Hair & beauty

5 Cara Alami agar Rambut Tidak Kering, Penasaran?

By : Her World Indonesia - 2023-07-12 14:00:02 5 Cara Alami agar Rambut Tidak Kering, Penasaran?

Rambut kering adalah masalah umum yang sering didapati baik pada wanita maupun pria. Apalagi jika kamu memiliki rambut panjang maka persoalan rambut kering akan jadi sangat terasa mengganggu. Keringnya rambut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk styling rambut menggunakan suhu tinggi, perawatan kimiawi, dan kondisi lingkungan seperti kelembaban udara, matahari, dan polusi.


Produk komersial seperti sampo atau masker rambut yang tersedia untuk membantu mengatasi permasalahan rambut memang sudah banyak pilihannya di pasaran. Namun, sebenarnya ada juga sejumlah cara alami dalam keseharian kita yang efektif dalam menangani persoalan rambut kering. Mengandalkan pada produk-produk komersial saja tanpa dibarengi dengan memperbaiki cara kita memperlakukan rambut juga akan membuat permasalahan rambut kering tak kunjung usai. Lalu, bagaimana sih cara alaminya agar kamu terbebas dari rambut kering? Yuk, simak pembahasan berikut ini!


(Baca Juga: 4 Bahan Makanan untuk Bantu Mengatasi Rambut Rontok)


1. Gunakan kondisioner setiap setelah keramas

Kondisioner membantu menambah kelembaban dan melindungi rambut dari efek pengeringan sampo. Ini juga membantu mengurai rambut dan membuatnya lebih mudah ditata. Kondisioner bekerja dengan memberikan batang rambut lapisan minyak dan protein, yang membantu mengunci kelembaban dan melindungi rambut dari kerusakan. Bahan alami seperti shea butter dan lidah buaya sering digunakan dalam kondisioner karena lembut di rambut dan kulit kepala. Shea butter sendiri dapat membantu melembabkan dan melindungi rambut, sedangkan lidah buaya adalah gel yang dapat membantu melembabkan dan membuat kulit kepala lebih rileks.


2. Minimalisir mencatok rambut

Mencatok rambut dengan suhu tinggi dapat merusak rambut karena akan memecah minyak dan protein alami rambut. Ini bisa membuat rambut lebih rapuh, kering, dan mudah patah. Terlalu sering mencatok juga dapat menyebabkan rambut menjadi kusam dan tidak bernyawa. Untuk melindungi rambut dari kerusakan akibat panas, penting untuk menggunakan semprotan pelindung panas sebelum menggunakan alat catokan. Langkah ini akan membantu melapisi rambut dan menciptakan lapisan penghalang agar rambut tidak terpapar panas tinggi secara langsung.


(Mencatok dapat membuat rambut kering. Foto: Dok. fabrikasimf/freepik)

3. Makan makanan bergizi

Diet sehat memang penting untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan rambut. Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang yang mencakup banyak buah dan sayuran dapat membantu menjaga rambut tetap sehat dan kuat. Banyaknya kandungan vitamin dan mineral seperti biotin, zat besi, dan zinc pada buah dan sayuran membuatnya memiliki peranan penting dalam pertumbuhan rambut dan mengatasi rambut kering.


Selain buah dan sayuran, Serealia utuh yang biasa kita dapatkan melalui roti juga merupakan sumber nutrisi yang baik, serta kaya akan serat, yang dapat membantu mencegah kekeringan hingga kerontokan pada rambut. Kemudian, yang terakhir adalah penting untuk tetap terhidrasi dengan minum banyak air putih karena dehidrasi dapat menyebabkan rambut dan kulit kepala kering, yang dapat membuat rambut lebih rentan terhadap kerusakan dan kerontokan.


4. Gunakan humidifier pada ruangan

Humidifier dapat membantu menambah dan menjaga kadar kelembaban udara, yang dapat bermanfaat untuk rambut kering dalam dua cara. Pertama, dapat membantu mencegah penumpukan listrik statis pada ruangan, yang dapat membuat rambut kusut dan sulit diatur. Kedua, dapat membantu menjaga rambut tetap terhidrasi sehingga membuatnya terlihat lebih berkilau dan sehat karena udara yang teregulasi kelembabannya. Rambut yang terhidrasi dengan baik juga akan terlihat sehat dan tebal dan lebih mudah untuk diatur. Inilah sebabnya menjaga kelembapan udara pada ruangan penting untuk kesehatan rambut.



(Humidifier dapat menjaga kelembaban udara. Foto: Dok. doTERRA International, LLC/pexels)

5. Rutin potong rambut

Memangkas ujung rambut bercabang membantu menjaga rambutmu terlihat sehat dan mencegah kerusakan berkepanjangan. Ujung bercabang disebabkan ketika batang rambut menjadi rapuh dan lapisan kutikula yang berfungsi sebagai pelindung alami rambut mulai pecah. Jika sudah begini maka akan jauh lebih mudah untuk rambut menjadi kering, kusut, dan kusam. Cara paling mudah untuk menanganinya adalah memotong bagian rambut yang rusak dan bercabang agar tidak menyebar yang akan kemudian membantu regenerasi pemulihan dari rambut kita sendiri.


(Baca Juga: Rambut Lepek & Gatal, Kenali Cara Merawat Rambut Berminyak)


Berikut enam langkah dari Her World yang akan membantu mengatasi permasalahan rambut kering kamu. Langkah-langkah ini bukan merupakan solusi instan, melainkan teknik yang perlu dilakukan secara rutin dan dipahami dengan cermat. Masalah pada rambut memang biasanya perlu waktu lama dan kedisiplinan darimu untuk benar-benar mengatasinya. Jadi jika kamu masih berurusan dengan masalah rambut, utamanya rambut kering pastikan untuk mencoba melakukan langkah-langkah di atas, ya!



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)

Hair & beauty