Life & health

Timnas Basket Putri Indonesia Perkuat Posisi di Asia!

By : Her World Indonesia - 2023-08-22 15:00:01 Timnas Basket Putri Indonesia Perkuat Posisi di Asia!

Tim Nasional Basket Putri Indonesia baru saja mengukir sejarah dengan menjuarai Divisi B Piala Asia Wanita FIBA 2023 di Bangkok, Thailand. Gelar ini diraih setelah Timnas Basket Putri kita berhasil menumbangkan Iran di final melalui pertandingan yang super dramits dengan skor akhir 55-54 untuk Indonesia. Prestasi ini melanjutkan tren positif Indonesia di basket putri level Asia, setelah sebelumnya Timnas kita berhasil meraih medali emas di ajang SEA Games 2023 di Kamboja pada bulan Mei lalu.


Kemenangan ini membuat Timnas Basket Putri Indonesia mengamankan posisi untuk bertanding di babak preliminary pada Divisi A Piala Asia Wanita FIBA 2025 mendatang. Promosi dari Divisi B ke Divisi A ini merupakan yang pertama kali diraih oleh “Srikandi Merah Putih” sepanjang sejarah, sejak diterapkannya format ini oleh FIBA pada tahun 1994. Selain itu, kesuksesan ini menjadi modal yang sangat baik untuk menghadapi Asian Games 2023 di Hangzhou, China yang hanya tinggal menghitung bulan lagi.


(Baca Juga: Ukir Sejarah! Tim Basket Indonesia di SEA Games Raih Emas)


Lika-Liku dalam Menjuarai Divisi B Piala Asia Wanita Fiba 2023


(Indonesia menumbangkan Iran di Final. Foto: Dok. PERBASI)

Tentu semua tim yang bertanding di Divisi B memiliki satu tujuan utama, yaitu juara dan promosi ke Divisi A. Namun, ternyata, Manajer Timnas Basket Putri Indonesia, Christopher Tanuwidjaja, mengungkapkan bahwa, awalnya dia merasa peluang Indonesia untuk bisa lolos ke Divisi A sangat tipis. Hal ini karena Timnas Putri datang ke ajang tersebut dengan persiapan yang singkat kondisi tim yang tidak sempurna karena dilanda badai cedera.


Timnas kita akhirnya hanya bermain dengan satu pemain naturalisasi, yaitu Kimberley Pierre-Louis. Kondisi ini dikarenakan Gabriel Sophia yang masih cedera dan Leah Kahol yang juga masih belum pulih. Akibatnya, mereka tampil dengan kekurangan stok pemain big man. Selain itu, Timnas Putri juga kekurangan pemain pada posisi point guard karena Adelaide Callista Wongso masih pun juga masih berkutat dengan cedera.



(Priscilla Annabel Karen 10 & Kimberley Pierre Louis 26. Foto: Dok. PERBASI)

Namun, meski dengan kondisi tim yang tak selengkap pada saat Sea Games 2023 Kamboja, Timnas Putri tetap berhasil meungkinkan yang tidak mungkin hingga akhirnya meraih gelar juara. Menurut Christopher, kunci dari kesuksesan ini adalah chemistry, determinasi, dan rasa nasionalisme dari setiap penggawa Timnas Putri kita yang tak mudah padam. 


(Baca Juga: Rekomendasi Sports Bra dan Legging Brand Lokal yang Nyaman)


Bahkan Kimberly yang merupakan pemain berdarah campuran Indonesia-Kanada pun tidak kenal kata menyerah. Meski kapasitas fisiknya telah didorong melampaui batas karena dimainkan terus-menerus dari awal kompetisi hingga final karena harus mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh rekan-rekannya yang cedera.



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)

Life & health