Life & health

Wajib! Tonton 6 Film Yang Pernah Diperankan Cillian Murphy

By : Vanessa Masli - 2023-08-04 16:00:02 Wajib! Tonton 6 Film Yang Pernah Diperankan Cillian Murphy

Tren ‘Barbieheimer’ mungkin tak lagi asing di telinga saat penayangan film Barbie arahan Greta Gerwig bersamaan dengan Oppenheimer arahan Christopher Nolan. Dua kisah dan nuansa yang berbeda ditawarkan dalam satu waktu sehingga banyak orang-orang berusaha mendapatkan kursi terbaik (dipastikan kamu merasakan sensasi seperti war tiket konser untuk sebuah kursi IMAX demi Oppenheimer) untuk menikmati kedua film tersebut.


Tak lagi ingin membahas tren yang mungkin sudah berjalan lebih dari dua minggu ini, tapi Her World ingin membahas lebih jauh tentang aktor yang fokus utama dalam film biografi J. Robert Oppenheimer, Cillian Murphy. Dengan kesuksesannya berakting memerankan ‘Bapak Bom Atom’, nama Cillian kian dikenal banyak orang.


Namun, aktor satu ini sudah berkecimbung di dunia seni peran selama lebih dari 20 tahun. Mungkin kamu juga mengenalnya dari peran Thomas Shelby dalam serial Peaky Blinders, tapi aktor satu ini memiliki serangkaian film yang wajib kamu tonton. Penasaran apa saja? Simak rangkuman Her World di bawah ini.


1. 28 Days Later (2002)


Jadi salah satu film pertama Cillian di awal kariernya yang menariknya bergenre horor. Film bertajuk 28 Days Later disutradarai oleh Danny Boyle (beberapa karyanya meliputi Slumdog Millionaire, 127 Hours, dan Steve Jobs). Film ini menceritakan seorang kurir sepeda (diperankan oleh Cillian) yang sadar dari koma dan mendapati bahwa kota tempat tinggalnya terinfeksi virus menular yang sebabkan kehancuran dalam masyarakat.


Film ini mengambil inspirasi dari serial film Night of the Living Dead arahan George A. Romero dan novel karya John Windham berjudul The Day of the Triffids. Sang sutradara memilih Cillian karena terpukau atas aktingnya dalam film Disco Pigs.


2. Batman Begins (2005)



(Cillian Murphy sebagai dr. Crane. Foto: Dok. IMDb)


Tahukah kamu kalau sebenarnya Cillian Murphy mengikuti audisi untuk peran Batman dalam trilogi film Batman arahan Christopher Nolan? Meski ia peran pahlawan super satu tersebut jatuh ke tangan Christian Bale, Cillian berhasil mendapatkan peran dan terlibat dalam trilogi tersebut.


Ia justru didapuk untuk memerankan Dr. Jonathan Crane atau Scarecrow yang merupakan musuh Batman dalam film tersebut. Aktingnya sebagai supervillain ini berhasil meraih beberapa nominasi. Ia juga kembali memerankan tokoh tersebut dalam dua film berikutnya The Dark Knight (2008) dan The Dark Knight Rises (2012).


3. Breakfast on Pluto (2005)


Dalam tahun yang sama, Cillian juga memerankan tokoh utama dalam film arahan Neil Jordan bertajuk Breakfast on Pluto. Bukan film horor, bukan film action, kali ini Cillian berperan dalam sebuah film bergenre drama komedi yang mengisahkan perjalanan seorang transgender yang mencari cinta dan sang ibu yang hilang di Irlandia dan Inggris era 1970-an.


Dalam persiapannya, Cillian mempelajari bahasa tubuh wanita dan selama beberapa minggu, bertemu dengan seorang drag queen yang membantunya dalam riset. Melalui film ini, Cillian berhasil meraih penghargaan dalam Irish Film dan Television Awards untuk kategori Best Actor in a Lead Role in a Feature Film.


(Baca Juga: Perjalanan Akting dan 4 Fakta Menarik Cillian Murphy)


4. Inception (2010)



(Cillian Murphy berperan dalam film Inception. Foto: Dok. IMDb)


Ia kembali bekerjasama Christopher Nolan dengan memerankan sosok Robert Fischer dalam film Inception. Dalam film bergenre fiksi ilmiah dan action ini, Cillian beradu akting dengan beberapa aktor Hollywood lainnya seperti Leonardo DiCaprio, Joseph Gordon-Levitt, Marion Cotillard, Tom Hardy, dan Michael Caine.


Sebuah cerita yang disimpan oleh Christopher Nolan selama hampir 10 tahun sebelum digarap ini mengisahkan seorang pencuri profesional yang menginfiltrasi alam bawah sadar seorang target untuk mencuri informasi. Cillian mengaku senang bisa beradu akting dengan salah satu idolanya, Pete Postlethwaite.


5. Anthropoid (2016)


Mungkin di tahun 2023, ia memerankan sosok di balik pembuatan bom atom yang menjadi catatan sejarah selama Perang Dunia II. Namun, Cillian lebih dulu pernah terlibat dalam sebuah film yang mengambil latar Perang Dunia II, lagi-lagi berdasarkan kisah nyata tentang rencana pembunuhan tangan kanan Hitler, Reinhard Heydrich dalam sebuah operasi bernama Operasi Anthropoid.


Dalam film arahan sutradara Sean Ellis ini, Cillian beradu akting dengan Jamie Dornan memerankan dua mantan anggota militer Czechoslovakia, Jozef Gab?ik dan Jan Kubiš.


6. A Quiet Place Part II (2020)



(Cillian berperan sebagai Emmett dalam sekuel film A Quiet Place Part II. Foto: Dok. IMDb)


Kalau kamu menyaksikan salah satu film bergenre horor arahan John Krasinki berjudul A Quiet Place pada 2018 lalu, mungkin tak lagi asing dengan keluarga Abbott (yang juga diperankan oleh John Krasinki dan istrinya, Emily Blunt), berusaha bertahan hidup dalam keheningan dan ketakutan di tengah kehancuran dunia yang dikuasai oleh makhluk asing dengan indera pendengaran.


Dua tahun kemudian, John menghadirkan sekuel dari film ini dengan dunia yang lebih luas dan chaotic dalam film A Quiet Place Part II. Kali ini, Cillian dipercaya untuk memerankan Emmett, penyintas yang berhasil hidup di tengah kehancuran wilayahnya dan juga memiliki hubungan di masa lalu dengan keluarga Abbott.


(Baca Juga: Ini Fakta-Fakta Tak Terduga Film "A Quiet Place Part II")


Beberapa film yang pernah diperankan Cillian Murphy dan mungkin bisa jadi tontonanmu akhir pekan ini. Kira-kira film mana yang ingin kamu tonton lebih dulu?



Life & health