Hair & beauty

7 Manfaat Totok Wajah Ini Bisa Bikin Kamu Ingin Mencoba

By : Vanessa Masli - 2023-06-27 17:00:02 7 Manfaat Totok Wajah Ini Bisa Bikin Kamu Ingin Mencoba

Banyak cara untuk menjaga kondisi kulit wajah. Mulai dari rangkaian skincare yang rutin dipakai setiap pagi dan lama, hingga ragam perawatan ekstra untuk memastikan wajah bebas jerawat, terlihat halus, dan kenyal. Namun, mungkin kamu adalah salah satu wanita yang mungkin jarang menerapkan kebiasaan satu ini.


Facial massage alias totok wajah adalah satu salah satu perawatan wajah dengan memberi tekanan atau pijatan pada titik-titik di area wajah, leher, dan pundak. Kamu bisa melakukannya sendiri, dengan bantuan alat seperti face roller atau gua sha, maupun dengan praktisi di salon kecantikan.


Buat kamu yang ingin mencoba tapi masih bertanya-tanya tentang perawatan wajah satu ini, mungkin manfaat totok wajah yang sudah Her World rangkum di bawah ini bisa yakinkanmu. Penasaran apa saja? Simak terus sampai akhir!


1. Mengurangi area yang bengkak


Mungkin kamu mengonsumsi makanan yang terlalu asin atau terbiasa bangun pagi dengan beberapa area wajah yang membengkak, Totok wajah bisa jadi solusi untuk mengurangi pembengkakan atau puffiness, seperti di area bawah mata. Sebab, tekanan yang diberikan membuka jaringan limfatik yang mengeluarkan racun dari sel-sel kulit sehingga wajah pun tak terlihat membengkak apalagi saat bangun tidur.


2. Menyamarkan kerutan dan tanda-tanda penuaan


Wajah bebas kerutan dan tanda-tanda penuaan bisa jadi salah satu goal kamu, selain menghilangkan berbagai masalah kulit lainnya, dalam melakukan rangkaian skincare setiap hari. Nah, salah satu manfaat dan alasan kamu harus mencoba totok wajah adalah pengaruhnya dalam menyamarkan kerutan dan tanda-tanda penuaan. Kamu bisa memijat wajah dengan jari-jari tangan atau menggunakan alat pijat wajah.



(Face roller menjadi salah satu alat totok wajah yang bisa kamu gunakan. Foto: Dok. Cottonbro Studio/Pexels)


3. Membantu penyerapan produk skincare


Kamu rutin menggunakan berbagai produk skincare untuk menjaga kondisi kulit wajah, tapi rasanya sayang kalau formulanya tak terserap dengan baik oleh kulit. Mulai dari serum hingga sunscreen, totok wajah yang rutin kamu lakukan bisa membantu produk-produk skincare ini terserap kulit dengan baik dan merata.


4. Menyegarkan sekaligus menenangkan kulit


Kalau kamu ingin mencoba gunakan alat pijat seperti gua sha atau face roller, simpan alat-alat tersebut dalam kulkas. Lalu, saat ingin melakukan totok wajah, aplikasikan alat tersebut yang sudha tersimpan semalaman di kulkas. Cara ini bisa segarkan sekaligus tenangkan kulit wajahmu.


Sebab, sensasi dingin yang ada pada alat tersebut membantu segarkan kulit wajah, mengurangi bengkak di beberapa area wajah, serta menenangkan kulit yang kemerahan atau bahkan iritasi. Itu juga menjadi alasan alat-alat pijat ini terbuat dari besi atau batu kristal seperti jade atau rose quartz, untuk menyerap suhu dingin tersebut.


(Baca Juga: Punya Mata Panda? Ini Rekomendasi Eye Cream Terbaik Untukmu)


5. Menyamarkan bekas luka atau jerawat


Totok wajah bisa menjadi cara alami yang kamu gunakan untuk menyamarkan bekas luka atau jerawat di area wajah. Pijatan yang diberikan ke area wajah melancarkan sirkulasi peredaran darah sehingga tak hanya mencerahkan warna kulit, tapi bisa menstimulasi otot agar tampilan bekas luka atau jerawat bisa tersamarkan dengan baik.


6. Kulit tampak lebih cerah dan halus


Ada sistem peredaran darah yang dilancarkan saat kamu melakukan totok wajah. Hasilnya? Jalur oksigen semakin lancar untuk menutrisi sel-sel kulit wajah yang membuat tampilannya terlihat lebih cerah dan sehat. Garis-garis halus hingga kantung mata, bisa pelan-pelan tersamarkan dan hilang saat kamu rutin melakukan totok wajah. Buat kamu yang ingin tampil awet muda, totok wajah bisa jadi andalanmu.



(Kulit tampak lebih cerah dan halus. Foto: Dok. Antoni Shkraba/Pexels)


7. Mengurangi stres


Banyak stres dan pikiran yang kerap kamu pusatkan di area wajah. Entah kening yang berkerut hingga otot mata yang tegang karena harus memandangi layar laptop dengan segala pekerjaannya. Proses totok wajah ini merelaksasi dan mengurangi stres di area wajah yang kemudian berdampak pada, tak hanya kesehatan mentalmu tapi juga tampilan wajah. Sebab hal sederhana yang bikin kamu bahagia selain melihat wajah cerah, sehat, dan bebas stres.


(Baca Juga: Lakukan 8 Tips Ini Agar Lipstik Anti Luntur Saat Makan!)


Itulah beberapa manfaat kalau kamu rutin melakukan totok wajah atau facial massage. Apapun alat pijatnya, siapapun yang melakukannya (diri sendiri atau praktisi), selamat mencoba dan rasakan manfaatnya!


Hair & beauty