Hair & beauty

Mengungkap Rahasia Awet Muda Untuk Wanita Modern

By : Putri Arifa Malik - 2023-08-01 16:00:02 Mengungkap Rahasia Awet Muda Untuk Wanita Modern

Ketika berbicara mengenai penuaan, tentunya sebagian besar dari kita ingin memperlambat proses tersebut. Menjadi tua bukanlah hal yang tidak wajar, namun akan sangat menyenangkan apabila proses tersebut dijalani dengan sebaik mungkin. 


Beberapa waktu silam, Her World Indonesia sempat berbincang dengan dr. Joseph Y. Chang, PH.D., Chief Scientific Officer & Executive Vice President, Product Development dari Nu Skin. Pria yang akrab disapa dengan dr. Joe ini juga merupakan pengarang buku bertajuk The Aging Myths, yang menjadi New York Times Best Seller. 


Simak obrolan Her World Indonesia bersama dr. Joe yang membahas seputar proses penuaan berikut ini.



Kebiasaan apa yang bisa mempercepat proses penuaan, terutama pada wanita?


Hal yang paling berpengaruh dalam proses penuaan adalah gaya hidup. Cara kamu menjalani hidup sehari-hari memiliki dampak paling besar, contohnya seperti pola tidur. Pola tidur yang tidak sehat, yaitu kurangnya waktu istirahat di malam hari, memegang peran cukup penting dalam mempercepat proses penuaan. Get enough sleep, it improves your health in many ways


Faktor lainnya yang cukup berpengaruh adalah sinar matahari. Saat kamu terekspos sinar matahari yang cukup banyak tanpa perlindungan, ia tentu akan merusak kulit secara lebih cepat. Menggunakan tabir surya dan bentuk perlindungan lainnya terhadap sinar matahari tentu akan membantu memperlambat proses penuaan, terutama pada kulit. Hal yang saya perhatikan, wanita Asia sepertinya sadar betul akan hal ini. Di negara-negara Asia, wanita pada umumnya sangat memerhatikan perlindungan dari sinar matahari. Tak hanya menggunakan produk tabir surya, tapi mereka juga telah dengan sadar memanfaatkan perlindungan fisik lainnya seperti menggunakan topi, payung, dan kacamata hitam saat keluar ruangan. 


Apakah ada hacks bagi para wanita untuk memperlambat proses penuaan?


Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, salah satu cara paling mudah adalah dengan mendapatkan tidur yang cukup. Tidur selama enam hingga delapan jam dalam satu hari sebenarnya sudah cukup memiliki dampak yang signifikan untuk membantu memperlambat proses penuaan. Menghindari rokok dan konsumsi alkohol berlebihan juga menjadi hacks yang cukup mudah.


Selain itu, kamu juga sebaiknya menghindari berada di bawah sinar matahari untuk waktu yang cukup lama. Jika memang harus terekspos sinar matahari, jangan pernah lupakan seperti tabir surya dan perlindungan fisik lainnya seperti topi, payung, dan kacamata hitam.


Mengonsumsi makanan bergizi juga menjadi salah satu kunci membantu menghambat proses penuaan. Nutrisi yang cukup dan baik tentunya bisa menjaga tubuh kamu agar tetap sehat. Jika bicara tentang kecantikan, kulit juga merupakan bagian dari organ tubuh. Saat tubuh kamu memiliki nutrisi cukup, ia juga akan berfungsi dengan baik dan tentunya memelihara kesehatan seluruh organnya secara maksimal. 


Apakah stres memiliki peranan penting dalam proses penuaan?


Tentu saja! Simpelnya, stres membuat kamu menjadi sulit mendapatkan tidur yang berkualitas. Saat sedang merasa stres, tubuh akan melepaskan sebuah hormon bernama kortisol. Ketika kadar hormon kortisol sedang tinggi, ia dapat memengaruhi cara kerja tubuh termasuk jantung, paru-paru, dan organ tubuh lainnya. Tak hanya pada proses penuaan, stres berlebihan juga memiliki dampak negatif terhadap kesehatan tubuh. Saya sarankan untuk melakukan kegiatan positif yang bisa meregulasi stres, seperti yoga secara teratur. 



(dr. Joseph Y. Chang, PH.D., Chief Scientific Officer & Executive Vice President, Product Development dari Nu Skin. Foto: Dok. Nu Skin)


Bagaimana dengan obesitas? Apakah hal tersebut juga memiliki pengaruh terhadap proses penuaan? 

Berat badan yang tidak ideal dan berlebihan tentu saja dapat memengaruhi fungsi tubuh secara keseluruhan, dan nantinya akan berdampak pada kesehatan. Saat kamu mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, tentunya lemak akan menumpuk dan menyebabkan biochemical stress pada tubuh. Dalam ilmu sains, kami menyebutnya dengan fenomena inflammatory tissue. 


Mengatur berat badan dan menjaganya agar tidak melampaui batas ideal terlalu jauh menjadi cara yang tepat untuk memaksimalkan fungsi tubuh. Saat fungsi tubuh kamu bekerja dengan baik, tentunya proses penuaan tidak akan berjalan terlalu cepat. Maka dari itu, penting untuk berolahraga teratur dan mengonsumsi makanan bergizi untuk hidup yang lebih sehat serta awet muda.


(Baca Juga: Cara Pakai Retinol Pada Produk Skincare Untuk Pemula)


Jenis vitamin dan nutrisi apa yang kita butuhkan untuk tetap sehat dan awet muda? Bisakah Kita hanya mendapatkannya dari asupan makanan dan minuman?

Tubuh kita membutuhkan semua jenis vitamin, hanya jumlahnya saja yang berbeda. Di zaman modern ini, saya rasa sudah sedikit orang yang benar-benar kelaparan, mereka hanya tidak mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Mereka selalu makan setiap hari, namun bukan makanan yang tepat. Kebanyakan dari kita mengonsumsi makanan berlebihan, namun tak cukup kaya akan nutrisi.


Makanan seperti sayuran dan buah-buahan menjadi sumber vitamin yang paling mudah didapatkan, tapi tidak semua orang mengonsumsinya secara cukup. Setiap manusia perlu untuk mengonsumsi setidaknya tujuh jenis sayuran dan buah-buahan setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hanya dari makanan saja. Tentunya hal tersebut tidak mudah dilakukan oleh setiap orang.


Berangkat dari hal tersebut, maka penting bagi kita untuk mempertimbangkan tambahan suplemen kesehatan dalam bentuk vitamin yang diminum setiap hari. Di Nu Skin, kami memiliki suplemen kesehatan LifePak yang sangat kaya akan vitamin untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh sehari-hari. Saya yakin suplemen kesehatan tersebut cukup penting untuk dimasukkan ke dalam diet kamu. 


Boleh berbagi sedikit mengenai development terbaru dari Nu Skin seputar dunia antipenuaan, kecantikan, dan wellness?


Saat ini Nu Skin telah memiliki beberapa gawai canggih untuk memenuhi kebutuhan kamu, mulai dari kebutuhan kesehatan hingga kecantikan juga wellness. Namun, kami tentu saja tidak berhenti sampai di situ. Mengikuti perkembangan zaman dan seiring bertambahnya kebutuhan konsumen, Nu Skin saat ini sedang menggarap sebuah gawai canggih yang lebih hebat dari sebelumnya. 



(Baca Juga: Cerah Berkilau, Ini 8 Manfaat Uap Air Panas Untuk Wajahmu)


Sedikit bocoran tentang ageLOC WellSpa iO, gawai canggih yang akan segera diluncurkan, alat ini akan menawarkan banyak manfaat tak hanya bagi wajah, tapi juga seluruh bagian tubuh. Gawai ini dirancang khusus untuk membantu menstimulasi jaringan limfatik sehingga memaksimalkan proses pembuangan racun dari jaringan tubuh. Hal ini tentu saja akan memaksimalkan fungsi tubuh secara keseluruhan, dan membawa manfaat bagi kecantikan serta wellness untuk penggunanya.


Hair & beauty