Hair & beauty

Memakai Serum Dulu Atau Cream Dulu? Ini Penjelasannya!

By : Her World Indonesia - 2023-08-31 13:00:01 Memakai Serum Dulu Atau Cream Dulu? Ini Penjelasannya!

Kebiasaan skincare secara rutin sangat penting untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Selain memilih produk skincare yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit kamu, memastikan urutan pemakaian skincare yang benar juga jadi satu hal lain yang tidak kalah penting. Dengan begitu, produk skincare yang kamu gunakan bisa bekerja secara optimal. Lantas, bagaimana urutan pemakaian skincare yang benar? Serum dulu atau cream dulu? Ini penjelasannya buat kamu!


1. Membersihkan wajah

(Urutan pemakaian skincare yang benar. Photo by Ron Lach on Pexels)


Langkah pertama dalam urutan pemakaian skincare yang benar, yaitu dengan memastikan wajah kamu benar-benar bersih dari semua kotoran dan minyak berlebih sebelum mengaplikasikan produk skincare setelahnya. Wajah yang bersih akan membuat produk skincare yang kamu gunakan setelahnya lebih mudah menyerap dan dapat bekerja secara lebih optimal. Pilih dan gunakan facial wash yang gentle, tidak membuat iritasi, tidak membuat kulit terasa kering dan kencang, dan sesuai dengan jenis kulit kamu. 


Jika sehari-hari kamu menggunakan makeup, membersihkan wajah hanya dengan facial wash saja tidak cukup. Kamu disarankan melakukan double cleansing, yakni cara membersihkan wajah dengan dua tahap pembersihan. Pertama, bersihkan semua sisa riasan wajah menggunakan make up remover seperti cleansing oil atau micellar water. Selanjutnya yang kedua, bersihkan kembali wajah menggunakan facial wash. Dengan begitu, wajah akan benar-benar bersih dari sisa makeup, kotoran, dan minyak berlebih yang menempel, dan kulit wajah pun jadi lebih siap menyerap produk skincare setelahnya. 


2. Toner


Setelah wajah benar-benar bersih, lanjutkan dengan mengaplikasikan toner. Toner berfungsi untuk membersihkan pori-pori secara mendalam dari sisa produk pembersih yang mungkin masih menempel sekaligus mengembalikan keseimbangan pH kulit. Pilih dan gunakan toner sesuai dengan jenis kulit kamu. Misalnya, toner dengan kandungan rose water, hyaluronic acid, dan glycerin, sangat bagus untuk kulit kering dan sensitif karena mampu menghidrasi kulit dengan lembut. Untuk toner dengan kandungan salicylic acid dan tea tree sangat bagus untuk kulit berminyak atau rawan berjerawat, karena mampu mengontrol produksi minyak di wajah dan membersihkan pori-pori secara mendalam untuk mencegah pertumbuhan jerawat. 

Untuk mengaplikasikan toner, tuangkan beberapa tetes toner pada telapak tanga atau pada kapas, kemudian usapkan dan tepuk-tepuk secara lembut pada wajah dan leher secara merata.


3. Serum


(Urutan pemakaian skincare yang benar. Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)


Satu pertanyaan yang sering ditanyakan, serum atau cream dulu? Jawabannya adalah serum dulu! Sederhananya, aplikasikan produk skincare sesuai dengan konsistensinya, dari yang paling light atau cair hingga yang paling tebal atau thick. Jika diperhatikan, konsistensi serum lebih light dibandingkan dengan cream, jadi urutan pemakaian skincare yang benar adalah serum dulu barulah gunakan produk cream setelahnya. 


Dalam memilih serum, kamu juga perlu memperhatikan jenis dan masalah kulit yang sedang kamu alami. Serum terdiri dari molekul-molekul kecil yang bisa masuk ke dalam kulit hingga ke lapisan paling dalam, sehingga dapat langsung bekerja mengatasi masalah kulit tertentu dengan lebih maksimal. Untuk mengaplikasikan serum, tuangkan beberapa tetes serum ke telapak tangan atau langsung ke wajah, kemudian usapkan pada wajah secara merata dan lembut. 


(Baca Juga: Urutan Skincare Malam yang Tepat, Jangan Sampai Keliru!)


4. Eye cream


Langkah berikutnya yaitu menggunakan krim mata atau eye cream. Area mata cenderung lebih tipis sehingga memerlukan produk skincare khusus, untuk menambah lebih banyak kelembapan sekaligus mampu menghaluskan kulit di sekitar mata dan mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti lingkaran hitam, garis-garis halus, dan keriput. Kamu dapat mengoleskan eye cream secukupnya di sekitar mata sambil dipijat lembut. Bisa juga tambahkan penggunaan eye sleeping mask dan eye mask satu sampai dua kali seminggu sebagai perawatan kulit tambahan. 


5. Moisturizer


(Urutan pemakaian skincare yang benar. Foto: Dok. Sora Shimazaki/Pexels)


Langkah terakhir yakni mengaplikasikan pelembap atau moisturizer. Sesuai namanya, jenis produk skincare ini berfungsi untuk mengunci kelembapan di kulit. Menggunakan pelembap tidak terbatas hanya untuk jenis kulit tertentu, tetapi semua jenis kulit, termasuk jenis kulit berminyak sekalipun juga wajib menggunakan pelembap. Menggunakan pelembap secara rutin juga dapat mencegah kulit terlalu kering atau pun terlalu berminyak. Bagi pemilik kulit kering, pilihlah pelembap bertekstur krim ringan yang mampu memberi lebih banyak kelembapan pada kulit. Sementara bagi pemilik kulit berminyak cenderung berjerawat, pilihlah pelembap berbahan dasar air (water based) dan bertekstur gel, karena lebih cepat menyerap, ringan, dan tidak menyumbat pori-pori wajah. 


Mengapa serum digunakan sebelum cream?


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aplikasikan produk skincare sesuai dengan konsistensinya, dari yang paling light atau cair hingga yang paling tebal atau thick. Pada dasarnya, serum memiliki tekstur yang lebih ringan serta konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan cream. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa serum sebaiknya digunakan terlebih dahulu jika dibandingkan dengan krim. Menggunakan serum dulu baru cream dapat membantu kulit menyerap bahan aktif yang ada di dalam serum dengan lebih baik. Itu artinya, bahan-bahan aktif yang ada pada serum dapat bekerja secara lebih optimal mengatasi masalah kulit tertentu. Bahkan, bahan-bahan aktif dalam serum juga dapat memberi perlindungan sekaligus pemulihan pada kulit. 


Sebaliknya, jika kamu menggunakan produk cream terlebih dahulu sebelum serum, itu bisa menghalangi bahan aktif dalam serum terserap dengan baik ke kulit. Inilah yang membuat serum tidak bisa bekerja secara optimal untuk menargetkan masalah kulit tertentu dan memberikan proteksi sesuai kebutuhan kulit.


(Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Skin Barrier Kamu Rusak dan Cara Memperbaikinya)


Itulah penjelasan lengkap mengenai urutan pemakaian skincare yang benar, sekaligus menjawab pertanyaan apakah lebih baik memakai serum dulu atau cream di dalam rutinitas perawatan kulit. Untuk urutan pemakaian skincare pagi hari, tambahkan penggunaan sunscreen, setidaknya 30 menit sebelum beraktivitas. 




(Penulis: Calvin)

Hair & beauty