Food & travel

Ini 6 Taman Yang Cocok Untuk Piknik di Jakarta

By : Vanessa Masli - 2023-01-23 14:00:01 Ini 6 Taman Yang Cocok Untuk Piknik di Jakarta

Saat mal dan kafe sudah terlalu sering jadi destinasimu menghabiskan akhir pekan, rasanya sulit untuk temukan cara refreshing di ibukota. Sebenarnya, kamu tak kehabisan cara maupun destinasi untuk nikmati akhir pekan, baik sendiri maupun bersama orang-orang tersayang. Ada banyak yang masih bisa kamu nikmati di Jakarta, selama kamu ingin sedikit bereksplorasi, salah satunya adalah piknik.


Momen hangat bersama orang-orang tersayang di ruang terbuka dan paling penting, ditemani camilan yang semakin membuat momen piknik terasa lebih menyenangkan. Buat kamu yang masih mencari lokasi piknik untuk weekend nanti, Her World sudah merangkum beberapa taman di Jakarta yang bisa jadi tempat cocok untuk berpiknik. Penasaran apa saja? Simak deretannya di bawah ini!


1. Taman Spathodea



(Taman Spathodea berlokasi di daerah Jagakarsa. Foto: Dok. Teman Taman Jakarta/Instagram)


Sebuah taman hijau yang terbuka untuk umum ini terletak di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan. Area taman yang juga banyak digunakan sebagai lokasi jogging, jalan pagi, dan olahraga lainnya ini bisa jadi lokasi piknikmu. Lokasinya sendiri tak jauh dari Taman Tabebuya dan banyak aktivitas yang bisa dilakukan.


Mulai dari berpiknik bersama orang-orang tersayang atau menikmati suasana taman seorang diri, kamua ada disuguhkan pemandangan asri yang mungkin jarang ditemukan sehari-hari. Plus, buat kamu yang senang membaca, ada bookhive yang tersedia di area taman sehingga kamu tak perlu berat-berat membawa buku dari rumah.


Taman Spathodea dibuka dari pukul 05.00 sampai 18.00 WIB, jadi sosok buat kamu yang ingin seharian menikmati suasana taman ibukota.


2. Taman Langsat



(Menikmati ketenangan di tengah hiruk pikuk kota. Foto: Dok. Teman Taman Jakarta/Instagram)


Kamu bisa temukan ketenangan di tengah hiruk pikuk kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Ruang terbuka hijau satu ini tak jarang jadi destinasi berpiknik sebagian warga ibukota dengan pemandangan pohon yang rimbun dan soang-soang mengisi area kolam teratai. Di taman ini, kamu bisa benar-benar menikmati ketenangan suasana ibukota dengan lebih santai.


Tak perlu membayar apapun saat ingin berpiknik di Taman Langsat, kamu bisa langsung masuk dari mulai pukul 07.00 sampai 18.00 WIB.


3. Tebet Eco Park



(Area taman seluas tujuh hektar untuk eksplorasi dan rekreasi. Foto: Dok. Teman Taman Jakarta/Instagram)


Dua kawasan taman di area Tebet, Jakarta Selatan dipersatukan dan hadir dalam tampilan yang berbeda. Di tanah seluas 7,3 hektar, Tebet Eco Park (TEP) dibangun bagi masyarakat dan lingkungan. Melalui taman ini, Pemerintah DKI Jakarta berusaha hadirkan harmoniasai antara fungsi lingkungan, sosial, edukasi, sekaligus rekreasi.


Buat kamu yang ingin berpiknik Tebet Eco Park, banyak area yang bisa dieksplorasi. Mulai dari Infinity Link Bridge – jembatan setinggi enam meter yang berdiri di antara pepohonan, hingga Community Lawn – ruang terbuka yang dikeliling pohon bunga kupu-kupu, bisa membuat bereksplorasi sekaligus bersantai. Tebet Eco Park sendiri beroperasi setiap hari dari pukul 06.00 sampai 18.00 WIB.


(Baca Juga: Saat Weekend, Ini 4 Museum Yang Wajib Dikunjungi di Jakarta)


4. Taman O



(Perpustakaan yang berbentuk huruf 'O' jadi inspirasi nama taman ini. Foto: Dok. Teman Taman Jakarta/Instagram)


Taman ini dibangun untuk kamu yang butuh suasana nyaman saat membaca. Sebuah taman yang berada di kawasan Ciracas, Jakarta Timur ini memiliki bangunan berbentuk huruf O, jadi inspirasi nama taman tersebut. Taman ini dirancang sebagai taman literasi karena bangunan tersebut merupakan sebuah perpustakaan sehingga kamu bisa menikmati kesempatan baca buku dengan suasana lebih tenang atau bahkan bekerja saat kamu mulai bosan dengan suasana kedai kopi untuk bekerja.


Namun, selain perpustakaan, Taman O ini juga memiliki area yang luas untuk kamu nikmati juga jika ingin membaca atau refreshing di luar ruangan.


5. Taman Bulus Bali



(Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Taman Bulus Bali. Foto: Dok. Teman Taman Jakarta/Instagram)


Untuk berbagai aktivitas luar ruangan, termasuk piknik, Taman Bulus Bali yang berlokasi di Pondok Labu, Jakarta Selatan bisa jadi opsi. Area duduknya yang luas, lengkap dengan area bermain anak-anak, membuat taman satu ini cocok untuk berpiknik di akhir pekan. Plus, buat kamu yang memiliki hewan peliharaan, Taman Bulus Bali jadi salah satu taman yang pet-friendly dan ramah disabilitas.


6. Taman Literasi Martha Tiahahu



(Ruang perpustakaan yang berada di Taman Literasi Martha Tiahahu. Foto: Dok. Teman Taman Jakarta/Instagram)


Kalau taman satu ini, benar-benar didesain untuk beri ketenangan kamu yang ingin bekerja dengan suasana berbeda atau sekadar larut dalam imajinasi bacaanmu. Taman Literasi Martha Tiahahu yang berlokasi di Blok M, Jakarta Selatan. Dalam taman ini, terdapat fasilitas perpustakaan yang lengkap dengan stop kontak, meja, kursi, dan AC sehingga membuat waktumu di sana lebih nyaman.


Plus, lokasi taman ini tak jauh dari M Bloc Space dan Blok M Square sehingga memudahkan kamu yang ingin mencari camilan atau makan siang di sela-sela membaca. Selain itu, kamu bisa mengunjungi Taman Literasi dengan menggunakan MRT dan turun di stasiun Blok M.


(Baca Juga: Konsep Restoran Metafarming GREENS Hadir di Plaza Indonesia)


Beberapa taman yang cocok ini bisa kamu jadikan lokasi untuk piknik di Jakarta. Jadi, tertarik untuk membuat agenda baru akhir pekan?


Food & travel