Hair & beauty

Wajib Tahu! 5 Penyebab Pori-Pori Besar Pada Kulit Wajah

By : Her World Indonesia - 2023-07-31 15:00:01 Wajib Tahu! 5 Penyebab Pori-Pori Besar Pada Kulit Wajah

Ada banyak permasalahan kulit wajah selain jerawat dan alergi yaitu pori-pori kulit yang besar. Walaupun memiliki pori-pori kulit yang besar tidak ada kaitannya dengan masalah kesehatan, hal ini bisa menjadi masalah penampilan yang berpengaruh pada rasa percaya diri. Untuk kamu yang memiliki pori-pori besar, kemungkinan dikarenakan sifatnya yang genetis sehingga pori-pori kamu tidak dapat mengecil.


Oleh karena itu, sebaiknya kamu menjaga pori-pori kulit wajahmu agar tidak semakin membesar. Kamu juga perlu memperhatikan beberapa penyebab pori-pori besar di bawah ini yang udah Her World bantu rangkum! Keep Scrolling!


1. Tidak Membersihkan Wajah Secara Rutin


Jika kamu sering keluar beraktivitas terutama menggunakan makeup, membersihkan wajah setidaknya pagi dan malam hari sangatlah penting. Jangan malas membersihkan muka karena kotoran-kotoran pada wajah dapat mengalami penumpukan yang menjadikan penyebab pori-pori besar.


2. Sering Menyentuh Wajah

(Penyebab pori-pori besar pada kulit wajah. Foto: Dok. cottonbro studio/Pexels)


Hindari menyentuh wajah terlalu sering karena kebiasaan buruk ini dapat membuat penumpukan kotoran pada kulit wajah. Perlu diingat kondisi tangan kamu tidak selalu bersih akibat banyak benda yang disentuh. Hal ini akan menjadi penyebab pori-pori besar karena ketika kamu menyentuh wajah, kuman-kuman pada tangan juga berpindah pada kulit wajah.


3. Minyak Berlebih pada Wajah


Minyak pada wajah itu penting untuk melembabkan tetapi jika berlebih akan membuat pori-pori menjadi besar. Hal ini dapat menyebabkan minyak yang berlebih dapat membuat pori-pori mengalami peregangan dan penumpukan kotoran pada kulit wajah.


4. Sering Memencet Jerawat

(Penyebab pori-pori besar pada kulit wajah. Foto: Dok. Anna Nekrashevich/Pexels)


Kamu perlu menghindari kebiasaan memencet jerawat pada kulit wajah karena akan memicu pori-pori menjadi lebih besar. Tidak hanya itu, kulit juga dapat mengalami iritasi dan meradang juga pori-pori akan terlihat membesar.


5. Wajah Terpapar Sinar Matahari


Kalau kamu sering beraktivitas di luar ruangan, jangan secara sengaja membuat kulit wajahmu terpapar sinar matahari. Kamu juga wajib menggunakan tabir surya atau sunscreen untuk menghindari dampak buruk dari sinar matahari langsung, seperti kulit menjadi belang dan terbakar yang menjadikan penyebab pori-pori besar pada kulit wajah.


Mulai sekarang, cobalah untuk lebih memperhatikan kebersihan lingkungan kamu agar pori-pori kulit wajah kamu tidak semakin besar!


Hair & beauty