Life & health

Positif Journey, Pameran Seni Bertema Edukasi Kehamilan

By : Her World Indonesia - 2023-08-25 18:00:01 Positif Journey, Pameran Seni Bertema Edukasi Kehamilan

Kehamilan merupakan salah satu momen terpenting dalam kehidupan pernikahan seseorang. Oleh karena itu, setiap pasangan yang memiliki rencana untuk memiliki anak wajib mempersiapkan diri dengan baik agar anak yang akan lahir dapat terhindar dari masalah pertumbuhan dan perkembangan yang buruk, seperti stunting.


Berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan, angka stunting di Indonesia telah mengalami penurunan dari 24,4% pada tahun 2021 menjadi 21,6% pada tahun 2022.


(Baca Juga: Cara Menjaga Kehamilan di Usia Muda)


Dengan target menurunkan angka stunting menjadi 14% pada tahun 2024, sensitif berkolaborasi dengan Hallu World berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam upaya ini dengan menghadirkan “Positif Journey”. Sebuah pameran seni yang merepresentasikan pengalaman menyusuri perencanaan kehidupan pernikahan yang bahagia dan sehat. 



(Ruangan Fertile Period. Foto: Dok. Sensitif)

Dibangun pada area seluas 1194,32 meter persegi di Mall of Indonesia, para pengunjung diajak untuk merasakan momen-momen penting mulai dari momen pernikahan, perencanaan keluarga hingga pada akhirnya memiliki buah hati sebagai bentuk edukasi bagi masyarakat.


Positif Journey memiliki 11 ruangan instalasi seni yang berbeda-beda. Para pengunjung akan memulai perjalanan dengan memasuki ruangan Tunnel yang mana pengunjung dapat merasakan suasana pernikahan dengan melewati terowongan yang Instagrammable dengan sedikit sentuhan dekorasi bunga selayaknya sebuah pernikahan.


Setelah itu, para pengunjung dapat melanjutkan perjalanan ke ruangan lainnya yang tidak kalah serunya seperti Family Planning, Fertile Period disertai penjelasan mengenai cara menghitung masa subur, Ovarium Ready, Insemination, Pregnancy, Give Birth hingga mengakhiri perjalanan di ruang Menstruation. Semuanya dirangkai sedemikian rupa secara akurat agar pengunjung mendapatkan pengalaman yang seru, tapi juga edukatif.



(Ruangan Pregnancy. Foto: Dok. Sensitif)

Yoevan Wiraatmaja selaku CEO PT Danpac Pharma mengatakan “melalui pameran seni Positif Journey, Sensitif dan Haluu World ingin mengajak para pasangan muda untuk mempersiapkan proses kehamilan yang sehat bagi ibu dan anak. Karena kami yakin konsep ini dapat membantu siapapun yang tengah merencanakan pernikahan, membayangkan dan merasakan momen-momen bahagia saat menjalani kehidupan berumah tangga" ungkapnya.


(Baca Juga: Alasan Jerawat Muncul Saat Menstruasi)


Selain membangun instalasi seni, komitmen Sensitif mendukung program pemerintah mengurangi angka stunting di Indonesia juga diwujudkan dalam bentuk kegiatan sosial. Sensitif menyumbang santunan senilai Rp50.000.000 kepada Yayasan 1000 Daysfund yang bergerak dalam penanganan stunting di Indonesia.



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)


Life & health