Life & health

6 Jenis Kristal Ini Bermanfaat Untuk Manusia, Penasaran?

By : Her World Indonesia - 2023-07-21 15:00:02 6 Jenis Kristal Ini Bermanfaat Untuk Manusia, Penasaran?

Sebagian besar orang mungkin hanya melihat berbagai macam kristal sebagai hiasan saja. Hal ini tentu tak ayal lagi karena memang kristal biasanya memiliki bentuk dan warna yang unik dan sangat indah. Namun, lebih dari sekedar enak dipandang ternyata banyak juga orang yang memiliki kristal karena manfaatnya terhadap manusia. Dari manfaat secara emosional, medis, hingga spiritual semua dipercaya ada pada kristal-kristal ini.


Nah, Her World sudah merangkum beberapa macam kristal yang dipercaya memiliki khasiat dan manfaat untuk kehidupan manusia. Penasaran apa saja? Yuk, simak pembahasannya!


(Baca Juga: 4 Manfaat Penting dari Mengkonsumsi Brokoli Putih)


1. Clear quartz


(Manfaat dari Kuarsa Bening. Foto: Dok. dids/pexels)

Kuarsa Bening atau Clear Quartz adalah kristal yang tidak berwarna dan transparan. Kuarsa Bening memiliki kemampuan untuk memanipulasi energi dengan cara menyimpan, memperkuat, melepaskan, dan mengatur traffic energi yang ada di sekitarnya. Kristal ini dipercaya dapat membantu meningkatkan konsentrasi hingga memperkuat daya ingat.


Kristal bening satu ini juga sering mendapat julukan sebagai “penyembuh utama” karena dipercaya dapat menstimulasi sistem daya tahan tubuh agar lebih efektif dalam memerangi sumber-sumber penyakit. Kuarsa bening diklaim akan lebih meningkat lagi khasiatnya apabila dipasangkan dengan kristal Kuarsa Mawar atau Rose Quartz.


2. Rose quartz


(Rose quartz. Foto: Dok. karolina grabowska/pexels)

Kuarsa Mawar atau Rose Quartz adalah kristal dengan warna merah muda yang lembut dan membawa vibes romantis jika dilihat. Namun, bukan hanya warnanya saja yang menyimbolkan romantisme, kuarsa mawar juga dipercaya sebagai kristal yang bisa membawa keharmonisan dalam hubungan. Kristal ini memiliki khasiat yang bisa membuat seseorang lebih percaya diri dan meningkatkan kepekaan terhadap orang lain. Khasiat ini jelas dapat meningkatkan konektivitas satu sama lain dalam suatu hubungan percintaan.


Pada situasi sedih atau gundah pun, mengenakan kuarsa mawar dipercaya dapat memberikan seorang manusia rasa tentang, tentram, dan nyaman sehingga dapat disimpulkan bahwa kristal merah muda ini memiliki manfaat untuk bantu jaga kesehatan mental. Kuarsa Mawar juga dapat meningkatkan khasiat dari Kuarsa Bening apabila dipadukan.


3. Amethyst


(Manfaat dari Amethyst. Foto: Dok. jonny lew/pexels)

Amethyst adalah kristal berwarna ungu yang terbilang sudah cukup populer di kalangan masyarakat. Selain terkenal akan keindahannya, kristal ini memiliki berbagai manfaat untuk manusia seperti meredakan stres hingga membantu tidur lebih pulas. Lebih lagi, kristal ini memiliki khasiat dalam urusan kebatinan yaitu dipercaya mampu membuka pintu cakra di dalam tubuh manusia sehingga dapat memberikan kita ketenangan fisik maupun emosi.


Kristal berwarna ungu yang satu ini juga bermanfaat untuk meredakan sakit kepala atau migrain, meredakan rasa sakit, membantu produksi hormon, membersihkan darah dari kadar racun, mempertajam intuisi seorang manusia, hingga menjernihkan pikiran dari energi-energi negatif.


4. Jade


(Manfaat dari batu giok atau jade. Foto: Dok. ndpstock/freepik)

Jade atau giok sangat dikenal dengan warna hijaunya dan bentuknya yang relatif simpel. Jika kristal-kristal sebelumnya memiliki manfaat seputar kesehatan jasmani maupun rohani, lain halnya dengan kristal yang satu ini. Giok dipercaya memiliki manfaat untuk mendatangkan kesejahteraan, kemakmuran, dan kesuksesan dalam urusan material, terutama di Tiongkok dimana kristal ini banyak ditemukan.


Kristal ini umumnya akan dipakai sebagai perhiasaan, bisa dalam bentuk cincin, gelang, ataupun kalung. Namun, seringkali giok akan lebih sering dipakai sebagai gelang yang dipasang di pergelangan tangan kiri. Tindakan ini dipercaya dapat mendatangkan berkah dan keberuntungan dari alam semesta, terutama pada perihal bisnis.


5. Black Tourmaline


(Manfaat dari Black Tourmaline. Foto: Dok. rawpixel.com/freepik)

Mineral kristal ini dipercaya memiliki manfaat utama dalam menyerap aura negatif yang menghampiri diri kita. Jika kamu merasa ada energi negatif yang stagnan dan terus menerus yang datang kepadamu maka mungkin kamu dapat mempertimbangkan untuk memiliki batu kristal ini. Black Tourmaline memiliki khasiat ini dengan cara menciptakan suasana ruang yang lebih positif. Selain fungsi utama tersebut, kristal berwarna gelap ini juga dipercaya mampu menetralisir racun pada tubuh.


Black Tourmaline sendiri adalah kristal yang populer di brazil dan banyak ditemukan juga di banyak negara-negara Afrika seperti Nigeria, Tanzania, Mozambik, dan Kenya. Meski warna hitam pekat sering diasosiasikan dengan nasib malang tapi kamu tak perlu khawatir karena yang akan didatangkan oleh kristal ini pastinya hanyalah beragam manfaat.


6. Obsidian


(Manfaat dari Obsidian. Foto: Dok. troy squillaci/pexels)

Menutup daftar kristal yang bermanfaat untuk manusia tentu tidak bisa tidak menyebutkan Obsidian. Batu kristal yang terbentuk dari proses vulkanik ini telah dimanfaatkan oleh manusia sejak zaman purbakala, baik sebagai perkakas maupun senjata. Hari ini obsidian memang sudah tidak digunakan secara langsung untuk kehidupan sehari-hari kita tapi bukan berarti memiliki kristal ini tidak lagi ada manfaatnya.


Obsidian dipercaya sebagai kristal pelindung dengan kemampuan untuk menghalangi energi negatif, baik secara batin maupun fisik. Kristal berwarna hitam pekat ini juga bisa membuat seseorang lebih terbuka dengan perasaannya sendiri, membantu menemukan jati diri, hingga meningkatkan perasaan kasih sayang pada seseorang.


(Baca Juga: Bukan Mistis! Ini 4 Manfaat Utama dari Mandi Kembang)


Berikut enam jenis kristal dan manfaatnya untuk manusia yang telah dirangkum oleh Her World. Memang sebagian besar manfaat dari kristal-kristal tersebut masih sebatas kepercayaan atau sugesti dan belum terbukti secara medis atau rasional. Jadi yang jelas kamu perlu bijak dan cermat dalam memahami pembahasan di atas, ya!



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)


Life & health