Hair & beauty

6 Manfaat Air Beras Untuk Rambut Yang Lebih Indah dan Sehat

By : Her World Indonesia - 2023-07-05 12:00:02 6 Manfaat Air Beras Untuk Rambut Yang Lebih Indah dan Sehat

Air beras hanyalah cairan sederhana tapi memiliki banyak sekali kandungan baik di dalamnya. Kalian mungkin sudah familiar dengan manfaat air beras untuk wajah, namun sebenarnya air beras juga memiliki banyak manfaat untuk rambut. Bahkan wanita Jepang telah menggunakan air beras sebagai fungsi conditioner dalam merawat rambut mereka tercatat sejak era Heian pada tahun 800an masehi.


Air beras sendiri memiliki banyak manfaat karena memiliki kandungan berupa vitamin E, A, antioksidan, dan yang paling penting asam amino karena mampu menjaga kesehatan rambut hingga merangsang kemampuan regeneratif rambut. Inilah sebabnya air beras memiliki berbagai macam manfaat jika rutin digunakan untuk membilas rambut, terutama kalian yang memiliki rambut panjang. Apa aja, sih? Yuk, simak macam-macam manfaatnya berikut ini!


(Baca Juga: 4 Bahan Makanan untuk Bantu Mengatasi Rambut Rontok)


1. Menyuburkan rambut

Manfaat air beras yang pertama adalah membantu menjaga kesuburan rambut. Cara pengaplikasiannya adalah gunakan untuk membilas rambut setelah mencuci rambut dengan sampo layaknya kalian menggunakan conditioner. Bilas rambut dengan air beras lalu biarkan selama sekitar 15 menit baru kemudian bilas dengan air bersih. Kalian bisa coba lakukan perawatan ini minimal dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.


2. Mengurangi ketombe

Ketombe adalah permasalahan rambut yang tidak cukup diatasi dengan sampo saja, karena salah satu penyebab utama rambut berketombe adalah kulit kepala kering dan memiliki pH yang tidak seimbang. Kandungan asam amino yang terdapat pada air beras akan membantu menyeimbangkan pH kulit. Maka dari itu rutin membilas kepala dengan air beras secara teratur merupakan cara yang efektif dalam mengurangi ketombe di rambut.


3. Menghilangkan Kutu

Tentu tidak ada yang menginginkan memiliki rambut berkutu, tapi jika sudah terlanjur maka air beras bisa membantu untuk mengatasinya. Tidak banyak diketahui bahwa air beras sangat efektif dalam membunuh kutu rambut hingga larva-larvanya. Bilas rambut menggunakan air beras, setelah itu tutup kepala dengan topi mandi atau penutup apapun. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas rambut. Dijamin semua kutu di rambutmu sudah akan pamit undur diri.


4. Membantu rawat rambut bercabang

Rambut bercabang adalah permasalahan rambut yang sangat mengganggu, bahkan jika dibiarkan bisa membuat pertumbuhan rambut jadi terhenti. Oleh karena itu air beras bisa jadi solusinya, kalian bisa gunakan air beras sebagai conditioner booster agar membantu conditioner bekerja maksimal. Setelah keramas dan memakai conditioner, celupkan ujung rambut pada semangkuk air cucian beras. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas rambut dengan air bersih.



(Air beras dapat bantu atasi rambut bercabang. Foto: Dok. user18526052/freepik)


5. Mengatasi rambut mengembang

Rambut mengembang seringkali membuat sebal karena tidak bisa diatasi hanya dengan menyisir rambut, bahkan setelah keramas pun ternyata masih sama saja. Cara untuk mengatasinya bisa dengan sesimpel membasuh rambut menggunakan air beras. Inositol yang terkandung pada air beras dapat membuat elastisitas rambut semakin baik. Penggunaan air beras bisa menjadikan rambut tidak mengembang dan tidak mudah patah saat bergesekan


6. Mengurangi kusut pada rambut keriting

Bagi kalian yang memiliki rambut keriting apalagi panjang dan lebat, permasalahan yang sering dijumpai sudah pasti adalah rambut kusut dan sulit untuk diurai. Tentunya, solusi yang bisa kalian coba adalah menggunakan bilasan air beras karena kandungan protein yang terdapat di dalamnya efektif untuk membantu melembabkan batang rambut. Hal ini kemudian akan membuat rambut jadi lebih mudah diatur sesuai keinginan termasuk mengurai kekusutan.


(Baca Juga: 12 Cara Menggunakan Hair Mask Yang Benar Agar Rambut Sehat!)


Itulah beberapa manfaat dari siraman air beras untuk membantu perawatan rambut. Sangat menarik bukan? Membuat air beras sangatlah mudah dan murah, ditambah lagi air beras tidak memiliki efek samping apapun untuk rambut. Jadi kalau kalian memiliki masalah rambut yang tak kunjung usai dan belum menemukan solusinya, jangan ragu untuk mencoba gunakan air beras, ya!



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)


Hair & beauty