Fashion

Intip Pameran Tunggal Perdana Desainer Auguste Soesastro

By : Danes Wara - 2023-08-22 17:00:02 Intip Pameran Tunggal Perdana Desainer Auguste Soesastro

Setelah lima belas tahun sukses berkarya dan meluncurkan jenama KRATON di New York Fashion Week, Auguste Soesastro dengan bangga mempersembahkan pameran tunggal skala besar perdananya dalam bentuk fashion & art exhibition yang bertajuk “force of subtleness” di Plaza Indonesia, Jakarta.


Sedikit tentang koleksi jenama KRATON yang berhasil mencuri atensi di New York Fashion Week, koleksi ini merupakan luxury ready-to-wear milik Auguste Soesastro yang didirikan pada tahun 2008 dan menggabungkan teknik serta kepekaan kain yang ditemukan pada lini couture dengan kepraktisan ready-to-wear. Semenjak itu, KRATON didistribusikan dengan sangat selektif untuk memenuhi standar kualitas dan ethical standards tertinggi melalui studio-studionya yang berada di New York, Paris, dan Jakarta.


(Baca Juga: Angkat Wastra, Ini 4 Detail Menarik Mel Ahyar "KULTULIBRASI")



(“force of subtleness” by Auguste Soesastro. Foto: Dok. Plaza Indonesia)


Kini, sang desainer mengeksplorasi berbagai pendekatan baru dalam dunia mode sambil menilik perpaduan antara warisan budaya Jawa dan Cina serta pengaruh budaya Eropa dalam konteks abad ke-21, menghadirkan koleksi terdahulu dengan rancangan yang inovatif. Resmi dibuka pada tanggal 15 September kemarin, pameran fashion & art exihibition ini terbagi dalam tiga tema terpisah namun saling berkaitan: Njawani, Architecture, dan Minimalism. Setiap karya tercipta melalui goresan rapih, pilihan tekstil mewah, dan siluet architectural yang selama ini menjadi ciri khas sang perancang.


Ketika memasuki area pameran, tema pertama yang akan Anda temukan adalah Njawani. Di bagian tema ini, Auguste merangkul budaya, gaya hidup dan falsafah orang Jawa dan relasinya dengan kultur Peranakan sekaligus keturunan pendatang lain. Dibekali dengan pemahaman sejarah transnasional seraya tetap menaruh hormat pada tradisi, rancangannya dapat berevolusi, bebas dari konvensi yang statis, lepas dari batasan, politik, dan ketabuan yang tidak berdasar.



(“force of subtleness” by Auguste Soesastro. Foto: Dok. Plaza Indonesia)


Pada tema kedua yakni Architecture, area ini merupakan riwayat titik balik dalam riset Auguste untuk mencari diagram konstruksi yang eksperimental, yang mendorong batasan-batasan tradisional dalam pembuatan pola.



(“force of subtleness” by Auguste Soesastro. Foto: Dok. Plaza Indonesia)


Sementara untuk tema Minimalism, area ini menggarisbawahi obsesi Auguste untuk membuat pakaian dari pola tunggal. “Sederhana itu mudah, minimalis itu rumit,” menurutnya. Pakaian dengan pola tunggal selalu ia sertakan dalam pergelaran busananya, yang tampil sangat bersih dan tidak mencolok walau nyatanya melibatkan pekerjaan tangan yang kompleks dan amat teliti, setelah melewati masa uji coba yang tak terhitung banyaknya.


Sebagai pendamping untuk berbagai karya mode yang dihadirkan dalam pameran ini, Auguste juga memperlihatkan karya seni visual unik, dalam upaya mendorong dirinya melampaui batas-batas dunia mode dan memasuki ranah kecintaannya pada seni. Karya seni visual ini akan menonjolkan perpaduan budaya yang menjadi identitas dirinya, sekaligus memperkuat narasi desain dan pameran secara keseluruhan.



(“force of subtleness” by Auguste Soesastro. Foto: Dok. Plaza Indonesia)


(Baca Juga: Peduli Aceh, Sejauh Mata Memandang Rilis Koleksi "Rimba")


Yuk, langsung kunjungi pameran “force of subtleness" oleh Auguste Soesastro di The Warehouse Level 5, Plaza Indonesia, Jakarta yang berlangsung mulai tanggal 15 Agustus hingga 10 September 2023.

Fashion