Food & travel

4 Fasilitas Umum di Jakarta yang Cocok Jadi Spot Foto

By : Her World Indonesia - 2023-08-14 16:00:01 4 Fasilitas Umum di Jakarta yang Cocok Jadi Spot Foto

Buat yang hobi fotografi, ataupun sekedar mencari foto untuk mempercantik feeds Instagram, kamu perlu tempat-tempat yang bisa kamu jadikan sebagai hunting ground mu. Sebagai kota terbesar di Indonesia, Jakarta sendiri memiliki berbagai macam spot foto cantik dan menarik yang bisa kamu jadikan spot andalanmu jika ingin berkarya. Sebagai kota metropolitan, Jakarta memiliki banyak fasilitas umum (fasum) yang tersebar di penjuru kota dan banyak dari fasum ini ternyata sangat estetis dan bisa dijadikan sebagai tempat berfoto.


Terkadang, banyak spot foto yang bagus tetapi aksesnya sulit, atau mungkin harganya mahal sehingga menghalangi beberapa orang untuk bisa menggunakannya. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan fasilitas umum kota sebagai tempat untuk menunjang aktivitas berkaryamu. Nah, Her World sudah memiliki rekomendasi empat fasum di Jakarta yang mudah di akses, murah, hingga gratis dan wajib kamu jadikan sebagai spot foto andalanmu. Yuk, simak daftarnya!


(Baca Juga: 4 Coffee Shop Menarik di Jakarta Selatan, Penasaran?)


1. Tebet Eco Park


(Tebet Eco Park. Foto: Dok. rfkyw/Instagram)

Tebet Eco Park merupakan taman kota yang terletak di Jakarta Selatan dengan area seluas 7,3 hektare. Taman ini memadukan struktur modern yang estetis dan bentangan suasana alam yang rimbun dan asri. Terdapat beragam jenis pohon, dan macam-macam tumbuhan yang dimiliki oleh Tebet Eco Park. Bahkan, sungai pun mengalir tepat di tengah-tengah susunan pepohonannya yang membuat taman ini memiliki ekosistem habitat fungsional dan tentunya sangat enak untuk di pandang. Selain itu semua, taman ini juga memiliki fasilitas lengkap seperti outdoor gym, pet area, jogging track, dan masih banyak lagi.


Nature sanctuary di tengah kota megapolitan ini tentunya akan sangat menarik untuk dieksplor melalui kacamata lensa. Kamu bisa mengambil foto landscape pemandangan alam, foto Still Life, foto arsitektur, dan tentunya foto flora dan fauna yang tidak bisa banyak ditemukan di tempat lain di Jakarta. Spot paling ikonik di sini adalah Infinity Link Bridge, yaitu jembatan penyebrangan orang yang menghubungkan taman utara dan selatan, serta punya desain unik pada railing nya dengan warna oranye yang eye-catching. Sebagai fasilitas umum dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Tebet Eco Park tentunya bebas dikunjungi oleh siapa saja dan gratis.


2. Anjungan Halte Bundaran HI & Halte Tosari


(Halte TransJakarta Bundaran HI. Foto: Dok. love_jkt/Instagram)

Halte TransJakarta yang terletak tepat di sisi utara dan selatan bundaran HI ini memiliki anjungan pada bagian atapnya yang disebut sebagai Sky Deck. Walaupun tidak terlalu tinggi, anjungan ini memberikan sudut pandang elevated yang jelas dan tak terhalang pada lanskap Bundaran HI. Bagi kamu yang sedang hunting foto-foto cakrawala perkotaan dengan kemegahan gedung-gedungnya, tempat ini sangat pas buatmu. Apalagi ditambah dengan penampakan ikonik dari Bundaran HI dan Patung Selamat Datang akan membuat fotomu jauh lebih majestic lagi. 


Baik saat siang, maupun malam kamu bisa memanfaatkan anjungan kedua halte ini untuk menghasilkan karya fotografi yang apik dengan nuansanya masing-masing. Tentunya, selain menghasilkan karya fotografi, dirimu bisa berfoto, dan ber-selfie estetis dengan latar belakang kemegahan gedung-gedung pencakar langit di jantung ibu kota Republik Indonesia ini. Akses masuk ke Sky Deck halte ini layaknya penumpang TransJakarta pada umumnya, yaitu dengan tap-in kartu uang elektronik. Bagi kamu yang tidak berencana menaiki bus dan hanya ingin ke anjungan saja pun tetap harus tap-in, ya!


3. Terowongan Kendal


(Terowongan Kendal. Foto: Dok, jakarta_tourism/Instagram)

Terowongan khusus pedestrian ini adalah pembuluh arteri dari Kawasan Berorientasi Transit (KBT) Dukuh Atas yang menjadi akses koneksi utama antara penumpang dari Stasiun MRT Dukuh Atas, Stasiun KRL Sudirman, Stasiun BNI City, Stasiun LRT Dukuh Atas dan Halte TransJakarta Dukuh Atas. Setiap harinya, puluhan ribu manusia melewati Terowongan Kendal, baik untuk ber-commute, mengamen, berjualan, jalan-jalan, hingga berkampanye. Tentu, traffic manusia yang masif ini membuat kamu para pecinta fotografi human interest pasti akan menemukan momen yang tak terbatas di sini untuk dijadikan bahan berkarya.


Tidak hanya itu, fisik dari terowongan ini juga cukup menarik dan cantik karena berbagai mural estetis dengan berbagai makna yang tergambar pada dindingnya. Apalagi jika di sore hari menjelang malam, terowongan ini akan disinari oleh pencahayaan warna-warni yang ditempatkan dengan rapi sehingga membuat ambience yang tidak biasa untuk ditangkap oleh kamera. Hal ini membuat Terowongan Kendal menjadi salah satu spot foto dan nongkrong favorit anak muda di Jakarta.


(Baca Juga: Ini 4 Rooftop Bar Yang Wajib Dikunjungi di Jakarta)


4. Hutan Kota GBK


(Taman Hutan kota GBK. Foto: Dok. jakarta_tourism/Instagram)

Taman Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK) adalah ruang terbuka hijau yang berada di dalam area Komplek Gelora Bung Karno dan menghadap ke Jalan Jenderal Sudirman. Meski namanya menggunakan kata “Hutan” tetapi sebenarnya lanskap Hutan Kota GBK didominasi oleh hamparan padang rumput berbukit dengan pohon yang tidak terlalu banyak. Tempat ini sangat cocok dipakai untuk nongkrong, piknik, olahraga, dan tentunya berfoto. 


Letaknya yang berseberangan dengan Kawasan Niaga Terpadu Sudirman membuat penampakan taman ini menghadirkan nuansa layaknya di Central Park, New York. Yaitu, suatu ruang terbuka hijau yang diapit oleh gedung-gedung tinggi pencakar langit. Hal ini membuat keunikan tersendiri yang membuat Hutan Kota GBK menjadi salah spot foto menarik yang digemari oleh masyarakat Jakarta. Selain itu, keindahan lanskap alam yang dimiliki taman ini juga membuat kita betah menghabiskan waktu di sini.


Berikut empat fasum yang bisa dijadikan spot foto di Jakarta rekomendasi Her World. Silahkan dijelajahi setiap sudut dari tempat-tempat di atas untuk menghasilkan foto terbaik, ya! Happy Hunting!



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)


Food & travel