Sex & relationship

3 Waktu Yang Paling Tepat Untuk Berhubungan Agar Cepat Hamil

By : Her World Indonesia - 2023-08-02 20:00:02 3 Waktu Yang Paling Tepat Untuk Berhubungan Agar Cepat Hamil

Menanti buah hati adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan dalam sebuah pernikahan. Namun, cepat atau lambatnya penantian ini tergantung oleh banyak faktor seperti kualitas sel sperma & sel telur, usia, hormon, kondisi kesehatan, frekuensi berhubungan intim, dan juga masa subur. Bagi pasangan yang sudah memutuskan untuk memulai program hamil, penting untuk memperhatikan faktor-faktor tersebut. 


Nah, kemudian salah satu faktor penunjang kehamilan yang harus diatur oleh pasangan adalah waktu. Tepat atau tidaknya waktu dan momentum sepasang suami istri dalam melakukan hubungan seks tentunya akan menentukan terbentuk atau tidaknya janin pada rahim. Teorinya, tidak setiap waktu sel telur akan siap dibuahi dengan sperma. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk menentukan waktu berhubungan yang tepat. Kapan saja waktunya? Yuk, simak pembahasannya!


(Baca Juga: Wah, Ini 4 Manfaat Ciuman Bibir)


1. Pada masa ovulasi


Bagi wanita, penting untuk menghitung siklus menstruasi dengan mencatatnya di kalender. Nah, metode ini bisa dijadikan acuan bagi pasangan untuk melakukan hubungan intim. Dengan melihat kalender siklus menstruasi, kita dapat mengetahui masa subur atau masa ovulasi dari sel telur. Biasanya masa ini terjadi pada 12 - 14 hari sebelum menstruasi berikutnya terjadi.


Pada masa ovulasi, sel telur telah mencapai waktu matangnya dan keluar menuju tuba falopi untuk siap dibuahi oleh sel sperma. Dengan kondisi ini, maka melakukan hubungan intim di waktu-waktu tersebut bisa memperbesar peluang keberhasilan program hamil. 


Beberapa sumber juga mengatakan bahwa masa paling subur wanita adalah dua hingga tiga hari sebelum ovulasi. Jadi, tidak ada salahnya untuk meningkatkan frekuensi hubungan seks pada masa-masa ovulasi ini hingga setidaknya dua atau tiga kali dalam seminggu. Saat ini juga sudah banyak aplikasi atau laman web untuk mencatat periode menstruasi yang menyertakan tanggal ovulasi. 


2. Pagi hari


Tidak hanya sel telur yang perlu diperhatikan, namun kualitas sel sperma juga menentukan keberhasilan kehamilan. Menurut penelitian, sperma memiliki kualitas paling baik saat pagi hari sebelum pukul 07.30. Sel sperma dengan kualitas prima bisa meningkatkan daya “selam” agar mampu mencapai sel telur. Kamu dan pasangan bisa menyempatkan bermain di ranjang sebelum memulai aktivitas. Selain itu, melakukan hubungan seks pada pagi hari juga bisa meningkatkan mood, lho!


(Berhubungan seks pada pagi hari dapat mempercepat kehamilan. Foto: Dok. cottonbro studio/pexels)


3. Pukul tiga sore


Menurut beberapa penelitian, secara teori waktu yang tepat bagi kedua pihak untuk melakukan berhubungan seks adalah di sore hari, tepatnya pukul 15.00. Sebab, pada jam ini hormon estrogen pada wanita mengalami kenaikan dan sama halnya dengan pria dimana hormon testosteron juga sedang meningkat. Meski hal ini belum benar-benar terbukti secara ilmiah, tetapi tetap layak untuk dicoba.


(Baca Juga: Mengenal Alat Bantu Seks Untuk Wanita Serta Manfaatnya)


Berikut tiga waktu yang disarankan oleh Her World untuk momentum terbaik melakukan hubungan seks agar kamu dan pasangan bisa lebih cepat memiliki buah hati yang kalian inginkan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan alat kelamin juga. ya!



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)



Sex & relationship