Sex & relationship

Wah, Ini 4 Manfaat Ciuman Bibir

By : Natasha Fitrand - 2023-08-01 21:00:02 Wah, Ini 4 Manfaat Ciuman Bibir

Kissing doesn’t only feel good, but it’s also good for you!

Berciuman, terutama ciuman bibir adalah salah satu cara manusia mengekspresikan rasa cinta, kasih sayang, dan ketertarikan seksual kepada pasangannya. Terdapat banyak cara untuk melakukan ciuman bibir, mulai dari deep kiss hingga french kiss yang melibatkan pergerakan lidah. Ciuman bibir sendiri melibatkan rangsangan ke lebih dari 10.000 ujung saraf dimulai dari bibir menuju otak, hal inilah yang membuat berciuman terasa addicting.

Selain mampu meningkatkan ikatan dan keintiman bersama pasangan, rupanya ciuman bibir juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Simak manfaat ciuman bibir di bawah ini.


(Baca Juga: Ada 6 Jenis Ciuman Dalam Sebuah Hubungan, Ini Artinya!)


1. Meningkatkan Hormon ‘Bahagia’

(Ilustrasi ciuman bibir. Foto: Dok. Freepik)

Ciuman bibir merangsang otak untuk memproduksi berbagai hormon seperti oxytocin, dopamine, serotonin, dan endorphin yang dapat membuatmu merasa hangat, puas, tenang, serta bahagia. Menariknya, berciuman juga mengaktifkan area yang sama di otak yang terkait dengan reward dan addiction. Hal inilah yang membuat ciuman bibir terasa ‘nagih’ untuk dilakukan.


2. Mengurangi Stres dan Rasa Cemas

(Ilustrasi ciuman bibir. Foto: Dok. Freepik)

Perasaan bahagia yang muncul setelah berciuman juga bisa membantumu untuk mengurangi stres dan rasa cemas, lho. Hal ini dikarenakan ciuman bibir dapat mengurangi kadar kortisol dalam tubuh, menjadikannya obat yang ampuh untuk stres. Ciuman bibir juga bisa memberikan efek yang relaksasi, terutama ketika kamu sedang merasa cemas. Selain itu, ciuman bibir juga bisa melegakan rasa kram, seperti period cramp hingga pusing kepala.


3. Mengurangi Tekanan Darah


(Ilustrasi ciuman bibir. Foto: Dok. Freepik)

Ciuman bibir dapat meningkatkan detak jantung dengan cara melebarkan pembuluh darah. Ketika pembuluh darah melebar, aliran darah akan meningkat dan memicu penurunan pada tekanan darah. Siapa yang sangka, rupanya berciuman juga baik untuk jantungmu!


(Baca Juga: Mendebarkan! Ini 8 Ciuman Drama Korea Paling Romantis)


4. Membakar Kalori


(Ilustrasi ciuman bibir. Foto: Dok. freepic.diller/Freepik)

Ciuman bibir, terutama french kiss yang banyak melibatkan pergerakan lidah banyak menggunakan otot-otot di wajah, lho. Ciuman bibir memicu setidaknya lima pasang saraf; termasuk saraf penciuman yang digunakan saat mencium; saraf trigeminal yang dipicu oleh sentuhan pada mulut, lidah, pipi, dagu, dan rahang; saraf wajah yang digunakan untuk mengontrol otot wajah seperti bibir; saraf glossopharyngeal dan vagus yang bertanggung jawab untuk mengontrol suara; serta saraf hypoglossal yang mengendalikan lidah.

Berkat hal ini, kamu mampu membakar 2-26 kalori per menit tergantung seberapa lama kamu berciuman. Jadi, bisa dibilang berciuman termasuk olahraga untuk wajah bahkan leher.


Itu adalah empat manfaat ciuman bibir untuk kesehatan. Selain baik untuk kelanggengan hubungan, berciuman dengan pasangan juga efektif untuk memberikan perasaan positif dan bahagia, hingga sehat untuk jantungmu!


Sex & relationship