Life & health

Polusi Jakarta Memburuk! Lindungi Diri dengan 5 Cara Ini

By : Her World Indonesia - 2023-08-16 11:00:01 Polusi Jakarta Memburuk! Lindungi Diri dengan 5 Cara Ini

Akhir-akhir ini polusi udara di Jakarta semakin memburuk sehingga banyak orang yang terkena penyakit pernapasan dan batuk-batuk. Kualitas udara yang buruk dapat memberikan dampak yang merugikan bagi kesehatan tubuh manusia. Oleh karena itu, kita perlu melindungi diri dengan berbagai cara agar terhindar dari penyakit-penyakit yang tidak diinginkan.


Kali ini, Her World ingin memberikan beberapa cara untuk terhindar dari dampak buruk polusi Jakarta, yuk simak!


1. Memakai Masker

Untuk mencegah dampak buruk dari polusi udara yang dapat menyerang kesehatan, memakai masker merupakan cara yang mudah untuk kamu lakukan. Walaupun masker tidak seratus persen efektif tetapi dapat melindungi kamu dari penyakit saluran pernapasan dan batuk-batuk.


2. Menggunakan Air Purifier

(Air humidifier dapat membantu menyaring udara yang kotor akibat polusi. Foto: Dok. coway.india/Instagram)


Kamu dapat menggunakan air purifier di rumah agar partikel-partikel udara yang kotor tersaring dengan baik sehingga kamu dapat menghirup udara yang bersih. Alat seperti air purifier sangatlah dibutuhkan di keadaan udara yang berpolusi seperti di Jakarta saat ini.


3. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Jika kamu mengonsumsi makanan yang bergizi, tentunya kamu lebih kebal terhadap penyakit-penyakit. Jangan sampai immune system kamu menurun di keadaan buruk seperti ini. Sangat penting untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang memiliki banyak vitamin di dalamnya. Selain itu juga, sebisa mungkin kurangi junk food atau fast food.


(Baca Juga: Hindari Penyakit Dengan 4 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan)


4. Berolahraga di Dalam Rumah

(Berolahraga di dalam rumah agar tubuh menjadi lebih sehat. Foto: Ekaterina Bolovtsova/Pexels)

Walaupun udara di luar rumah sedang tidak baik, kamu tetap bisa melakukan olahraga di dalam rumah. Olahraga yang teratur adalah salah satu aktivitas yang penting untuk dilakukan agar tubuh kamu semakin fit. Hanya dengan matras, kamu sudah bisa melakukan olahraga dengan gerakan-gerakan tubuh. Kalau kamu memiliki treadmill, dumbbell, atau peralatan olahraga lainnya di rumah, kamu bisa menggunakannya.


5. Mengurangi Aktivitas di Luar Ruangan

Ketika di keadaan polusi udara yang memburuk, sebaiknya membatasi aktivitas di luar ruangan. Jika kamu terpaksa untuk bekerja atau pergi ke luar ruangan, jangan lupakan masker dan pakai terus saat di kondisi outdoor agar kamu terhindar dari penyakit pernapasan.


(Baca Juga: 4 Makanan Yang Cocok Untuk Redakan Radang Tenggorokan)


Itulah beberapa cara yang dapat melindungi kamu dari dampak buruk polusi udara di Jakarta! Stay safe!



(Penulis: Larasati Emiri)

Life & health