Life & health

5 Rekomendasi Film Komedi Romantis Indonesia

By : Her World Indonesia - 2023-07-27 17:00:01 5 Rekomendasi Film Komedi Romantis Indonesia

Film dengan genre komedi romantis merupakan andalan dari banyak sutradara dan rumah produksi di Indonesia. Popularitas genre ini di kalangan masyarakat tanah air memang tidak bisa dipungkiri lagi. Penggabungan unsur komedi dan romansa pada suatu film bisa membuat penonton mendapatkan pengalaman dinamis dari tertawa hingga menangis sehingga menjadi lebih menarik untuk ditonton. Komedi romantis juga adalah genre yang sangat serbaguna karena bisa dinikmati oleh hampir semua kalangan, tua maupun muda, pria maupun wanita.


Nah, Her World sudah memiliki lima rekomendasi film komedi romantis Indonesia yang layak untuk ditonton dan bisa kamu nikmati sendiri, bersama pacar, teman, maupun keluarga. Yuk, simak daftarnya!


(Baca Juga: Selain Barbie, Ini 5 Film Margot Robbie Yang Wajib Ditonton)


1. Single (2015)


(Film Single 2015. Foto: Dok. raditya_dika/Instagram)

Single adalah film komedi romantis dengan ciri khas pendekatan plot ala Raditya Dika yang bercerita tentang kisah seorang pria jomblo dengan segala kekurangannya, dalam perjalanan menemukan gadis yang tepat untuk dirinya. Karakter utama di film ini bernama Ebi (Raditya Dika) seorang pemuda naif dan belum memiliki pekerjaan yang jatuh hati pada teman satu kosnya Angel (Annisa Rawles). Meski alur cerita dari film ini sederhana namun memiliki makna yang cukup dalam dan pengembangan karakter yang dieksekusi dengan baik untuk membuat kita merasa relate dengan si tokoh utama. Di sisi lain intensitas dan kualitas komedi yang dikemas dalam film ini benar-benar ditulis dengan cermat dan pasti akan membuat kamu tertawa. Penempatan komedi di sepanjang plotnya pun terasa pas dan tidak memaksa sehingga mengikuti perjalanan Ebi di sepanjang film terasa seru dan menyenangkan. 


2. Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan (2019)


(Film Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan 2019. Foto: Dok. starvisionplus/Instagram)

Film karya Ernest Prakasa ini hadir di belantika film komedi romantis tanah air dengan membawa pesan yang menyegarkan yaitu, kamu tidak perlu menyiksa tubuhmu untuk mengikuti standar kecantikan yang ditetapkan oleh masyarakat. Bercerita tentang kehidupan seorang wanita baik hati bernama Rara yang (Jessica Mila) dalam perjalanannya menghadapi segala tekanan, perundungan, dan celaan fisik karena memiliki tubuh gendut dan kulit gelap. Meski demikian, Rara memiliki seorang kekasih bernama Dika (Reza Rahadian) yang mau mencintai Rara apa adanya dan bersama-sama mereka akan belajar arti sesungguhnya dari mencintai diri sendiri. Imperfect memang memiliki pesan penting dan mendalam yang ingin disampaikan, tetapi hal ini tidak menghalangi sutradara Ernest Prakasa untuk tetap membuat komedi di film ini menghibur, lucu, dan pastinya akan mengocok perutmu.


3. The Guys (2017)


(Film The Guys 2017. Foto: Dok. theguys_movie/Instagram)

Satu lagi film dari Raditya Dika yang mungkin tidak seterkenal film-film Radit lainnya namun sangat sayang untuk dilewatkan. Alur cerita dari The Guys bisa terbilang cukup aneh dan mungkin plot twist di film ini tidak bisa masuk ke semua orang. Plot utama dari film ini perjalanan seorang karyawan kantor bernama Alfi (Raditya Dika) yang jatuh cinta pada wanita cantik bernama Amira (Pevita Pearce) yang ternyata merupakan anak dari bosnya bernama pak Jeremy (Tarzan). Meski demikian, film ini memiliki kualitas sinematografi yang sangat bagus, mulus, dan enak dipandang. Ditambah, performa dari pemain-pemainnya yang sangat apik dalam memainkan peran mereka dan tentunya unsur komedi yang lucu ciri khas film Raditya Dika yang membuat film ini sangat enjoyable untuk ditonton selagi santai.


4. Toko Barang Mantan (2020)


(Film Toko Barang Mantan 2020. Foto: Dok. film_indonesia/Instagram)

Film karya sutradara Viva lesti ini bercerita tentang “Toko Barang Mantan” yang merupakan toko jual-beli barang mantan bagi orang-orang yang ingin move on dari mantannya. Sebagai pendiri sekaligus pemiliknya, Tristan (Reza Rahadian) rela meninggalkan kuliahnya demi mengembangkan toko ini. Berbagai macam kisah sedih, lucu dan absurd tentang barang-barang tersebut menjadi makanannya sehari-hari. Tiba-tiba, kehadiran Laras (Marsha Timothy), mantan Tristan saat kuliah dulu, membuat dunianya jungkir balik. Terutama saat Laras mengabarkan ia ingin menjual cincin tunangannya di toko ini membuat Tristan Merasa memiliki kesempatan kedua. Film ini memiliki alur cerita yang menarik, unsur-unsur komedi yang lucu dan dinamika antar karakter yang seru dan tidak membosankan sehingga akan sangat sayang untuk melewatkan Toko Barang Mantan.


(Baca Juga: Perjalanan Akting dan 4 Fakta Menarik Cillian Murphy)


5. Kapan Kawin? (2015)


(Film Kapan Kawin? 2015. Foto: Dok. Legacy pictures)

Kapan Kawin? Adalah film karya sutradara Monty Tiwa yang mengisahkan seorang wanita karir yang sukses bernama Dinda (Adinia Wirasti) yang belum mau menikah namun harus terus menerus menghadapi tekanan dari orang tuanya yang menginginkannya untuk segera naik ke pelaminan karena usianya yang sudah menginjak 30 tahun. Frustasi dengan halm ini, Dinda menyusun rencana untuk menyewa seorang aktor teater idealis bernama Satrio (Reza Rahadian) untuk berpura-pura menjadi pacar dinda untuk dikenalkan ke orang tuanya. Hal ini tentunya merupakan premise yang menarik untuk suatu film komedi romantis. Interaksi antara karakter Dinda yang kaku dan lurus dengan karakter Satrio yang santai dan urakan menjadi nyawa utama dalam film ini. Berbagai lelucon absurd pun ditulis dengan cermat untuk membuat alur cerita Kapan Kawin? Menjadi sangat menarik dan tidak membosankan.


Berikut lima rekomendasi film komedi romantis Indonesia dari Her World beserta sinopsis dan analisisnya. Jadi jangan sampai melewatkan film-film tersebut, ya! Selamat menonton!



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)




Life & health