Life & health

The Dharmawangsa Hadirkan Warisan Gastronomi Sriwijaya

By : Her World Indonesia - 2023-08-16 15:00:01 The Dharmawangsa Hadirkan Warisan Gastronomi Sriwijaya

Sebagai penguasa Selat Malaka, Sriwijaya adalah sebuah kerajaan yang dulu pernah menjadi penguasa perdagangan rempah-rempah di Nusantara. Oleh karena itu, dalam rangka Memperingati hari kemerdekaan Indonesia, The Dharmawangsa Jakarta bekerja sama dengan Javara Indonesia, perusahaan supply chain yang menjadi advokat untuk kelestarian warisan keanekaragaman pangan Indonesia menghadirkan sebuah acara untuk menghidupkan lagi warisan dari kerajaan maritim itu yang bertajuk “Sriwijaya: Gastronomy Treasures of The Maritime Empire”.  


Acara ini menarik inspirasi dari pengaruh bahari dan tradisi kuliner kerajaan Sriwijaya pada masa jayanya. Dimulai dari 27 Agustus hingga 3 September 2023, perhelatan ini akan memberikan para tamu pengalaman magis di Restoran Sriwijaya dan Majapahit Lounge. Ada tiga program utama yang ditawarkan, yaitu dining experience, high tea, dan workshops bersama Rumah Atsiri. Tentunya semua program acara ini akan membuat tamu yang datang merasakan pengalaman layaknya menjadi tamu kerajaan Sriwijaya di masa lalu.


(Baca Juga: Chef Degan Septoadji Rilis Buku Perjalanan Kuliner Pertama)


Sriwijaya Dinner

Acara makan malam ini akan dilaksanakan di Sriwijaya Restaurant dan menyajikan perpaduan warisan rempah-rempah yang dulu populer pada era kerajaan Sriwijaya. Helianti Hilman sebagai pendiri Javara Indonesia akan berbagi keahliannya dalam urusan keanekaragaman makanan Indonesia dan berkolaborasi dengan Executive Chef Emmanuel Julio untuk membuat menu yang menghidupkan kembali kemegahan warisan gastronomi kerajaan Sriwijaya melalui rempah-rempah yang tidak sembarangan. Lewat pengalaman makan malam ini para tamu akan dibawa kembali ke masa lalu untuk menikmati kemewahan layaknya bangsawan pada zaman kerajaan. 



(Hidangan pada Sriwijaya Dinner. Foto: Dok. The Dharmawangsa)

Sriwijaya High Tea

Teh merupakan komoditas yang sangat melekat dengan sejarah Nusantara. Namun, kombinasi teh di masa lalu sudah banyak yang hilang karena tergerus oleh waktu. Untuk menghidupkan lagi warisan teh ini, Sriwijaya High Tea di Majapahit Lounge akan mengajak para tamu memutar waktu di mana rempah-rempah teh yang kaya dan legendaris dari kerajaan Sriwijaya ini masih terjaga dengan baik. Rasakan sejarah secara langsung dengan semua indra yang kita miliki dan benamkan diri kita pada kemewahan di masa lampau.


(Baca Juga: Warung Mak Beng Sanur, Kisah Dedikasi dan Komitmen)


Workshops

Workshops yang akan diselenggarakan di Caviar Lounge ini bertajuk “Exploring The Diverse Fragrances of an Ancient Empire”. Aktivitas menjelajahi aroma wangi-wangian dari kerajaan Sriwijaya ini akan mengungkap dunia kenikmatan indrawi yang telah lama terlupakan dan dilanjutkan dengan pertukaran budaya oleh Rumah Atsiri. Sriwijaya pada masa itu terbilang sudah menjadi kerajaan dengan koneksi global dan aspek geopolitik yang kuat. Hal ini dapat terlihat dari elemen masyarakatnya yang sudah menganggap penting unsur parfum dan wewangian dalam berinteraksi. Melalui lokakarya ini, tamu akan diajak untuk mengeksplorasi warisan budaya aromatik dari peninggalan kerajaan Sriwijaya.



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)


Life & health