Life & health

Cara Menghilangkan Bau Sepatu, Jadi Lebih Harum & Bersih!

By : Her World Indonesia - 2023-08-29 14:00:02 Cara Menghilangkan Bau Sepatu, Jadi Lebih Harum & Bersih!

Sepatu yang digunakan sehari-hari dapat mengeluarkan aroma tidak sedap. Itu adalah masalah yang cukup umum dialami oleh banyak orang. Sepatu bau bisa disebabkan karena kurangnya kebersihan kaki dan sepatu, serta bakteri dan jamur yang berkembang pada sepatu. Masalah sepatu bau tentunya dapat mengganggu, membuat tidak nyaman, dan menurunkan kepercayaan diri. Tetapi tunggu dulu, jangan langsung terburu-buru membuang sepatu, karena bau tidak sedap pada sepatu bisa diatasi dengan mudah, kok!


Berikut ini beberapa cara menghilangkan bau sepatu. Simak caranya!


1. Kopi

(Cara menghilangkan bau sepatu. Foto: Dok. vonvix/Unsplash)


Kopi memiliki aroma yang cukup kuat untuk mengatasi bau tidak sedap pada sepatu. Kamu bisa menggunakan bubuk kopi bebas gula untuk menghilangkan bau sepatu yang mengganggu. Caranya, kamu hanya perlu menaburkan bubuk kopi kering ke dalam sepatu yang bau. Biarkan selama beberapa jam hingga bau tidak sedap pada sepatu hilang. Barulah bersihkan sepatu dari sisa-sisa bubuk kopi yang tertinggal menggunakan kain bersih atau sikat kering. Atau, kamu juga bisa menggunakan ampas kopi yang sudah dikeringkan terlebih dahulu, sebelum ditaburkan ke dalam sepatu. 


2. Kantong teh


Selain kopi, kantong teh juga merupakan bahan alami dengan aroma khas yang ampuh mengatasi bau tidak sedap pada sepatu. Cara menghilangkan bau sepatu menggunakan kantong teh cukup mudah, kamu bisa menggunakan kantong teh kering yang dimasukkan ke dalam sepatu. Biarkan di tempat kering semalaman agar bau tidak sedap pada sepatu bisa hilang. 

Sebaiknya, hindari menggunakan kantong teh bekas pakai, karena kandungan air yang sudah terserap ke dalam kantong teh justru bisa menambah kelembapan di dalam sepatu dan membuatnya semakin bau. Kantong teh kering bekerja dengan cara menyerap kelembapan di dalam sepatu, serta kandungan tanin pada teh juga dapat membunuh bakteri penyebab bau sepatu. 


3. Minyak esensial

(Cara menghilangkan bau sepatu. Foto: Dok. Felicia Buitenwerf/Unsplash)


Beberapa jenis minyak esensial yang memiliki aroma kuat dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah sepatu bau. Ini termasuk, minyak lavender, minyak mawar, minyak zaitun, dan minyak kelapa. Cara menghilangkan bau sepatu menggunakan minyak esensial cukup mudah, kamu hanya perlu meneteskan secukupnya minyak esensial pada selembar kertas, lalu remas-remas. Masukan kertas yang sudah diberi minyak esensial tadi ke bagian dalam sepatu. Kertas ini akan membantu menyerap kelembapan penyebab bau di dalam sepatu. Biarkan selama beberapa jam hingga semalaman sampai bau sepatu hilang.


(Baca Juga: 6 Rekomendasi Tas Selempang Wanita yang Besar dan Stylish)


4. Garam


Garam bersifat antibakteri yang dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu. Kamu bisa menggunakan garam untuk menghilangkan bau pada sepatu berbahan kanvas atau kets. Kamu cukup menaburkan garam secukupnya ke bagian dalam sepatu, dan gosok ke seluruh bagian dalam sepatu.

Taburan garam ini dapat membantu menyerap kelembapan dan membunuh bakteri penyebab bau pada sepatu. Biarkan sepatu selama beberapa jam di tempat yang kering, atau sambil dijemur di bawah sinar matahari dan diangin-anginkan. Kemudian bersihkan sepatu dari garam menggunakan sikat kering atau kain bersih. Perlu diingat, hindari membiarkan garam di dalam sepatu hingga semalaman, karena garam bisa mencair dan membuat sepatu kamu basah dan lengket. 


5. Mencuci sepatu


Cara menghilangkan bau sepatu berikutnya yang juga tidak kalah efektif adalah mencuci sepatu dengan sabun pencuci sepatu khusus. Sabun pencuci sepatu khusus ini dapat membunuh bakteri penyebab bau sepatu dengan lebih cepat dan beraroma segar. Gunakan sikat lembut untuk membersihkan seluruh bagian sepatu. Setelah itu, bilas sepatu hingga benar-benar bersih dan tidak ada sabun yang tertinggal. Kemudian jemur sepatu di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Jika tidak ada sinar matahari, kamu bisa keringkan menggunakan panas hairdryer atau diangin-anginkan di depan kipas angin, sehingga sepatu bisa lebih cepat kering. 

Hindari mencuci sepatu dengan air panas dan sikat yang kasar, karena bisa merusak bahan dan membuat perekat atau lem pada sepatu terlepas. 


6. Bedak bayi


Seperti yang diketahui, bedak bayi memiliki aroma yang cukup wangi dan segar, sehingga bisa digunakan untuk mengatasi bau tidak sedap pada sepatu. Kamu tidak memerlukan terlalu banyak bedak bayi untuk mengatasi masalah sepatu bau. Cukup taburkan bedak bayi secara merata ke dalam sepatu, lalu biarkan selama beberapa menit agar bedak dapat menyerap kelembapan di dalam sepatu. Setelah itu, bersihkan sisa bedak dengan menggunakan sikat kering atau kain bersih. 


7. Jemur di bawah terik matahari


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, masalah bau sepatu bisa disebabkan oleh bakteri dan jamur yang berkembang di dalam sepatu. Bakteri dan jamur sangat menyukai tempat yang lembap. Sepatu yang tertutup dengan aliran udara terbatas dan keringat pada kaki bisa membuat sepatu lembap, sehingga jadi tempat ideal untuk bakteri dan jamur tumbuh. Inilah yang kemudian menyebabkan bau tidak sedap pada sepatu. Selain cara menghilangkan bau sepatu yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu juga bisa menghilangkan bau sepatu dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Apabila cuaca sedang terik, letakan sepatu di tempat terbuka supaya sinar matahari dapat masuk ke bagian dalam sepatu dengan maksimal. 

Miringkan sedikit sepatu agar kamu bisa memastikan seluruh bagian dalamnya terkena sinar matahari. Selain menghilangkan bau, cara ini dapat membuat spon di bagian samping dalam sepatu kembali mengembang sehingga sepatu menjadi lebih nyaman digunakan.


(Baca Juga: Rekomendasi Sports Bra dan Legging Brand Lokal yang Nyaman)


Itulah beberapa cara menghilangkan bau sepatu yang ampuh untuk kamu coba. Intinya, kamu harus selalu menjaga sepatu tetap kering dan tidak lembap. Segera keringkan sepatu setelah terkena air, untuk mencegah timbulnya bau tidak sedap pada sepatu. Dan, selalu gunakan kaos kaki yang mampu menyerap keringat dengan baik, agar bakteri dan jamur penyebab bau sepatu tidak bisa berkembang biak. 






(Penulis: Calvin)


Life & health