Hair & beauty

Tak Cuma Buat Harum, Ini Manfaat Parfum Rambut & Rekomendasi

By : Fariza Rahmadinna - 2023-08-26 14:00:01 Tak Cuma Buat Harum, Ini Manfaat Parfum Rambut & Rekomendasi

Menyemprotkan parfum ke pergelangan tangan atau belakang telinga, itu sudah biasa! Tapi bagaimana jika menyemprotkan parfum di rambut? Bukan dengan menggunakan parfum yang biasa kamu gunakan, tapi menggunakan parfum khusus rambut. Sebenarnya, itu bukanlah inovasi terbaru. Parfum rambut adalah salah satu produk perawatan rambut yang diformulasikan khusus untuk membuat rambut lebih harum, shiny, lembap, mudah diatur, dan lembut. 


Berikut ini semua yang perlu kamu ketahui tentang parfum rambut, termasuk manfaat parfum rambut dan rekomendasi parfum rambut terbaik. Simak!


Apa itu parfum rambut? 


(Photo by Freepik)


Parfum rambut—sesuai namanya—adalah parfum yang memang diformulasikan khusus untuk digunakan pada rambut. Tidak seperti parfum biasa, parfum rambut biasanya mengandung lebih sedikit alkohol, atau tidak sama sekali, untuk mencegah kerusakan dan kering pada untaian rambut. Selain itu, parfum rambut juga biasanya mengandung keratin yang baik untuk kesehatan kulit kepala dan rambut. Bahkan, beberapa produk parfum rambut dilengkapi dengan kandungan bahan-bahan alami seperti camellia oil, argan oil, castor oil, coconut oil, atau aloe vera


Manfaat Parfum Rambut


Parfum rambut adalah jenis wewangian yang dapat memberikan aroma pada rambut. Namun, tak hanya membuat rambut lebih harum, manfaat parfum rambut paling utama yaitu dapat menutrisi dan mengunci kelembapan rambut. “Parfum rambut dapat memberikan aroma yang menyenangkan sekaligus memberikan protein dan oil ke rambut yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut,” kata Kasper Heemskerk, Direktur Pendidikan Internasional Balmain Hair Couture.


Selain itu, parfum rambut juga bermanfaat untuk melindungi rambut dari paparan berbagai faktor lingkungan seperti polusi, debu, dan keringat. Itu dapat membantu menetralkan bau tak sedap yang mungkin timbul dari kulit kepala dan rambut, menjadikannya solusi yang bagus untuk mencegah bau rambut dan membuatnya tetap segar sepanjang hari. 


Kasper menambahkan, “parfum rambut tidak terbatas hanya untuk jenis atau tekstur rambut tertentu. Parfum rambut dapat digunakan oleh semua jenis rambut, dibuat sebagai tahapan akhir untuk melengkapi rutinitas perawatan rambut, yang membuatnya lebih harum, menambah kilau, melembapkan rambut, lebih mudah diatur, dan lembut.”


Cara memakai parfum rambut


Kasper mengatakan, “waktu terbaik memakai parfum rambut adalah setelah menyelesaikan semua rutinitas perawatan rambut, atau gunakan sebagai tahapan terakhir.” “Caranya, cukup semprotkan parfum rambut secara merata ke seluruh rambut dari jarak sekitar 20 sampai 30 sentimeter,” tambahnya. 


(Baca Juga: Mau Punya Rambut Tebal? Ini 7 Hair Care untuk Rambut Rontok)


Rekomendasi parfum rambut terbaik


Jika kamu sedang mencari rekomendasi parfum rambut terbaik, ini beberapa parfum rambut atau hair mist favorit Her World, termasuk:


1. The Body Shop – Lemon Hair Mist


(Rekomendasi parfum rambut. Foto: Dok. thebodyshop.co.id)


Ini adalah hair mist keluaran The Body Shop yang mengandung organic lemon oil. Tak hanya dapat memberikan keharuman menyegarkan dengan aroma lemon yang segar dan mewah, Lemon Hair Mist ini juga mampu menghilangkan bakteri penyebab bau tidak sedap pada rambut. Selain itu, lemon oil juga dikenal baik untuk mengurangi ketombe, mengurangi kerontokan rambut, dan dapat membuat rambut lebih berkilau dan lebih kuat. 


2. Dior – Miss Dior Hair Mist


(Rekomendasi parfum rambut. Foto: Dok. sephora.co.id)


Miss Dior Hair Mist ini diperkaya dengan bahan aktif yang mampu melindungi rambut dari agresor eksternal seperti sinar UV dan polusi, menjaga rambut tetap segar, dan memberikan aroma sensual, mewah, anggun, dan menggoda—bayangkan aroma Miss Dior Blooming Bouquet Eau de Toilette. Ini juga bisa membuat rambut kamu tampak lebih berkilau. 


3. Yves Rocher Raspberry Peppermint Perfumed Body and Hair Mist



(Rekomendasi parfum rambut. Foto: Dok. yvesrocher.ca)


Raspberry Peppermint Perfumed Body and Hair Mist dari Yves Rocher ini diperkaya dengan kombinasi peppermint essential oil dan raspberry extract, menciptakan mist dengan aroma menyegarkan dan energizing untuk tubuh dan rambut. 


Studi menemukan bahwa peppermint essential oil dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, sementara raspberry extract bagus untuk kesehatan rambut dan kulit kepala, mengurangi ketombe, dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang lebih kuat.


4. Bvlgari Rose Goldea Blossom Delight Hair Mist


(Rekomendasi parfum rambut. Foto: Dok. zalora.co.id) 


Memiliki aroma yang sama dengan Bvlgari Rose Goldea Eau de Toilette, Bvlgari Rose Goldea Blossom Delight Hair Mist ini juga menawarkan aroma Bulgarian Rose Absolute kombinasi lily dan white musk yang lembut, menyegarkan, dan mewah. 


(Baca Juga: 5 Suplemen Vitamin Paling Manjur atasi Rambut Rontok)


Itulah semua yang perlu kamu ketahui tentang parfum rambut, termasuk manfaat parfum rambut dan rekomendasi parfum rambut terbaik. 



Hair & beauty