Hair & beauty

Cerah Berkilau, Ini 8 Manfaat Uap Air Panas Untuk Wajahmu

By : Vanessa Masli - 2023-07-31 19:00:02 Cerah Berkilau, Ini 8 Manfaat Uap Air Panas Untuk Wajahmu

Caranya sederhana dan bisa kamu lakukan di rumah, tapi bisa berikan segudang manfaatnya yang kulit wajahmu akan ucapkan terima kasih. Bahannya pun sesederhana caranya, semangkuk besar air panas mendidih yang dimanfaatkan uapnya untuk menyehatkan wajah. Perawatan uap air panas ke wajah atau bisa disebut dengan facial steaming mungkin menjadi solusi untuk tampilan kulit yang lebih sehat, cerah, dan berkilau.


Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk mendekatkan wajah (jarak uap dengan wajah kurang lebih 40 sentimeter), dan menikmati sensasi hangat yang “menyelimuti” wajahmu. Sederhana, bukan? Namun, di bawah ini, Her World sudah merangkum manfaat dari uap air panas yang tak sederhana untuk wajah.


1. Membersihkan pori-pori


Sebagian orang menganggap bahwa pori-pori akan terbuka kalau wajahmu didekatkan dengan uap air panas. Namun, perawatan ini justru membersihkan pori-pori yang tersumbat dengan menghaluskan kulit dan segala debu maupun kotoran yang menyumbat pori wajah. Itu jadi salah satu alasan perawatan satu ini cocok dengan berbagai jenis kulit sekaligus solusi untuk mengatasi komedi.


Namun, setelah melakukan perawatan uap air panas bukan berarti kamu boleh mengekstrasi jerawat atau komedo sembarangan. Alternatifnya, kamu bisa menggunakan exfoliating toner untuk kulit wajah yang bersih secara maksimal.


2. Melancarkan sirkulasi darah


Kulit yang sehat dan cerah juga didorong dengan produksi kolagen. Produksi kolagen juga didorong oleh sistem peredaran darah yang bekerja secara maksimal. Dengan memberikan uap air panas ke wajah, kamu membantu lancarkan sirkulasi darah sehingga tampilan wajah terlihat lebih halus, lembut, dan sehat.



(Melancarkan sirkulasi darah. Foto: Dok. Sora Shimazaki/Pexels)


3. Meluruhkan minyak berlebih


Secara alami, kulit memproduksi minyak yang dikenal dengan sebum untuk menjaga hidrasinya. Namun, produksi sebum berlebihan memiliki potensi untuk menyumbat pori-pori wajah hingga jerawat pun tak terelakkan. Nah, perawatan uap air panas ke wajah ini bisa bantu luruhkan minyak berlebih yang tersumbat di pori-pori sehingga bisa mengurangi potensi jerawat maupun komedo.


4. Membantu penyerapan produk skincare


Mulai dari cleanser hingga sunscreen, rangkaian skincare menjadi salah satu kebiasaan esensial untuk memastikan kondisi kulit wajah tetap sehat. Namun, kerja produk-produk ini tak akan maksimal kalau kulit tak menyerapnya dengan baik sehingga penting untuk memastikan kondisi kulit bersih saat proses penyerapan.


Dengan mendekatkan wajah ke uap air panas, kamu tak hanya membersihkan kulit wajah tapi juga memaksimal penyerapan produk skincare yang dipakai. Pori-pori yang bersih dan terbuka akan selalu siap menerima berbagai zat baik untuk kesehatan kulit.


(Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Penyebab Pori-Pori Besar Pada Kulit Wajah)


5. Mengurangi bakteri penyebab jerawat


Dengan melakukan perawatan uap air panas ke wajah secara rutin, pori-pori wajahmu akan lebih terbuka. Perawatan ini membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan bakteri penyebab jerawat sehingga pori-porimu tak tersumbat dan kulit jadi lebih bebas jerawat. Selama kamu melakukannya secara rutin, pori-pori wajah akan terjaga kebersihannya.


6. Menghidrasi kulit


Uap air panas yang didekatkan ke wajah dan menempel di kulit adalah salah satu faktor sederhana dalam menjaga atau bahkan menambah kelembapan kulit wajah. Dengan mendekatkan wajah ke uap air panas, kamu membantu meningkatkan produksi minyak alami kulit sehingga bisa melembapkan wajah secara alami. Buat kamu yang memiliki jenis kulit kering atau dehidrasi, perawatan ini mungkin bisa dicoba.



(Menghidrasi kulit dengan cara sederhana. Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)


7. Menenangkan diri


Tak hanya kondisi kesehatan kulit wajah yang dijamin, tapi uap air panas juga baik untuk kesehatan mental. Kamu bisa merilekskan pikiran sekaligus menenangkan diri saat melakukan perawatan ini. Dengan mengambil waktu setidaknya 10 menit untuk fokus pada kehangatan yang kulitmu rasakan dan menikmati keheningan. Hitung-hitung lumayan untuk sejenak meditasi, tapi jangan sampai ketiduran ya!


8. Mudah dilakukan


Tak menambah kepalamu makin stres dalam menjaga kondisi kulit. Mulai dari bahannya yang mudah didapatkan, bisa mangkuk besar diisi air panas, handuk yang direndam air panas, atau membeli facial steamer, hingga caranya sederhana, perawatan ini jadi hal yang mudah dilakukan tapi memberikan hasil maksimal untuk kondisi kulit wajah sehingga lebih sehat dan berkilau.


(Baca Juga: 7 Manfaat Totok Wajah Ini Bisa Bikin Kamu Ingin Mencoba)


Itulah beberapa manfaat uap air panas yang mungkin bisa yakinkanmu untuk mencobanya di rumah. Jadi, kira-kira kamu tertarik melakukan perawatan satu ini di rumah?


Hair & beauty