Life & health

7 Jajanan 90-an yang Bakal Bikin Kamu Nostalgia

By : Her World Indonesia - 2023-08-21 17:00:02 7 Jajanan 90-an yang Bakal Bikin Kamu Nostalgia

Jajanan adalah satu elemen yang tak bisa terpisahkan dari masa kecil kita. Meski setelah dewasa, tidak mungkin rasanya kita melupakan jajanan pada masa sekolah dulu karena di setiap gigitannya akan membawa kita bernostalgia ke banyak memori indah di masa lampau. Bagi kamu para generasi milenial, pasti sangat familiar dengan berbagai jajanan jadul yang populer di era tahun 90an.


Nah, siapatau sudah ada yang terlupakan dan kamu ingin mencobanya lagi, mari bernostalgia bersama Her World untuk menyusuri kembali daftar jajanan yang populer di tahun 90an dulu!


1. Permen Smiling Eyeglass


(Permen Smiling Eyeglass. Foto: Dok. @pipip_ot6/twitter)

Kita mulai daftar jajanan era 90an dengan permen coklat dengan merek Smiling Eyeglass, atau yang lebih familiar disebut permen kacamata. Dulu permen ini sangat populer sebagai jajanan anak kecil hingga SD. Biasanya sering ditemukan di kantin-kantin sekolah ataupun warung kelontong. Permen ini sangat menarik perhatian karena bentuk kemasannya yang berbentuk angka delapan dan sering dibuat mainan layaknya kacamata dengan mengaitkan karet di ujungnya. Untuk isinya sendiri, setiap permen memiliki warna yang bermacam-macam tapi sebenarnya rasanya sama saja, lho.


(Baca Juga: Nikmat Tanpa Sesal, Ini 4 Jajanan Pasar Rendah Kalori)


2. Mie lidi (Biting)


(Mie lidi. Foto: Dok. @laivlisa/twitter)

Mie lidi merupakan mie yang dipotong-potong kemudian digoreng kering yang memiliki bentuk panjang dan tipis seperti lidi. Secara tradisional, jajanan ini biasanya hanya memiliki dua variasi rasa, yaitu pedas dan asin. Mie lidi terbuat dari adonan tepung sagu, tepung terigu, garam, penyedap rasa, air, dan baking powder. Saat dijual, jajanan ini biasanya dibungkus dengan menggunakan plastik dengan ukurannya yang biasanya cocok untuk dimasukkan kantong. Mie lidi sangat populer di tahun 90an hingga 2000an awal sebagai jajanan anak sekolah yang biasa dijual kisaran harga Rp 500-1000 saja.


3. Permen rokok


(Permen rokok. @audahbaduuut/twitter)

Dulu di tahun 90an, jika kamu sering melihat anak sekolah yang seakan-akan berpose seperti sedang merokok tetapi tidak mengeluarkan asap, nah, kemungkinan besar mereka menggunakan permen rokok ini. Jajanan ini sebenarnya sama sekali bukan rokok, melainkan hanyalah permen biasa dari susu bubuk yang kemudian dikemas menyerupai lintingan rokok. Meski sekarang sudah hampir punah dari kantin-kantin sekolah, tapi jika beruntung, kamu masih bisa menemukan permen rokok dengan rasa susu ini di warung-warung kelontong.


4. Mie Gemez


(Mie Gemez. Foto: Dok. @prettyfinds_/twitter)

Jajanan bernama Mie Gemez ini juga jadi salah satu jajanan legendaris dan paling laris di era 90an hingga awal 2000an. Nama Gemez sendiri sebenarnya adalah singkatan dari “digenggam trus dikremez” yang merupakan penggambaran dari cara terbaik untuk menikmati jajanan ini. Bentuknya kotak menyerupai mie instan kemudian kita tambahkan bumbu dan perisa bawaan pada kemasannya. Setelah itu diremas-remas hingga hancur dan Mie Gemez sudah siap dinikmati


5. Coklat payung


(Coklat payung. Foto: Dok. @nadyamrdnr/twitter)

Coklat payung merupakan permen coklat yang bentuknya menyerupai payung yang dilipat beserta gagang payungnya. Jajanan satu ini tentunya menjadi pusat perhatian anak-anak karena bentuknya yang unik dan lucu. Coklat payung dibungkus menggunakan kertas plastik yang berwarna-warni dan biasanya dijual di warung-warung di sekitaran sekolahan. Sekarang jajanan ini sudah semakin sulit ditemukan, tapi jika kamu merindukan rasa manis dari coklat payung, jajanan ini sebenarnya masih sering dijual di pasar tradisional.


6. Rambut nenek


(Rambut nenek. Foto: Dok. @IMJOYI96/twitter)

Meski namanya sedikit mengintimidasi, tapi jajanan satu ini bukan asli terbuat dari rambut nenek-nenek, lho. Melainkan, hanya bentuknya saja yang menyerupai rambut dengan warnanya yang pucat sehingga membuatnya terlihat seperti rambut nenek. Jajanan ini terbuat dari gula yang dipanaskan dan dicampur dengan tepung kemudian ditarik-tarik sampai berbentuk rambut. Rambut nenek biasa dijual dan disajikan dengan menggunakan kerupuk tipis yang renyah agar bisa digenggam. Dulu jajanan ini sangat populer ditemukan di pinggir-pinggir jalan. Meski masih ada, tapi penjual rambut nenek sekarang sudah semakin sulit ditemui. 


(Baca Juga: Resep: Es Podeng Jajanan Tempo Dulu yang Nikmat & Lezat)


7. Es potong


(Es potong. Foto: Dok. @ksunwooa/twitter)

Es potong selalu menjadi andalan banyak orang untuk menghadapi teriknya panas matahari sedari dulu. Es ini biasanya disajikan dengan celupan coklat cair yang dibalur dengan remukan kacang. Jajanan ini biasanya dijual oleh penjual dengan gerobak yang didorong sambil membunyikan bel. Nama es potong timbul dari kebiasaan pembeli yang bisa request kepada penjualnya sebesar apa potongan yang es yang mereka inginkan.


Berikut tujuh jajanan jadul yang populer di tahun 90an. Beberapa masih eksis hingga sekarang, tapi ada juga yang sudah di ambang kepunahan. Jadi selagi masih ada, kamu bisa bernostalgia dengan mencoba kembali berbagai jajanan tersebut. Jangan sampai menyesal di kemudian hari!



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)


Life & health