamu yang ingin memperbaiki tekstur kulit, mengurangi hiperpigmentasi, menghilangkan jerawat, atau mencerahkan kulit, skincare seperti exfoliating serum dapat membantu kamu untuk mencapai tujuan perawatan kulit kamu. Semua jenis kulit bisa mendapatkan benefit dari melakukan eksfoliasi kulit jika dilakukan secara teratur. Exfoliating serum biasanya memiliki campuran dengan bahan-bahan yang dapat menghidrasi dan menenangkan kulit yang sangat berguna bagi kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif.


Serum eksfoliasi biasanya menggunakan senyawa asam seperti alpha hydroxy acids (AHA) atau beta hydroxy acids (BHA) yang bekerja dengan cara menembus lapisan kulit, memecahkan sel-sel mati dan membuat kulit bersih dan bercahaya. AHA yang paling umum digunakan yaitu asam laktat dan asam glikolat yang membantu meregenerasi sel kulit yang lebih cerah dan sehat. Lalu, BHA yang sering digunakan yaitu asam salisilat. Namun, BHA berbeda dengan AHA karena BHA larut dalam minyak dan dapat menembus permukaan kulit yang dapat memperbaiki pori-pori kulit, membersihkan sel kulit mati dan meredakan kemerahan yang diakibatkan jerawat. Jika exfoliating serum yang kamu gunakan mengandung satu atau lebih bahan aktif ini artinya termasuk dalam chemical exfoliant.


Simak terlebih dahulu tahap-tahap yang harus kamu lakukan sebelum dan sesudah menggunakan serum eksfoliasi yang Her World sudah rangkum untuk kamu!


1. Membersihkan kulit wajah

(Membersihkan muka tahap sebelum menggunakan exfoliating serum. Foto: Dok. Miriam Alonso/Pexels)


Mulailah dengan membersihkan kulit wajah kamu menggunakan facial wash yang lembut. Langkah pertama ini penting dilakukan sebelum mengaplikasikan serum. Dengan cara ini, serum dapat bekerja dan menyerap dengan baik ke dalam pori-pori. Jika kamu tidak membersihkannya sebelum menggunakan produk perawatan kulit lainnya, produk tersebut dapat bekerja pada kulit wajah secara efektif. Maka dari itu, kamu dapat memaksimalkan manfaat eksfoliasi hanya dengan memulai dengan pembersihan.

 

2. Eksfoliasi


Ketika kulit kamu masih cukup lembap, aplikasikan exfoliating serum yang sudah dipastikan cocok untuk tipe kulit kamu secara tipis pada permukaan kulit dari wajah sampai leher dan pijat secara perlahan. Lalu, pastikan serum sudah diaplikasikan secara merata. Hindari mengaplikasikan exfoliating serum terlalu banyak karena dapat membuat kulit menjadi iritasi dan menyebabkan masalah seperti kemerahan dan pengelupasan. Biarkan serum meresap terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.


(Baca Juga: Tak Cuma Buat Harum, Ini Manfaat Parfum Rambut & Rekomendasi)


3. Menggunakan moisturizer

(Mengaplikasikan moisturizer setelah menggunakan exfoliating serum. Foto: Dok. Greta Hoffman/Pexels)


Tahap selanjutnya setelah melakukan eksfoliasi, gunakan krim atau serum wajah yang menutrisi dan menghidrasi kulit untuk mencegah kulit wajah menjadi kering. Jika kamu memiliki kulit kering atau menua, sebaiknya gunakan krim karena akan menyegel produk serta meningkatkan hidrasi yang tahan lama. Namun, jika kamu memiliki kulit berminyak atau rentan berjerawat, tetap gunakan pelembap yang lebih ringan atau serum yang menghidrasi untuk menjaga kelembapan kulit tanpa menyumbat pori-pori dan memicu munculnya jerawat dan sebum.


4. Memakai sunscreen


Selanjutnya aplikasikan sunscreen sebagai langkah terakhir. Tabir surya adalah skincare yang tidak boleh terlewatkan atau terlupakan dan sangat penting jika kamu menggunakan serum eksfoliasi di pagi atau siang hari. Walaupun kamu tidak sedang menggunakan exfolitating serum, kamu harus tetap menggunakan sunscreen. Sinar UV selalu ada ketika cuaca terik maupun berawan yang membuat kulit kamu rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari dan penuaan dini. Karena itu, kamu perlu memiliki SPF dengan spektrum luas yang berkualitas untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.


5. Hindari skincare bahan aktif


Jika kamu sedang menggunakan exfoliating serum, sebaiknya jangan menggunakan skincare lain yang memiliki kandungan berbahan aktif dan kuat. Hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi atau kemerahan dan juga menjadi sensitif. Masalah ini biasanya timbul setelah melakukan eksfoliasi karena terlalu banyak bahan kimia yang diaplikasikan pada kulit. Sebaiknya setelah melakukan eksfoliasi, kulit perlu beristirahat terlebih dahulu dan biarkan sembuh secara perlahan. Kamu dapat memberikan jeda selama dua sampai tiga hari sebelum menggunakan skincare berbahan aktif lainnya. Selain itu, jangan eksfoliasi terlalu sering karena kulit wajah juga perlu menyesuaikan.



(Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Skin Barrier Kamu Rusak dan Cara Memperbaikinya)



Itulah tahap-tahap menggunakan exfoliating serum yang tidak boleh kamu lewatkan! Semoga bermanfaat!



(Penulis: Larasati Emiri)

Hair & beauty