Hair & beauty

Mau Punya Rambut Tebal? Ini 7 Hair Care untuk Rambut Rontok

By : Her World Indonesia - 2023-08-01 19:00:01 Mau Punya Rambut Tebal? Ini 7 Hair Care untuk Rambut Rontok

Rambut rontok sudah menjadi salah satu permasalahan yang telah dialami banyak wanita karena sangat berpengaruh terhadap penampilan. Beberapa penyebab kerontokan rambut seperti terlalu sering menggunakan alat-alat penata rambut, menyisir rambut dengan kencang, menggunakan produk perawatan rambut yang salah, dll. Untuk mengatasinya kamu perlu hair care untuk rambut rontok agar tidak semakin parah.

Ada beberapa hair care yang perlu kamu pakai dalam perawatan untuk mengurangi kerontokan pada rambut. Simak lebih lanjut, yuk!


1. Shampoo


Hair care untuk rambut rontok yang paling umum dan diketahui semua orang yaitu shampoo. Walaupun begitu, kamu perlu berhati-hati dalam memilih produk shampoo terutama jika kamu memiliki rambut yang rontok. Menurut para ahli, shampoo yang direkomendasikan untuk rambut rontok lebih baik pilih dengan kandungan 1% hidrokortison atau ketoconazole. Kandungan tersebut efektif membantu rambut menjadi lebih tebal dan menguatkan akar rambut secara menyeluruh.


(Baca Juga: 5 Cara Alami agar Rambut Tidak Kering, Penasaran?)


2. Conditioner

(Conditioner hair care untuk rambut rontok. Foto: Dok. Nataliya Vaitkevich/Pexels)


Setelah menggunakan shampoo, jangan skip kondisioner karena hair care untuk rambut rontok yang satu ini dapat membantu batang rambut menjadi lebih sehat dan kuat juga memberikan tekstur yang lembut. Kandungan dalam kondisioner juga perlu diperhatikan seperti yang mengandung ceramide atau keratin untuk membantu memperbaiki batang rambut yang mudah patah dan membuat rambut secara keseluruhan menjadi tampak sehat.

 

3. Hair Oil

Salah satu hair care untuk rambut rontok yang penting adalah hair oil. Namun, masih banyak orang yang tidak mengetahui bahwa hair oil itu sangat beneficial untuk kesehatan rambut. Dengan menggunakan hair oil, akar rambut akan menjadi lebih kuat. Tidak hanya itu, hair oil dapat mempercepat pertumbuhan rambut dan membuat sirkulasi darah di kulit kepala lebih lancar. Hair oil yang biasa digunakan untuk memperbaiki rambut rontok biasanya memiliki kandungan olive oil, minyak almond atau kelapa.


4. Hair Mask

(Hair mask yaitu hair care untuk rambut rontok. Foto: Dok. cottonbro studio/Pexels)


Selanjutnya, kamu juga perlu melengkapi perawatan rambut dengan hair mask. Dalam pemakaiannya tidak perlu setiap hari, cukup satu sampai dua kali seminggu menggunakan masker rambut. Jika kamu memakai hair mask, kerontokan dapat berkurang karena hair care seperti ini dapat membantu meningkatkan produksi helai rambut dan tentunya mengurangi rambut rontok. Masker rambut merupakan hair care untuk rambut rontok yang juga menutrisi dengan membuat folikel jadi semakin sehat, tidak mudah patah dan mengurangi bercabang. 


5. Hair Serum


Tidak hanya wajah yang memerlukan perawatan dengan menggunakan serum, tetapi rambut juga perlu serum yang memiliki peran penting dalam mengurangi kerontokan. Untuk kamu yang sering memakai alat penata rambut, kandungan protein dari hair serum dapat menggantikan nutrisi protein yang hilang dalam rambut. Tentunya, sama seperti hair care lainnya, serum dapat membuat akar rambut menjadi lebih kuat dan mengurangi kerontokan. Jangan sampai salah juga dalam memilih hair serum, pilihlah yang mengandung vitamin D, keratin, omega-3, zinc dan minyak-minyak esensial yang penting untuk kesehatan rambut.


6. Hair Tonic


(Hair tonic salah satu hair care untuk rambut rontok. Foto: Dok. Alesia Kozik/Pexels)


Hair care untuk rambut rontok yang perlu kamu tambahkan yaitu hair tonic. Dengan hair tonic, rambut kamu dapat ternutrisi dengan lebih baik dan menjadi lebih sehat sampai ke bagian folikel rambut. Namun, dalam penggunaan hair tonic, kamu jangan menggunakannya terlalu banyak agar rambut kamu tidak menjadi lepek. Hair tonic yang baik untuk rambut rontok yaitu seperti yang memiliki kandungan ekstrak lidah buaya untuk menjaga kesuburan rambut dan melebatkan rambut.


7. Hair Vitamin


Vitamin rambut adalah hair care untuk rambut rontok yang penting dalam menguatkan akar rambut. Setelah keramas, kamu bisa menggunakan vitamin rambut ketika masih setengah basah. Bentuk vitamin rambut biasanya dikemas dalam kapsul plastik dan dijual dengan varian vitamin yang bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan. Vitamin yang dibutuhkan untuk rambut rontok biasanya memiliki kandungan seperti ginseng, kemiri, biotin, dan vitamin-vitamin lainnya.


(Baca Juga: 6 Manfaat Air Beras Untuk Rambut Yang Lebih Indah dan Sehat)


Itulah beberapa hair care untuk rambut rontok yang diperlukan dan tambahkan pada rangkaian produk perawatan rambut kamu! Semoga membantu!



(Penulis: Larasati Emiri)  


Hair & beauty