Life & health

Lagi Diet? Coba 10 Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak Ini!

By : Her World Indonesia - 2023-07-02 12:00:01 Lagi Diet? Coba 10 Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak Ini!

Salah satu jenis makanan yang biasanya dicari oleh orang-orang yang sedang melakukan diet adalah makanan yang mengandung tinggi protein dan rendah lemak. Selain itu, untuk kamu yang sedang rutin berolahraga untuk membentuk otot, biasanya pasti mencari makanan-makanan yang seperti ini juga. Tidak perlu berpikir susah-susah karena sebenarnya makanan dengan tinggi protein dan rendah lemak itu ada di sekitar kamu, lho! Yuk disimak!


1. Putih telur


(Putih telur bagus dikonsumsi untuk pembentukan otot. Foto: Dok. Los Muertos Crew/Pexels)


Telur ayam adalah makanan yang dikenal dengan kandungan tinggi protein dan rendah lemak yang bisa membangun otot dan bagus untuk perbaikan sel tubuh. Namun, kamu harus berhati-hati karena kuning telur mengandung kolestrol yang cukup tinggi. Maka dari itu, akan lebih baik kamu mengonsumsi putih telurnya saja. Kamu bisa mengolahnya dengan dikukus terlebih dahulu atau ditambahkan ke dalam masakan agar menjadi lebih gurih.


2. Dada ayam


(Daging ayam tanpa kulit untuk makanan tinggi protein dan rendah lemak. Foto: Dok. alleksana/Pexels)


Dada ayam menjadi menu makanan orang diet yang paling dikenal karena kandungannya yang tinggi protein dan rendah lemak.. Sebenanrnya potongan daging ayamnya juga baik untuk dikonsumsi karena mengandung protein yang tinggi. Hal yang perlu diperhatikan adalah hindari memakan kulit ayam. Kulit ayam merupakan salah satu sumber lemak-lemak di tubuh. Sedikit tips untuk mendapat terkstur dada ayam yang lebih juicy dan empuk, coba kamu rendam di soda kue selama 30 menit terlebih dahulu.


3. Tahu


(Tahu adalah pilihan makanan sumber protein yang ekonomis. Foto: Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)


Tahu bisa jadi makanan andalanmu ketika mencari makanan tinggi protein rendah lemak. Dalam 100 gram tahu, terkandung 8 gram protein dan kalorinya hanya 76 kkal saja jika kamu tidak menggorengnya atau menambahkan bumbu. Pas dikosusi untuk memenuhi kebutuhan protein harianmu. Selain bernutrisi, tahu juga jadi opsi yang sangat ekonomis.


(Baca Juga: Kenali 7 Makanan Sumber Protein Nabati Ini!)


4. Tempe


(Tempe mengandung protein yang lebih banyak dibanding tahu. Foto: Dok. cottonbro studio/Pexels)


Opsi makanan tinggi protein rendah lemak ekonomis lainnya adalah tempe. Makanan yang biasanya sudah identik menjadi makanan pasangan tahu ini, ternyata memiliki protein yang bahkan lebih tinggi dari tahu, lho. Dalam 100 gram tempe, terkadung 19 gram protein. Namun, kalorinya memang lebih tinggi juga dibanding tahu. Jangan lupa untuk mengolahnya dengan bijak karena tempe rentan mengalami proses masak dengan bumbu yang berlebih seperti kecap.


5. Edamame


(Edamame bisa jadi cemilan sehat yang tinggi protein. Foto: Dok. Valeria Boltneva/Pexels)


Makanan ringan favorit orang Jepang yang satu ini bisa jadi pilihanmu jika ingin mencari camilan yang tinggi protein dan rendah lemak. Dalam 100 gram edamame terkandung 11 gram protein. Cara pengolahannya yang sederhana juga membuatnya jadi camilan praktis yang bisa diandalkan. Tinggal direbus saja, edamame langsung bisa kamu santap sambil menonton film.


6. Selada


(Selada merupakan salah satu sayuran dengan protein tinggi. Foto: Dok. Kai Pilger/Pexels)


Sayur yang satu ini pasti sering kamu temukan hampir di setiap hidangan karena sangat sering dijadikan salah satu garnish. Namun, tidak hanya untuk mempercantik hidanganmu, selada mengandung tinggi protein dan rendah lemak. Salah satu jenis selada yang mengandung protein tertinggi adalah daun kale.


7. Brokoli


(Brokoli juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Foto: Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)


Sayur yang satu ini merupakan makanan tinggi protein yang sangat baik untuk kamu yang sedang melakukan diet. Cara pengolahannya juga mudah, kamu bisa menumisnya atau mengukusnya dengan bawang putih. Selain kandungan proteinnya, brokoli juga kaya akan kalsium akan bagus untuk kesehatan tulangmu.


(Baca Juga: Tak Hanya Daging, Ini 8 Makanan Berprotein Tinggi)


8. Ikan kakap putih


(Ikan kakap putih juga kaya akan vitamin A dan D. Foto: Dok. Gans Art/Pexels)


Selain daging-daging merah, ikan juga menjadi salah satu opsi protein hewani tinggi protein dan rendah lemak yang bisa kamu konsumsi. Salah satu ikan dengan tinggi protein dan rendah lemak yang bisa kamu coba adalah ikan kakap putih. Selain protein ikan kakap putih mengandung vitamin A, vitamin D, natrium, kalsium, selenium, zat besi, dan kalium. Ikan yang satu ini paling enak jika diolah dengan cara ditim dengan jahe.


9. Ikan Dori


(Ikan dori memiliki kandungan omega-3. Foto: Dok. Nadin Sh/Pexels)


Selain ikan kakap putih, jenis ikan lainnya yang bisa kamu makan adalah ikan dori. Ikan dori jugua kaya akan omega 3, yodium, zat besi, magnesium, taurin, selenium, DHA, dan EPA. Ikan dori memiliki daging yang sangat lembut. Kamu bisa mengolahnya dengan berbagai macam cara salah satunya dengan ditumis dengan sayuran atau dimasak asam manis.


10. Greek yogurt

(Greek yogurt mengandung tiga kali lebih banyak protein dibanding yogurt biasa. Foto: Dok. Life Of Pix/Pexels)


Greek yogurt mengalami proses penyaringan whey yang membuat teksturnya lebih kental. Penyaringan tersebut yang membuat greek yogurt mengandung tiga kali lebih banyak kandungan protein dibandung yogurt biasa. Dianjurkan untuk kamu memilih greek yogurt yang terbuat dari susu rendah lemak.


Berikut sepuluh makanan tinggi protein dan rendah lemak yang ada di sekitar kita. Tidak sulit bukan untuk menemukannya? Yuk mulai hidup lebih sehat dengan mengonsumsi makanan-makanan ini dengan pengolahan yang benar juga! Selamat mencoba!


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Life & health