Hair & beauty

6 Cara Menggunakan Masker Wajah untuk Hasil Maksimal

By : Her World Indonesia - 2023-07-05 19:00:01 6 Cara Menggunakan Masker Wajah untuk Hasil Maksimal

Menggunakan masker wajah secara rutin memanglah salah satu cara efektif untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, mulus, dan sehat. Manfaatnya dalam menutrisi kulit wajah dengan cepat ditambah pengaplikasiannya yang praktis dan mudah membuat masker wajah menjadi andalan banyak kalangan, baik wanita maupun pria dalam urusan perawatan kulit wajah. Masker wajah pun memiliki beragam jenis untuk menyesuaikan preferensi kalian seperti sheet mask, peel off mask, gel mask, dan sebagainya sehingga sangat fleksibel untuk digunakan.


Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal dalam menggunakan masker wajah kalian harus memperhatikan beberapa langkah penting agar tidak sia-sia. Jika digunakan secara sembarangan sangat berisiko untuk mengurangi efektivitas masker wajah secara drastis. Oleh karena itu Her World telah merangkum beberapa cara penggunaan masker wajah untuk hasil terbaik. Apa saja itu? Yuk!, disimak langkah-langkahnya.


(Baca Juga: 5 Clay Mask Yang Cocok Untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah)


1. Bersihkan wajah terlebih dahulu

Tak berbeda dari menggunakan produk skincare pada umumnya, langkah memakai masker yang benar adalah dengan membersihkan wajah terlebih dahulu agar zat-zat pengganggu yang menempel di wajah seperti sisa makeup, debu, dan kotoran dapat terangkat dan tidak menghambat kinerja masker wajah yang akan kalian gunakan. Menggunakan masker di kulit wajah yang belum dibersihkan akan membuat penyerapan essence dari masker tidak sempurna, bahkan berpotensi menyumbat pori-pori wajah.


2. Sesuaikan jenis masker dengan kondisi kulit wajah

Cara selanjutnya adalah langkah yang sederhana tapi sangat penting yaitu sesuaikanlah jenis masker yang ingin dipakai dengan jenis kulit wajah kalian. Langkah ini masih cukup sering terlewatkan terutama jika kalian tidak biasa menggunakan masker dan baru ingin coba memulai. Masker wajah yang tersedia sekarang sudah sangat bervariasi dan sebagian besar diracik secara spesifik untuk tipe kulit wajah tertentu. Misal, masker untuk kulit berjerawat akan berbeda kandungannya dengan tipe kulit kering, normal, atau sensitif sehingga jika kalian tidak cermat, alih-alih merawat kulit malah dapat membuat iritasi atau alergi pada wajah.


(Contoh masker wajah jenis clay. Foto: Dok. cottonbro studio/pexels)

3. Berikan uap pada wajah

Rebus air hingga mendidih dan gunakan uapnya pada wajah sebelum memakai masker. Langkah ini bermanfaat untuk membantu membuka dan membuat pori-pori wajah lebih rileks agar nutrisi dan kandungan yang ada di dalam masker bisa terserap dengan baik. Selain untuk membuka pori-pori, memberikan uap pada wajah dari air panas, juga bisa sangat membantu untuk melancarkan sirkulasi darah, serta mengeluarkan kotoran dan endapan minyak wajah yang tersumbat dalam pori-pori.


4. Jangan gunakan terlalu lama

Banyak miskonsepsi bahwa menggunakan masker wajah dalam waktu yang lama akan membuat hasilnya semakin baik, padahal tidak demikian. Masker wajah jika dipakai terlalu lama justru malah akan menyerap kelembapan kulit dan membuat kulit kalian menjadi kering karena kelembaban alami kulit yang terkuras. Memang ada juga masker yang didesain untuk digunakan dalam waktu lama seperti jenis overnight mask atau sleep mask. Namun sebagian besar tidak seperti itu. Oleh karena itu, setiap produk masker wajah biasanya memiliki aturan durasi pemakaian yang tertera pada kemasannya. Jadi pastikan kalian cermati dengan baik aturan tersebut dan jangan sampai keliru.


5. Jangan asal membilas

Sesudah memakai masker kalian perlu pastikan apakah masker yang digunakan perlu dibilas atau tidak. Khusus jenis sheet mask biasanya tidak perlu dibilas lantaran cairan formula yang menempel akan menyerap dengan sendirinya pada wajah. Namun pada masker jenis lain seperti mud, clay, peel off, atau gel sangat perlu untuk dibilas hingga bersih karena akan meninggalkan residu yang apabila dibiarkan beresiko untuk menyumbat pori-pori dan menjadi komedo. Jadi sekali lagi, kalian harus cermat dalam membaca panduan penggunaan yang tertera pada kemasan, ya!


6. Akhiri dengan pelembab wajah

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa menggunakan masker memiliki resiko membuat kulit kering sehingga sebaiknya tetap mengaplikasikan pelembab setelah pemakaian masker wajah meskipun kulit wajah sudah terasa lembut. Pelembab wajah efektif untuk membantu mengunci nutrisi dan kelembaban yang telah terserap kulit wajah selama pemakaian masker. Pilihlah pelembab bertekstur ringan agar menyerap dengan cepat dan kulit tidak terasa terlalu berat.


(Baca Juga: Alami, Ini Masker Wajah Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat)


Berikut enam langkah-langkah cara memakai masker wajah yang baik dan benar agar kalian mendapatkan hasil maksimal. Sebagus atau semahal apapun masker wajah yang kalian pakai tidak akan efektif apabila tidak digunakan dengan cara yang tepat. Salah satu kunci utamanya adalah cermat dalam membaca instruksi penggunaan produk yang sudah tertera. Jadi silahkan dicoba dan rasakan sendiri hasilnya, ya!



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)


Hair & beauty