Sex & relationship

Ini 4 Manfaat Seks untuk Kecantikan, Penasaran?

By : Her World Indonesia - 2023-08-15 21:00:01 Ini 4 Manfaat Seks untuk Kecantikan, Penasaran?

Saat berbicara mengenai kecantikan, seperti kulit cerah atau kulit kencang, mungkin kamu tidak terpikirkan bahwa itu semua bisa didapatkan dari melakukan hubungan seks. Pada dasarnya, selain enak untuk dilakukan, tetapi seks memicu tubuh kita untuk beraksi dengan mengeluarkan berbagai jenis senyawa. Dari hormon hingga protein, semua zat yang dipicu oleh berhubungan seks ini memiliki berbagai khasiat soal urusan kecantikan. Pasti penasaran, kan? Yuk, simak pembahasannya!


(Baca Juga: 5 Posisi Berhubungan Seks agar Lebih Cepat Hamil)


1. Membuat kulit lebih cerah


Melakukan hubungan seks dapat meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Kolagen adalah protein alami yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit, serta meningkatkan kemampuan regeneratif kulit sehingga mencegah penuaan dini. Ditambah lagi, seks juga meningkatkan kadar asam hialuronat yang memiliki peran sebagai pelembab alami kulit.


Kaitan seks dengan kulit cerah bukan hanya itu saja. Apabila dilakukan secara rutin dan teratur, apalagi bisa mencapai orgasme, seks pastinya bisa meningkatkan kadar hormon estrogen pada tubuh wanita. Surplusnya hormon ini sangat penting untuk membantu mengunci kelembapan di kulit sehingga membuatnya lebih kenyal.


2. Mengurangi rasa stres


Orgasme yang terjadi saat melakukan seks dapat melepaskan serotonin dan Dehidroepiandrosteron (DHEA) yang sangat penting untuk meregulasi suasana hati serta perasaan bahagia dan rileks dari diri kita. Alhasil, manfaat ini dapat membantu menekan perasaan stres agar tidak berkembang hingga dapat menurun.


Meski bukan manfaat langsung pada kecantikan, tetapi mengurangi stres memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Dengan menurunnya hormon stres pada tubuh, maka kamu kualitas tidurmu pun akan meningkat. Dengan begitu, hal ini dapat memperlancar sirkulasi darah dan menjaga nutrisi pada kulit sehingga membantu atasi jerawat dan mengencangkan kulit. 



(Melakukan hubungan seks dapat mengurangi stres. Foto: Dok. senivpetro/freepik)

3. Memiliki perut rata


Manfaat hubungan seks selanjutnya adalah mampu membantu untuk membuat perut menjadi rata. Saat melakukan seks, maka tubuh secara alami akan melepaskan hormon oksitosin yang mengandung lemak sehingga akan mengurangi perut buncit, bahkan mengurangi risiko kolesterol. Tidak hanya itu, hormon oksitosin yang dilepaskan oleh tubuh tadi juga bisa digunakan oleh sel-sel kulit untuk manfaat mereka sendiri. Namun sebagai catatan, untuk mendapatkan manfaat ini kamu harus melakukan seks secara rutin.


(Baca Juga: Ada 4 Manfaat Lakukan Seks di Pagi Hari, Penasaran?)


4. Make up alami


Ini adalah manfaat seks untuk kecantikan yang paling praktis. Melakukan seks selama kurang lebih 15 menit di pagi hari akan membuat semua membran mukosa dalam tubuh berkontraksi dan terlihat kemerahan yang meninggalkan efek yang bagus untuk kulit. Pipi memerah secara alami, bibir pun akan terlihat jauh lebih merah sempurna sehingga kamu tidak perlu menggunakan perona pipi maupun lipstik. Namun efek ini juga tidak absolut, karena banyaknya faktor yang mempengaruhi. Satu-satunya cara cara untuk membuktikannya adalah mencobanya sendiri. 


Berikut empat manfaat berhubungan seks untuk kecantikan yang telah dirangkum oleh Her World. Jangan ragu untuk melakukan aktivitas seks secara rutin dengan pasangan dan rasakan sendiri manfaatnya!



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)



Sex & relationship