Fashion

Angkat Wastra, Ini 4 Detail Menarik Mel Ahyar "KULTULIBRASI"

By : Girah Ababyl M.K. - 2023-08-17 14:00:02 Angkat Wastra, Ini 4 Detail Menarik Mel Ahyar

Berangkat dengan manifestasi merayakan tangan terampil nusantara, Mel Ahyar kembali menggelar Annual Show bertajuk “KULTULIBRASI” menghadirkan deretan busana mengusung eksplorasi wastra nusantara menjadi sesuatu yang istimewa dan memikat mata.

Perhelatan megah yang digelar Mel Ahyar kali ini mempresentasikan koleksi yang terdiri dari ready to wear untuk lini Happa & XY, koleksi Mel Ahyar Archipelago, serta koleksi Fall/Winter 2023-2024 yang sukses mengundang decak kagum.


Berikut ini Her World rangkumkan detail menarik dari Mel Ahyar Annual Show 2023: KULTULIBRASI yang perlu kamu ketahui. Let’s take a look!


1. Terbagi menjadi tiga segmen istimewa



Mengusung tajuk “KULTULIBRASI”, Mel Ahyar membagi rangkaian pagelaran menjadi tiga segmen. Dua lini ready to wear yang juga dikelola oleh MMAC, yakni HAPPA dan XY hadir sebagai koleksi pembuka menampilkan koleksi RIKURIKU yang terinspirasi dari cerita ukiran Suku Asmat, dengan nuansa palet warna earthy tone. Pada segmen ini, Mel Ahyar menuangkan aspirasinya akan siluet busana yang dapat dikenakan oleh anak muda dengan sentuhan budaya.



(Koleksi Mel Ahyar ARCHIPELAGO 2023. Foto: Dok. Mel Ahyar)


Pada segmen kedua, koleksi Mel Ahyar ARCHIPELAGO hadir sebagai sajian utama. Menampilkan buah karya dan manifestasi perjalanan Mel Ahyar dalam mengolah wastra nusantara secara apik, dengan ciri khas rancangannya tanpa menanggalkan makna dan filosofi dari wastra itu sendiri.


Rangkaian koleksi eksplorasi wastra nusantara mewakili tiga daerah, yakni Batik Gedog Tuban ‘Onomatope’, Tapis Lampung ‘Mulang Tiuh’, dan 'Medan as The Melting Pot' disuguhkan dengan penuh memikat, merepresentasikan perpaduan apik proses asimilasi dan akulturasi budaya Indonesia yang begitu beragam dan terus beregenerasi. Melalui koleksi ini, Mel Ahyar pun turut merangkul para pengrajin untuk berkolaborasi dalam mewujudkan mahakarya Mel Ahyar ARCHIPELAGO. 



(Koleksi Mel Ahyar ARCHIPELAGO 2023. Foto: Dok. Mel Ahyar)


Sebagai koleksi pamungkas di segmen terakhir, ditutup dengan koleksi Mel Ahyar Fall/Winter 2023-2024 yang menyempurnakan rangkaian pagelaran malam itu. Permainan material, corak, dan garmen yang melebur dengan semangat muda, memberikan kesegaran pada deretan busana bernapaskan siluet yang populer di era 1940-2000-an yang disajikan.


Siapa sangka, perpaduan bahan organza, sentuhan aksen 3D dan surface textile design yang khas dari Mel Ahyar, menjadi elemen yang tak terduga menciptakan olahan baru yang begitu playful. Busana berpotongan kebaya dengan siluet bahu yang tegas dan bervolume, dengan eksplorasi material dan detail sulaman pun menghidupkan sentuhan budaya dengan elemen modernitas.



(Koleksi Mel Ahyar Fall/Winter 2023-2024. Foto: Dok. Mel Ahyar)


(Baca juga: Nantikan! Fashion Show MORAL Kolaborasi dengan 13 Desainer)


2. Sentuhan aksen dekoratif yang khas dari Mel Ahyar



Detail menarik lainnya dari koleksi yang disajikan pada Mel Ahyar Annual Show 2023 yang seakan melekat menjadi garis rancang andalan tentunya adalah ornamen-ornamen dekoratif yang selalu hadir pada setiap rancangan Mel Ahyar. Detail floral 3D, aksen fringe, hingga aneka ragam sulaman secara apik diaplikasikan pada koleksi busana yang dihadirkan. Pemilihan ornamen yang kaya warna namun tetap selaras meliputi koleksi Mel Ahyar yang berpadu apik dengan eksplorasi wastra nusantara menjadi kesatuan koleksi yang utuh.

Soo extra!


3. Penampilan spesial Adinia Wirasti dan Mikha Tambayong berjalan di atas runway




Menambah momen istimewa pada Mel Ahyar Annual Show 2023, sosok Mikha Tambayong dan Adinia Wirasti turut mencuri atensi di atas panggung runway. Mikha dan Asti hadir sebagai muse, turut memeragakan koleksi Mel Ahyar Fall/Winter 2023 dengan apik.


Adinia Wirasti tampil glamour membawakan busana bersiluet kebaya dengan detail potongan bahu bervolume, disempurnakan dengan tampilan material velvet yang mewah. Lain halnya dengan Mikha, yang tampak begitu manis mengenakan blouse semi transparan dengan aksen puff sleeve serta dihiasi motif bunga. Gorgeous!


(Baca juga: Intip 5 Rekomendasi Brand Sustainable Fashion Lokal Terbaik)


4. Dihadiri sederet selebritas ternama



Kehadiran selebritas dalam sebuah pagelaran mode memang akan selalu disoroti, tidak terkecuali di Mel Ahyar Annual Show 2023 kali ini. Sederet publik figur dan tokoh ternama mulai dari Luna Maya, Titi DJ, Wulan Guritno, hingga sosok Kahiyang Ayu dan Erina Gudono tampak hadir dalam balutan busana koleksi Mel Ahyar yang memikat.


Itulah dia rangkuman detail menarik dari presentasi Mel Ahyar Annual Show 2023: KULTULIBRASI. Well, kudos to the mesmerizing show & beautiful collection!


Fashion