Life & health

Hindari Penyakit Dengan 4 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

By : Her World Indonesia - 2023-08-11 19:00:02 Hindari Penyakit Dengan 4 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

Rempah-rempah merupakan bahan dasar yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam pembuatan makanan. Namun, kayu manis memiliki manfaat untuk kesehatan sehingga sering digunakan sebagai obat-obatan herbal. Salah satu kandungan kayu manis yaitu fitonutrien yang baik untuk mengurangi berbagai masalah kesehatan dari penyakit-penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung. Tidak hanya itu, kayu manis juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja manfaat kayu manis untuk kesehatan, simak lebih lanjut di bawah ini!


1. Mengobati Diabetes

Kayu manis merupakan rempah yang aman bagi penderita diabetes. Menurut Diabetes Research and Clinical Practice pada tahun 2019, kayu manis dapat menurunkan gula darah puasa pada penderita diabetes. Selebihnya, rempah seperti kayu manis juga memiliki respon yang baik pada hormon insulin untuk mengendalikan gula darah.


(Baca Juga: 4 Makanan Yang Cocok Untuk Redakan Radang Tenggorokan)

 

2. Anti Peradangan


(Manfaat kayu manis untuk kesehatan sebagai anti peradangan. Foto: Dok. ROMAN ODINTSOV/Pexels)


Selanjutnya, manfaat kayu manis untuk kesehatan yaitu sebagai anti peradangan. Dengan kandungan polifenol pada kayu manis, radang yang timbul pada tubuh dapat sembuh. Polifenol pada kayu manis juga sifatnya sebagai antioksidan yang membantu menangkal paparan radikal bebas dan sebagai antiradang.


3. Mengobati Penyakit Jantung


Selain itu, kayu manis memiliki khasiat dalam menurunkan risiko penyakit jantung dan mengurangi risiko hipertensi. Kayu manis memiliki kandungan cinnamaldehyde dan cinnamic acid yang baik untuk kesehatan jantung dengan menstabilkan tekanan darah dan melancarkan aliran darah. Rempah seperti kayu manis ini juga mampu menurunkan kolesterol dan lemak yang ada di dalam darah.


4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

(Kayu manis bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Foto: Dok. TREEDEO.ST/Pexels)

Manfaat kayu manis untuk kesehatan yang lainnya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan proanthocyanidins dan polifenol pada kayu manis bermanfaat untuk memperkuat kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, kayu manis memiliki peran lainnya sebagai antivirus, antijamur, dan antibakteri yang dapat mengurangi risiko bahaya-bahaya yang dapat menyerang kesehatan. 


(Baca Juga: Lagi Diet? Coba 10 Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak Ini!)


Sekarang, kamu sudah mengetahui manfaat kayu manis untuk kesehatan. Namun, mungkin kamu juga ingin tahu campuran yang dapat dikonsumsi bersama kayu manis. Kayu manis biasanya direbus dengan air dan air kayu manis tersebut dapat dikonsumsi dengan campuran madu dan lemon atau rempah-rempah lainnya seperti kunyit, jahe, dan cengkeh.


Itu dia beberapa manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh! Semoga membantu! 



(Penulis: Larasati Emiri)

Life & health