Ukir Sejarah! Tim Basket Indonesia di SEA Games Raih Emas


  • Ukir Sejarah! Tim Basket Indonesia di SEA Games Raih Emas
    (Tim Basket Indonesia di SEA Games Raih Medali Emas. Foto: kemenpora/Instagram)

    Tim basket Indonesia mengukir sejarah dengan membawa pulang medali emas, setelah berhasil mengalahkan tim basket Filipina sebagai raja basket Asia Tenggara. Dengan perolehan skor 85-81, tim basket putra Indonesia memutus kedudukan tim basket Filipina yang selalu menjadi juara bertahan di SEA Games selama 30 tahun terakhir.


    Kemenangan cabang olahraga basket pria telah berkontribusi pada perolehan medali dari kontingen Merah Putih yang menduduki peringkat tiga pada klasemen akhir yaitu, 69 emas, 92 perak, dan 80 perunggu.




    (Baca juga: Indonesia Raih Emas, Ini Perolehan Medali SEA Games 2022)


    Bertanding di Thanh Tri Gymnasium, tim basket putra Indonesia tak terkalahkan pada SEA Games 2021 ini. Pasalnya, Indonesia mengalahkan semua negara yang berlaga pada cabang olahraga basket yaitu, Filipina, Thailand, Kamboja, Malaysia, Singapura, dan Vietnam.

    Tim Basket Indonesia di Sea Games

    (Kemenangan Tim Basket Indonesia di SEA Games 2021. Foto: official_timnasbasket/Instagram)


    Telah berlaga di ajang bergengsi SEA Games sejak tahun 1977, tim basket Indonesia belum pernah memenangkan medali emas. Sebelumnya, medali perak menjadi prestasi tertinggi Indonesia pada cabang olahraga basket di SEA Games, yaitu pada tahun 2007, 2015, dan 2017. Kemenangan tim basket Indonesia di SEA Games 2021 merupakan titik balik cabang olahraga basket Indonesia, setelah pulang dengan tangan hampa pada SEA Games 2019.


    Tiga dari antara tim basket putra Indonesia, Brandon Jawato, Marques Bolden, dan Dame Diagne, merupakan atlet basket yang telah dinaturalisasi oleh Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi). Keputusan Perbasi tidak mengecewakan, sebab mereka telah bermain secara prima dan membantu kemenangan Indonesia. Tak hanya pemain naturalisasi, Derrick Michael Zxavierro yang bermain pada salah satu klub basket Amerika Serikat juga turut ambil bagian dalam tim basket putra Indonesia.



    Kabar gembira juga datang dari tim basket putri Indonesia yang memenangkan medali perak pada SEA Games 2021. Berhasil mengalahkan Singapura dengan skor akhir 87-53, tim basket putri Indonesia menggempur tim Singapura sejak 4 menit pertama pertandingan, dengan skor 21-1. Tidak terkalahkan, tim basket Singapura hanya mampu mencetak empat angka tambahan pada kuarter kedua pertandingan. Kemenangan memang layak diperoleh tim basket putri Indonesia, melihat perjuangan mereka yang maksimal dalam mencetak poin serta melakukan defense.


    (Baca juga: Potret Penampilan Stylish Jonatan Christie Di Luar Lapangan)


    Sang pelatih, Milos Pejic, berharap bahwa kemenangan tim basket Indonesia di SEA Games 2021 dapat menjadi batu loncatan bagi tim basket Indonesia untuk memenangkan pertandingan-pertandingan lainnya. Sekali lagi selamat untuk tim basket Indonesia!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below