Hair & beauty

Urutan Skincare Malam yang Tepat, Jangan Sampai Keliru!

By : Her World Indonesia - 2023-08-16 19:00:02 Urutan Skincare Malam yang Tepat, Jangan Sampai Keliru!

Ternyata masih banyak, lho, orang yang sudah melakukan ritual skincare malam setiap harinya tapi belum berhasil menghasilkan manfaat yang signifikan terhadap kesehatan kulit wajah. Nah, bagi kamu yang juga menghadapi kendala ini, bisa jadi urutan skincare malam yang kamu terapkan masih kurang tepat sehingga hasilnya tidak maksimal. Her World telah merangkum urutan rangkaian penggunaan skincare malam yang tepat buatmu. Yuk, simak pembahasannya!


1. Makeup remover

Setelah wajahmu menggunakan kosmetik seharian saat beraktivitas, kamu perlu membersihkannya secara tuntas agar manfaat skincare yang kamu gunakan nanti bisa maksimal. Membersihkan wajah dengan sabun cuci muka saja tidak akan cukup karena belum tentu bisa mengangkat seluruh kosmetik dari wajah dengan menyeluruh. Kamu perlu memakai makeup remover yang memang didesain khusus untuk membersihkan wajah dari sisa kosmetik hingga residu-residunya. Kamu bisa memilih makeup remover dengan bahan dasar minyak ataupun air, tergantung pada tipe kulit dan preferensi personalmu.


(Baca Juga: Urutan Skincare Pagi Untuk Anak Remaja)


2. Pelembap wajah

Menggunakan kosmetik seharian kemudian membersihkannya dengan makeup remover dan sabun cuci muka pastinya akan mengorbankan kadar kelembapan wajahmu sehingga membuat kulit terasa kering. Apalagi jika tipe kulitmu adalah kulit kering pasti akan lebih terasa. Oleh karena itu, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menggunakan produk pelembap wajah agar wajahmu tidak sakit pada saat mengaplikasikan skincare malam mu.


3. Toner

Langkah berikutnya yang tidak kalah pentingnya adalah menggunakan toner. Fungsinya adalah untuk menyeimbangkan pH kulit agar kulit tetap ternutrisi. Ada beberapa anggapan yang mengatakan bahwa penggunaan toner tidak terlalu perlu dalam urutan skincare malam. Namun, sangat disarankan agar kamu tidak melewatkan penggunaan toner di malam hari. Pasalnya, toner sangat efektif dalam membantu mengkalibrasikan tingkat keasaman pada kulit wajah agar tetap lembab selama tidur. Ketika memilih toner, pastikan kamu memilih produk yang bebas alkohol. Akan lebih baik lagi jika kamu memilih toner yang mengandung berbagai bahan alami dengan khasiat yang bagus untuk wajah.



(Contoh penggunaan toner. Foto: Dok. karolina grabowska/pexels)

4. Serum 

Urutan skincare malam berikutnya adalah menggunakan serum. Skincare ini adalah produk yang mengandung bahan-bahan bersifat aktif yang didesain khusus untuk mengatasi masalah kulit secara spesifik, seperti hiperpigmentasi, kerutan, atau kulit kering. Momen sebelum tidur adalah momen terbaik untuk mengaplikasikan serum, karena biasanya serum butuh waktu lama untuk dapat bekerja secara efektif. Jenis serum sangat beragam dan karena kandungan bahan aktif di dalamnya, kamu perlu memastikan bahwa kamu memilih serum sesuai dengan masalah kulitmu.


(Baca Juga: 5 Cara Alami agar Rambut Tidak Kering, Penasaran?) 


5. Krim malam

Langkah terakhir dalam urutan skincare malam tentunya adalah penggunaan krim malam. Produk ini didesain untuk menjaga hidrasi kulit sepanjang malam. Ketika sedang tidur, kulitmu cenderung akan menjadi kering, apalagi jika kamu tidur menggunakan AC maka akan semakin memperparah kekeringannya. Memakai krim malam atau moisturizer bisa mengunci cairan pada kulit agar tetap sehat dan mengatasi berbagai masalah kulit selagi kamu tidur tergantung kandungannya. Cara untuk mengaplikasikan krim malam adalah gunakan pada wajah hingga leher, oleskan secara lembut dengan gerakan memijat, kemudian ratakan.


Berikut rangkaian urutan penggunaan skincare malam secara baik dan tepat yang telah dirangkum oleh Her World. Nah, jadi kamu sekarang juga sudah tahu produk apa saja yang kamu butuhkan. Selamat mencoba!



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)

Hair & beauty