Cara Menghilangkan Trauma Sakit Hati


  • Cara Menghilangkan Trauma Sakit Hati
    Menghilangkan trauma masa lalu. (Foto: Dok. MART PRODUCTION/Pexels)

    Jatuh cinta memang tak selamanya indah. Kita harus bisa memberikan rasa percaya diri pada orang lain dengan harapan ia bisa menjaganya. Lalu, bagaimana jika akhirnya pasangan mengkhianati kepercayaan itu? Rasanya tentu menyakitkan. Bahkan, tak sedikit yang akhirnya memicu trauma. 


    Dilansir dari Psychology Today, rasa trauma yang muncul tentu akan berdampak pada hubungan kita di masa depan. Satu-satunya cara adalah dengan menghadapinya. Berikut cara menghilangkan trauma sakit hati yang bisa kamu coba.


    Jujur pada diri sendiri

    Apakah trauma sakit hati di masa lampau akhirnya menghalangimu untuk merasakan jatuh cinta lagi? Apakah trauma itu membuatmu menjaga jarak dan menutup diri dari orang baru? Tanyakan pertanyaan-pertanyaan sulit ini pada diri sendiri agar kamu bisa jujur sehingga bisa mengambil langkah ke depannya.


    (Baca Juga: Menghadapi Trauma Setelah Diselingkuhi Suami, Ini Caranya)


    Merasakan emosimu

    Rasakan semua emosi yang kamu miliki. Mungkin saat ini kamu masih punya keraguan untuk memulai kehidupan asmara baru atau masih takut untuk jatuh cinta karena khawatir akan berakhir dengan kegagalan yang sama. Kenali semua hal itu agar kamu bisa mengatasi perasaan ini secara langsung. Pahami juga bahwa selalu ada risiko dalam urusan asmara tapi ini adalah bagian dari proses dalam hidup.


    Atasi rasa takut

    cara menghilangkan trauma sakit hati

    (Atasi rasa takut kehilangan. Foto: Dok. MART PRODUCTION/Pexels)

    Cara lain untuk mengatasi rasa takut adalah dengan membiarkan dirimu kembali jatuh cinta. Ambil langkah besar untuk kembali percaya pada pasangan dan jadilah sedikit rentan. Mungkin trauma sakit hati menjadikanmu sebagai sosok yang mandiri, seolah kamu tak membutuhkan siapa pun. Well, kamu bisa coba untuk kembali membuka diri, mulai andalkan orang lain. Ini bisa jadi cara baru untuk mengatasi rasa takut dan kekhawatiranmu yang belum tentu terjadi.


    (Baca Juga: Yang Harus Dilakukan Saat Pasangan Yang Minta Putus Tiba-Tiba)


    Pahami bahwa semua hal butuh proses

    Tak ada yang instan, termasuk mengatasi rasa takut yang mendalam seperti trauma. Jatuh cinta mungkin terlihat menakutkan bagimu saat ini. Tapi kamu bisa menantang diri sendiri dan semakin terbuka dengan orang baru untuk memperbaiki ketakutanmu. Jatuh cinta adalah sebuah proses magis, biarkan prosesnya berjalan, lakukan tanpa ekspektasi lebih.


    Itulah beberapa cara menghilangkan trauma sakit hati. Hindari memaksakan diri jika kamu memang belum siap. Namun, percayalah pada proses karena hal positif yang kamu lakukan dengan waktumu pasti akan membuahkan hasil positif pula.

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles